Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Aset Kripto BNB Coin Dan Penggunaannya

Mengenal Aset Kripto BNB Coin Dan Penggunaannya
Mengenal Aset Kripto BNB Coin Dan Penggunaannya


Cryptocurrency atau mata uang kripto saat ini sedang ramai dibicarakan dan ditransaksikan oleh media-media dan para trader di seluruh dunia. Aset kripto telah menjadi salah satu sarana transaksi dan investasi non tunai yang sedang berkembang sangat pesat di seluruh dunia dan juga di Indonesia.

Di Indonesia kehadiran aset kripto perlahan-lahan sudah mulai diakui dan sudah banyak orang yang tertarik dan ikut memperdagangkannya di pasar kripto, diantaranya seperti indodax, luno, tokocrypto dan sebagainya dengan banyak aset kripto coin yang bisa di pilih.

Pada artikel kali ini Budak Duit Indonesia akan membahas salah satu jenis aset kripto yang mempunya prospek invenstasi jangka panjangan yang baik , yaitu BNB atau Binance Coin.


Mengenal Aset Kripto BNB Coin Dan Penggunaannya


Apa itu BNB atau Binance Coin?

BNB atau Binance Coin adalah aset kripto diluncurkan oleh Binance Exchange melalui Initial Coin Offering (atau ICO) yang berlangsung dari 26 Juni hingga 3 Juli 2017 atau 11 hari sebelum Binance Exchange dibuka untuk perdagangan. Dimana harga perdananya dari BNB sendiri adalah 1 ETH untuk 2.700 BNB atau 1 BTC untuk 20.000 BNB

BNB awalnya diterbitkan sebagai token ERC-20 , berjalan di jaringan Ethereum , dengan total suplai 200 juta koin. Di ICO sendiri adan 100 juta BNB yang ditawarkan, akan tetapi total pasokan saat ini lebih rendah karena peristiwa pembakaran berkala, di mana Binance menghancurkan BNB yang disimpan di perbendaharaannya. 

Saat ini BNB Coin sudah menjelma menjadi aset mata uang kripto dengan nilai kapitalisasi pasar (market cap) terbesar, bersama dengan aset kripto lainnya seperti Bitcoin(BTC), Ethereum(ETH) dan Thether(USDT). Dimana pada trader BNB sendiri mempunyai reputasi yang baik untuk dikoleksi dengan tujuan investasi jangka panjang.


Kasus Penggunaan BNB Atau Binance Coin

BNB atau Binance saat ini mendukung beberapa transaksi di dalam Ekosistem Binance ataupun diluar ekosisten dari Binance itu sendiri dan saat ini BNB sendiri juga merupakan koin asli dari Binance Chain dan Binance Smart Chain. Adapun beberapa kasus penggunaan dari BNB diantaranya ialah sebagai berikut :

  • Bayar biaya perdagangan di bursa Binance;
  • Membayar biaya perdagangan di Binance DEX (Bursa Terdesentralisasi);
  • Bayar biaya transaksi di Binance Chain;
  • Bayar biaya transaksi di Binance Smart Chain;
  • Membayar barang dan layanan untuk pembelian online dan di dalam toko (misalnya, menggunakan Binance Card atau Binance Pay);
  • Pesan hotel, penerbangan, dan lainnya di Travala.com;
  • Token utilitas komunitas di ekosistem Binance Smart Chain (seperti game dan DApps);
  • Berpartisipasi dalam penjualan token yang dihosting di Binance Launchpad ;
  • Donasi di Binance Charity;
  • Menyediakan likuiditas di Binance Liquid Swap.

Seperti yang disebutkan diatas, BNB sendiri sudah digunakan dalam banyak kasus baik penggunaan di dalam ekosistem Binance itu sendiri ataupun diluar ekosisten dari Binance. anda memiliki banyak opsional dalam cara menggunakan BNB yang anda miliki. Misalnya, anda dapat menggunakan BNB untuk membayar biaya perjalanan anda, membeli hadiah virtual untuk orang terkasih, donasi untuk acara amal dan  banyak lagi . Penggunaan dari BNB sendiri diperkirakan telah jutaan kali dikonsumsi oleh para penggunanya untuk biaya perjalanan, pembayaran barang, untuk peminjaman, untuk hadiah, untuk membuat kontrak pintar, dan untuk transaksi lainnya.

Banyak orang juga menggunakan BNB untuk membayar biaya transaksi. Di platform perdagangan, sekitar dua juta pengguna telah menggunakan BNB untuk membayar biaya perdagangan dengan total lebih dari 40 juta BNB dengan lebih dari 127 miliar perdagangan. 

Saat memperdagangkan mata uang kripto di  Binance Exchange , setiap perdagangan akan dikenai biaya standar 0,1% ( biaya perdagangan ditentukan oleh volume perdagangan bulanan dan kepemilikan BNB Anda). Anda dapat membayar biaya perdagangan menggunakan aset yang anda perdagangkan, atau anda dapat membayarnya dengan BNB. Jika anda memilih membayar dengan BNB, anda akan mendapatkan diskon khusus.

Oleh karena itu, jika anda banyak berdagang di Binance, anda harus mempertimbangkan untuk mendapatkan BNB dan menggunakannya untuk membayar biaya anda. Ingatlah bahwa pemotongan biaya perdagangan mengikuti jadwal tertentu, jadi pastikan untuk memeriksa daftar biaya perdagangan spot saat ini . Perlu juga dicatat bahwa platform Binance Futures mengikuti jadwal biaya yang sedikit berbeda .

Selain dari potongan biaya perdagangan, BNB juga memberdayakan Binance DEX (di Binance Chain) dan ratusan aplikasi yang berjalan di Binance Smart Chain (BSC), yang berarti anda juga dapat menggunakan BNB di luar platform perdagangan Binance. Memang, lebih dari 180 aset digital telah diterbitkan di BSC, dan jutaan pengguna telah menggunakan BNB untuk tujuan utilitas sehubungan dengan BSC.


Sekian dulu artikel Budak Duit Indonesia kali ini yang membahas aset kripto BNB Coin dan penggunaannya dalam beberapa kasus. Semoga artikel kali ini bisa menambah wawasan anda dan referensi anda tentang aset kripto BNB atau Binance Coin. Anda bisa tinggalkan pesan dan komentar jika merasa suka dan terbantu dengan artikel kali ini. Terima kasih sudah membaca



Posting Komentar untuk "Mengenal Aset Kripto BNB Coin Dan Penggunaannya"