Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Apa Itu Koin NFT Dan 5 Top List Koin Kripto NFT Terbaik Tahun 2021


Mengenal Apa Itu NFT Dan 5 Top List Koin Kripto NFT Terbaik Tahun 2021
Mengenal Apa Itu NFT Dan 5 Top List Koin Kripto NFT Terbaik Tahun 2021

Pada bulan Juni, Binance selaku marketplace cryptocurrency atau mata uang kripto terbesar di dunia saat ini, berencna akan meluncurkan pasar dan platform perdagangannya sendiri untuk barang koleksi digital yang disebut Binance NFT. Berita tersebut muncul setelah pengumuman resmi Binance sendiri pada tangal 14 April silam, dimana mereka akan memberdayakan teknologi baru yang mendasari untuk platform NFT yang diluncurkan dalam kemitraan mereka dengan Media Publishares, Vogue Publishers dan Esquire di Singapura, dan VIDY, sebuah perusahaan periklanan digital bertenaga blockchain pertama didunia.

Berita baik tersebut tentunya akan direspon sangat baik oleh koin-koin NFT yang saat ini beredar dan bisa memicu kenaikan harga yang signifikan yang bisa memberikan keuntungan bagi para trader kripto yang mengkoleksi koin tersebut. 


Apa Itu NFT ?

Ilustrasi Gambar NFT
Ilustrasi Gambar NFT

NFT atau Non Fungible Token adalah NFT adalah aset digital yang mewakili suatu objek dunia nyata bisa seperti karya seni, musik, item dalam game, video, lagu dan sebagainya yang bisa diperjual-belikan dan memiliki hak cipta. Mereka dibeli dan dijual secara online, seringkali dibeli dengan cryptocurrency dan mereka umumnya dikodekan dengan perangkat lunak dasar yang sama seperti banyak aset cryptos.

NFT dapat digunakan untuk mewakili produk atau item seperti foto, video, audio, dan jenis file digital lainnya. Akses ke salinan file asli tidak dibatasi untuk si pembeli NFT. Sementara salinan item digital ini tersedia bagi siapa saja yang menginginkannya. NFT berguna bagi blockchain untuk melacak dan memberi pemilik bukti kepemilikan yang terpisah dari hak cipta dari aset atau item yang diperjual-belikan.


Apa Perbedaan NFT dari Cryptocurrency?

NFT umumnya dibangun menggunakan jenis pemrograman yang sama dengan cryptocurrency, seperti koin kripto Bitcoin atau Ethereum. Lalu apa perbedaannya?

Saat ini uang fisik atau konvensional dan uang kripto atau cryptocurrency bisa dibilang sepadan, dalam arti kedua jenis uang tersebut dapat diperdagangkan atau ditukar satu sama lainnya. Mereka juga memiliki nilai yang sama, contohnya satu dolar selalu bernilai satu dolar lagi dan satu Bitcoin selalu sama dengan Bitcoin lainnya. Kesepadanan Crypto menjadikannya sarana tepercaya untuk melakukan transaksi di blockchain.

Berbeda dengan NFT dimana masing-masing aset memiliki tanda tangan digital yang membuat NFT tidak mungkin untuk ditukar atau memiliki nilai yang sama satu sama lain (karenanya, tidak dapat dipertukarkan), contohnya gambar milik fotografer A tidak bisa disamakan dan ditukar dengan gambar miliki fotografer B dan sebagainya. Disitulah letak perbedaan yang signifikan antara NFT dan cryptocurrency.


Bagaimana Cara Kerja NFT?

NFT berjalan di ekosistem blockchain, yang merupakan buku besar data publik terdistribusi yang mencatat setiap aktivitas transaksi di ekosistem mereka. Secara khusus, NFT biasanya disimpan di blockchain Ethereum, meskipun beberapa blockchain lain juga mendukungnya. 

NFT dibuat atau dicetak secara unik dari objek digital yang mewakili item atau produk yang berwujud dan tidak berwujud, termasuk:

  • Seni
  • GIF
  • Video dan sorotan olahraga
  • Barang Koleksi
  • Avatar virtual dan kulit video game
  • Sepatu kets desainer
  • Musik
  • Lagu
  • Hak Paten
  • Design, seperti bangunan, logo, baju, mobil dan sebagainya

Bahkan sebuah cuitan tweetir pun masuk kedalam hitungan NFT. Contohnya ialah Co-founder Twitter Jack Dorsey menjual tweet pertamanya sebagai NFT dengan harga lebih dari $ 2,9 juta. 

Pada dasarnya NFT ialah kolektor barang fisik atau digital yang ditransformasikan kedalam suatu aset kripto dan dapat diperjualbelikan. Sang pembeli akan mendapatkan hak kepemilikan eksklusif dari NFT yang mereka beli, selain itu sebuah NFT hanya dapat memiliki satu pemilik dalam satu waktu. Data unik NFT memudahkan untuk memverifikasi kepemilikan mereka dan memungkinkan untuk melakukan transfer token antar pemilik NFT. Pemilik atau pencipta juga dapat menyimpan informasi spesifik di dalamnya. Misalnya, seniman dapat menandatangani karya seni mereka dengan memasukkan tanda tangan mereka ke dalam metadata NFT. 


Apa Tujuan NFT Diciptakan?

Ilustrasi Tujuan NFT Diciptakan
Ilustrasi Tujuan NFT Diciptakan

Teknologi Blockchain dan NFT memberi seniman dan pembuat konten kesempatan unik untuk memonetisasi barang dagangan atau hasil karya mereka mereka. Misalnya, seniman tidak lagi harus mengandalkan galeri atau balai lelang untuk menjual karya seninya. Sebaliknya, artis dapat menjualnya langsung ke konsumen menggunakan NFT, yang juga memungkinkan mereka menyimpan lebih banyak keuntungan. Selain itu, artis dapat memprogram royalti sehingga mereka akan menerima persentase penjualan setiap kali karya seni mereka dijual kepada pemilik baru. Ini adalah fitur yang menarik karena seniman umumnya tidak menerima hasil di masa depan setelah karya seni mereka dijual pertama kali.

Seni bukanlah satu-satunya cara untuk menghasilkan uang dengan NFT. Merek seperti Charmin dan Taco Bell telah melelang seni bertema NFT untuk mengumpulkan dana untuk amal. Charmin menjuluki penawarannya "NFTP" (kertas toilet yang tidak dapat dipertukarkan), dan karya seni NFT Taco Bell terjual habis dalam hitungan menit, dengan tawaran tertinggi datang pada 1,5 eter terbungkus (WETH) —sama dengan $ 3.723,83 pada saat penulisan.

Nyan Cat, GIF kucing era 2011 dengan tubuh pop-tart, dijual dengan harga hampir $ 600.000 pada bulan Februari . Dan NBA Top Shot menghasilkan lebih dari $ 500 juta dalam penjualan pada akhir Maret. Satu sorotan LeBron James NFT menghasilkan lebih dari $ 200.000.

Bahkan selebriti seperti Snoop Dogg dan Lindsay Lohan ikut serta dalam NFT, melepaskan kenangan, karya seni, dan momen unik sebagai NFT yang aman.


Bagaimana dan Dimana NFT Bisa Dibeli?

Jika Anda ingin memulai koleksi NFT Anda sendiri, Anda perlu memperoleh beberapa aplikasi utama, diantaranya seperti :

  1. E-Wallet atau dompet digital yang bisa anda gunakan untuk menyimpan aset NFT dan cryptocurrency.
  1. Anda mungkin perlu membeli beberapa aset cryptocurrency , seperti Ether atau token kripto lainnya tergantung pada mata uang apa yang diterima penyedia NFT. Anda dapat membeli crypto tersebu menggunakan kartu kredit di platform seperti Coinbase, Kraken, eToro dan bahkan PayPal dan Robinhood sekarang juga bisa untuk saat ini. Anda menyimpan aset cryptocurrency atau NFT yangs udah anda beli  bursa ke dompet digital yang anda gunakan.
Sedikit tambahan beberapa bursa membebankan biaya tranfer di setiap transaksi yang anda lakukan saat membeli kripto.


5 Koin Kripto NFT Terbaik Tahun 2021 Berdasarkan Kapitalisasi Pasar

Setelah anda mengetahui hal-hal mengenai NFT, berikut ini Budak Duit Indonesia akan merangkum 5 koin kripto NFT terbaik pada tahun 2021 berdasarkan kapitalisasi pasar saat ini (29/05/2021). Dimana data ini didapatkan dari Coin Market Cap.


1. THETA (THETA)

Ilustrasi Gambar Koin THETA
Ilustrasi Gambar THETA (THETA) Token

Theta ialah cryptocurrency yang didirikan pada tahun 2017 oleh Mitch Liu, yang sebelumnya pernah mendirikan perusahaan rintisan dalam bida game mobile dan periklanan digital, bersama rekannya Jieyi Long, yang sebelumnya pernah bekerja pada perusahaan teknologi streaming langsung Virtual Realty atau VR.

Tim Theta mengadakan penjualan token pribadi perdananya pada tahun 2017, dan mendapatkan dana sekitar 20 juta dollar amerika  dengan menjual 30% koinnya dari 1 miliar unit koin yang tersedia. Saat ini harga satu koin THETA berada di kisaran 6-7 dollar amerika dengan nilai kapitalisasi pasar sebesar 6.933.755.791dollar amerika. 


2. CHILIZ (CHZ)

Ilustrasi Gambar CHILIZ (CHZ) Token
Ilustrasi Gambar CHILIZ (CHZ) Token

Chiliz adalah mata uang kripto yang dicipaktan sebagai opsi mata uang yang dapat digunakan penggunanya untuk membeli produk dan layanan yang didukung blockchain. Chiliz bertujuan ingin meningkatkan pengalaman sehari-hari konsumen layanan hiburan berbasis digital dengan menjadi  solusi pembayaran alternatif untuk produk konvensional, dan banyak lagi. Chiliz menyediakan layanan berbasis blockchain dibidang olahraga dan hiburan  dengan tujuan  membantu mereka melibatkan diri pada kegiatan memonetisasi audiens mereka. 

Chiliz telah mengumpulkan $ 65 juta pada tahun 2018 melalui penjualan token pribadi kepada para investor termasuk Binance, OK Blockchain Capital, dan FBG Capital. Awal tahun ini, ia menerima investasi ekuitas dari perusahaan perdagangan Jump Trading yang berbasis di Chicago. Chiliz juga baru-baru ini meluncurkan kemitraan dengan  raksasa e-commerce Jepang Rakuten untuk berafiliasi di benua Eropa. Hal tersebut tentunya memungkinkan para pengguna Rakuten di Eropa untuk menukarkan poin Rakuten mereka dengan token CHZ.

Saat ini Chiliz (CHZ) berada dalam urutan kedua dalam kategori token NFT dengan kapitalisasi pasar terbesar. Satu koin CHV saat ini bernilai 0.2801 dollar amerika dan memiliki total nilai kapitalisasi pasar sebesar 1.615.100.777 dollar amerika.


3. Decentraland (MANA)

Ilustrasi Gambar Decentraland (MANA) Token
Ilustrasi Gambar Decentraland (MANA) Token

Decentraland (MANA) mendefinisikan dirinya sebagai platform realitas virtual yang didukung oleh blockchain Ethereum yang memungkinkan pengguna untuk membuat, mengalami, dan memonetisasi konten dan aplikasi. Decentraland menggunakan dua token: MANA dan LAND. MANA sendiri menggunakan token jenis ERC-20 yang harus dibakar untuk mendapatkan token ERC-721 LAND  .Token MANA juga dapat digunakan untuk membayar  beberapa layanan dan produk yang ada di pasar Decentraland.

Decentraland diluncurkan pada penawaran koin awal atau disebut dengan ICO pada tahun 2017 dan mendapatka dana senilai 24 juta dollar amerika. Token Decentraland (MANA) saat ini memiliki harga 0.7822 dollar amerika untuk perkoinnya dan memiliki kapitalisasi pasar sebesar 1.231.433.688.


4. Enjin Coin (ENJ)

Ilustrasi Gambar Enjin Coin (ENJ) Token
Ilustrasi Gambar Enjin Coin (ENJ) Token

Enjin sebuah platform yang menawarkan ekosistem produk terintegrasi yang memudahkan semua orang untuk untuk mengembangkan bisnisnya, berdagang, menghasilkan uang, dan memasarkan produk dengan teknologi blockchain.

Pada tahun 2009, Enjin meluncurkan Jaringan Enjin, sebuah platform komunitas permainan yang memiliki lebih dari 20 juta pengguna. Dimana Pada 2017 setelah ICO Enjin berhasil mengumpulkan dana segar sebesar 18,9 juta dollar amerika, Enjin mulai membangun rangkaian produk blockchain yang memungkinkan siapa saja untuk dengan mudah mengelola, mengeksplorasi, mendistribusikan, dan mengintegrasikan aset blockchain. Ekosistem Enjin memungkinkan untuk para pengembang dan studio game memanfaatkan aset digital yang diberi token sebagai bagian dari strategi akuisisi, retensi, keterlibatan, dan monetisasi.

Ekosistem Enjin didorong oleh Enjin Coin (ENJ), cryptocurrency berbasis Ethereum yang digunakan untuk secara langsung mendukung nilai aset blockchain yang didukung Enjin. Token ENJ diciptakan menggunakan jenis token ERC-20 yang berjalan diatas Ethereum. Token ENJ kdapat dibeli dan dijual dengan mata uang fiat atau mata uang kripto digital lainnya. Token ENJ dapat disimpan di dompet kripto dan kustodian seperti Gemini.

Pasokan token ENJ mempunyai limitasi sebanyak 1 miliar token ENJ. Saat ini token ENJ memili harga senilai 1.38 dollar amerika untuk tiap keping koinya dan memili nilai kapitalisasi pasar sebesar 1.147.590.264 dollar amerika.


5. DigiByte (DGB)

Ilustrasi Gambar DigiByte (DGB) Token
Ilustrasi Gambar DigiByte (DGB) Token

DigiByte adalah blockchain berbasis open-source yang dibuat pada akhir tahun 2013 dan melakukan perilisan awal tahun 2014 dan terus berkembang pesat hingg saat ini. DigiByte telah menjelma menjadi Blockchain inovatif yang bisa digunakan untuk aset-aset digital, Smart-Contract, aplikasi terdesentralisasi dan Validasi. Setelah 7 tahun pengembangan yang progresif, DigiByte menjadi Blockchain yang paling aman, tercepat, rantai blok terpanjang dan blockchain UTXO paling terdesentralisasi yang pernah ada.

Saat ini koin atau token DGB dihargai sebesar 0.06125 perkoinnya dan memiliki kapitalisasi pasar sebesar 879.086.400.


Sekian dulu artikel dari Budak Duit Indonesia kali ini yang membahas hal-hal mengenai NFT dan koin-koin NFT yang saat ini menjadi top list kapitalisasi pasar. Semoga artikel kali ini bisa menjadi referensi dan menambah wawasan anda di dunia pasar trading kripto. Segala keputusan investasi tetap ada di tangan anda, segala resiko kerugian dan keuntungan menjadi hak anda sepenuhnya bukan orang lain. Terima kasih sudah membaca!.

Posting Komentar untuk "Mengenal Apa Itu Koin NFT Dan 5 Top List Koin Kripto NFT Terbaik Tahun 2021"