Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Apa Itu Polygon (MATIC) Cryptocurrency

Polygon (MATIC) Logo
Polygon (MATIC) Logo


Disaat aset kripto lainnya sedang turun dikarenakan berita Tesla Motors menangguhkan sementara pembayaran menggunakan Bitcoin dan kabar dari negara China yang melarang segara transaksi menggunakan Bitcoin. Akan tetapi ada cryptocurrency lain yang melesat, yaitu Polygon (MATIC).

Polygon (MATIC) sempat berada di level tertinggi yaitu US$ 2,68 per koinnya. Di pasar kripto local Indodax, transaksi MATIC sempat menjadi aset kripto dengan volume terbesar yang diperjualbelikan di platform tersebut. Hal tersebut menjadikan MATIC menjadi cryptocurrency terbesar ke-14 dengan kapitalisasi pasar lebih dari $ 14 miliar.

MATIC bisa menjadi salah satu cryptocurrency paling menguntungkan bagi investor pada tahun 2021. Banyak ahli crypto percaya MATIC adalah pilihan yang sangat baik bagi investor crypto dengan potensi harganya yang akan naik lebih tinggi

Pada artkel kali ini Budak Duit Indonesia akan membahas hal-hal yang berkaitan dengan aset kripto Polygon (MATIC) untuk anda atau anda jika anda ingin tahu prediksi harganya, anda bisa menuju ke artikel "Prediksi Harga Cryptocurrency Polygon (MATIC)".


Apa Itu Polygon (MATIC)?

Polygon (MATIC) Blockchain Ilustrasi
Polygon (MATIC) Blockchain Ilustrasi

MATIC adalah mata uang kripto asli Polygon yang sebelumnya Matic Network, yang didirikan oleh tiga insinyur perangkat lunak India , yaitu Jaynti Kanani, Sandeep Nailwal, dan Anurag Arjun  pada tahun 2017. Polygon mencoba memecahkan masalah yang terkait dengan blockchain seperti biaya operasional yang tinggi dan kecepatan lambat, tanpa mengorbankan sisi keamanan. 

Polygon Network keras untuk menyelesaikan masalah skalabilitas dan kegunaan tanpa mengorbankan desentralisasi dan memanfaatkan komunitas dan ekosistem pengembang yang ada. Matic Network adalah solusi penskalaan rantai offside untuk platform yang ada untuk memberikan skalabilitas dan pengalaman pengguna yang unggul untuk fungsi DApps / pengguna.

Platform ini hadir untuk memecahkan masalah di atas dengan membangun platform terdesentralisasi menggunakan versi kerangka kerja Plasma yang diadaptasi untuk memberikan solusi pada setiap transaksi agar menjadi lebih cepat dan dengan biaya yang sangat rendah dengan melakukan penyelesaian di blockchain utama.

Sistem ini memastikan keaktifan menggunakan pos pemeriksaan PoS yang didorong ke rantai utama Ethereum. Hal ini memungkinkan satu sidechain Matic secara teoritis mencapai 2 16 transaksi per blok, dan mungkin bisa sampai jutaan transaksi di berbagai blockchain di masa depan.

Beberapa Fitur Polygon 

Adapun beberapa fitur Polygon yang ditawarkan kepada para pengembang, diantaranya adalah :
  • Skalabilitas:  Transaksi cepat, murah, dan aman di sidechain Matic dengan finalitas yang dicapai di mainchain dan Ethereum sebagai dasar pertama yang kompatibel dengan Layer 1
  • Throughput Tinggi:  Mencapai hingga 10.000 TPS pada satu sidechain di testnet internal; Beberapa rantai akan ditambahkan untuk penskalaan horizontal
  • Pengalaman Pengguna:  UX mulus dan abstraksi pengembang dari mainchain ke rantai Matic; aplikasi seluler asli dan SDK dengan dukungan WalletConnect
  • Keamanan:  Operator rantai matic sendiri adalah pemegang saham dalam sistem PoS
  • Sidechain Publik: Sidechain  matic bersifat publik (vs. rantai DApp individu), tanpa izin dan mampu mendukung banyak protokol


Proposisi Nilai Polygon

Polygon unik baik dari segi pendekatan teknisnya terhadap Layer 2 serta potensi dukungannya untuk berbagai kasus penggunaan :
  • Polygon Layer 2 adalah varian berbasis akun dari MoreVP (More Viable  Plasma) . Kerangka kerja Plasma digunakan untuk menjamin keamanan aset pada rantai utama (seperti token ERC-20 dan ERC-721 untuk Ethereum), sementara transaksi umum diamankan oleh jaringan Proof-of-Stake, yang dibangun di atas Tendermint. Sidechain Polygon pada dasarnya adalah rantai yang mendukung EVM dan kondusif untuk penerapan kontrak pintar soliditas, yang pada dasarnya menjadikannya alat yang mudah bagi Pengembang Ethereum untuk menggunakannya untuk menskalakan DApps / Protokol mereka.
  • Secara komersial, sidechain Polygon secara struktural efektif untuk mendukung banyak protokol Keuangan Terdesentralisasi (DeFi) yang tersedia di ekosistem Ethereum.
  • Filosofi inti Polygon adalah memungkinkan DApps bersaing dengan pengalaman pengguna yang ditawarkan oleh aplikasi terpusat saat ini.
  • Ethereum adalah dukungan jaringan blockchain dasar pertama, tetapi Matic bermaksud menawarkan dukungan untuk rantai dasar tambahan, berdasarkan saran dan konsensus komunitas, untuk mengaktifkan platform blockchain Layer 2 terdesentralisasi yang dapat dioperasikan.
Polygon telah menerapkan testnet untuk Ethereum di Ropsten (testnet-v2) & testnet Kovan (testnet-v0) untuk pengujian. Ini memungkinkan transfer instan (ETH, ERC20, ERC721) dan pertukaran aset (ERC721-ERC20, ERC721-ERC721 & ERC20-ERC20).

Kegunaan Dari Polygon (MATIC)

MATIC digunakan oleh investor kripto untuk mentransfer dana kripto mereka melalui jaringan Ethereum, dengan biaya yang sangat rendah dan kecepatan yang sangat tinggi. Mentransfer crypto secara langsung melalui jaringan Ethereum membutuhkan waktu yang lama dan biayanya juga cukup mahal, tergantung beban di jaringan Ethereum. MATIC memecahkan masalah inheren jaringan Ethereum ini untuk orang-orang yang ingin melakukan transfer kripto. 

Banyak orang mulai menggunakan MATIC sebagai alternatif yang lebih murah untuk memindahkan cryptocurrency, karena jaringan Etherum tetap padat dan mahal 24x7. Banyak ahli crypto percaya MATIC telah diremehkan untuk waktu yang lama, mengingat nilai penting dan fungsi yang disediakannya hampir tanpa biaya. Selain itu, merger MATIC dan Polygon baru-baru ini telah membawa banyak publisitas ke koin, yang juga berkontribusi pada kenaikan harga.


Prediksi Harga Polygon (MATIC)

Polygon (MATIC) Prediksi Harga
Polygon (MATIC) Ilustrasi Prediksi Harga


Dengan reli bullish yang intensif, MATIC telah menarik banyak trader baru dan kuat yang berujung pada rally harga yang besar. Hal tersebut menjadikan aset kripto MATIC dimata traders menjadi salah satu aset investasi yang menguntungkan dalam beberapa hari ke depan. Adapun beberapa prediksi dari harga MATIC yang dirangkum dari beberapa sumber, diantaranya :

Prediksi Harga MATIC Tahun 2021

Matic terus diperdagangkan pada $0,0018 USD pada awal Januari 2021. Menjaga momentum bullish tetap utuh, harga akhirnya mencapai titik tertinggi Sepanjang Masa dengan mencapai level $1,80 USD pada 15 Mei. Lonjakan itu diikuti setelah solusi penskalaan Ethereum mengintegrasikan banyak proyek keuangan terdesentralisasi (DeFi) yang populer dan jumlah transaksi yang diprosesnya per hari meroket.

Menurut data dari penjelajah jaringan MATIC, Polygon sekarang telah memproses lebih dari 62,4 juta transaksi dan memiliki hampir 700.000 alamat wallet. Per hari, itu memproses 3,3 juta transaksi, masing-masing berharga kurang dari satu sen dibayarkan dalam cryptocurrency. Sebaliknya, biaya transaksi di blockchain Ethereum mencapai titik tertinggi sepanjang masa minggu ini di atas rata-rata $ 64 USD.

Jika investor Polygon berhasil mengatasi resistensi penting di sekitar $ 2,00 USD target naik berikutnya untuk harga MATIC adalah perpanjangan 361,8% dari konsolidasi Mei di $ 3,01 USD

Secara keseluruhan, kolaborasi tertentu dapat menghasilkan peningkatan protokol serta platformnya. Matic mungkin turun hingga $ 0,2 USD jika gagal menjangkau pengguna. Token mungkin mencapai ketinggian yang lebih baru jika berfokus untuk mendapatkan lebih banyak pengguna dan investor. Pada akhir 2021, Matic mungkin diperdagangkan dengan harga $ 5 USD.

Prediksi Harga MATIC 2022

Matic mungkin akan melanjutkan perdagangan pada $ 1,25 selama awal Januari 2022. Harga mungkin mencapai ketinggian yang lebih baru jika menarik perhatian investor. Token mungkin turun menjadi $ 0,55 jika mata uang tersebut mengalami tekanan penawaran. Pada akhir 2022, altcoin mungkin ditukar dengan $ 15.

Prediksi Harga Untuk 5 Tahun Ke Depan

Dalam 5 tahun, Matic dapat mencapai level tertinggi baru dengan memecahkan rekor harga sebelumnya dan diantisipasi untuk berada di daftar 50 cryptocurrency teratas. Beberapa perkembangan dan kemitraan masuk mungkin mengarah pada pertumbuhannya. Token mungkin jatuh jika beruang terus menarik harga turun. Harganya mungkin turun menjadi $ 3,15. Pada akhir 5 tahun, jika semuanya berjalan dengan baik, harga MATIC dapat diperdagangkan pada angka $ 50.


Prediksi Pasar Polygon ( MATIC)

Adapun beberapa prediksi harga pasaran dari koin MATIC dari beberapa situs populer yang membahas mata uang digital atau cryptocurrency, diantaranya adalah :

Gov.Capital

Menurut Gov.Capital , Matic akan diperdagangkan sekitar $ 0,087975 pada akhir 2021 dan $ 0,483 pada akhir 2025.

Capital.com

Capital.com memprediksi salah satu prediksi menarik karena menurut prediksi mereka, Matic dapat menukar lebih dari $ 1 pada akhir tahun 2025, dan akan memperdagangkan lebih dari $ 1,5 pada akhir tahun 2028.

DigitalCoinPrice

Menurut DigitalCoinPrice, Matic diperkirakan akan diperdagangkan pada rata-rata $ 0,6537 pada akhir 2021 dan dapat ditukar pada $ 1,24 pada akhir 2025.

Cryptonewz

Menurut platform ini, harga Matic diperkirakan mencapai $ 1 pada akhir tahun 2021 dan mencapai $ 1,3 pada tahun 2022. 


Harga Koin MATIC Di Situs CoinMarketCap

Adapun harga koin MATIC saat ini di situs CoinMarketCap adalah Rp 14.953,11. Koin MATIC berada di posisi ke-17, dengan kapitalisasi pasar Rp 94.661.455.838.790 Rp. Saat ini jumlah koin MATIC yang  beredar sebanyak  6.330.554.997 koin MATIC dan dengan total maksimal pasokan koin sebanyak  100.000.000.000 koin MATIC.


Sekian dulu artikel Budak Duit Indonesia kali ini yang membahas tentang aset kripto Polygon (MATIC). Berinvestasilah dengan bijak dan tetap gunakan uang dingin dalam melakukan aktivitas trading kripto yang memiliki resiko tinggi. Terima kasih sudah membaca!.


Posting Komentar untuk "Mengenal Apa Itu Polygon (MATIC) Cryptocurrency"