Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Catat! Ini Waktu Yang Tepat Untuk Berinvestasi Saham

Waktu Yang Tepat Untuk Berinvestasi Saham Ialah Memulai Berinvestasi Sejak Dini
Waktu Yang Tepat Untuk Berinvestasi Saham Ialah Memulai Berinvestasi Sejak Dini


Investasi saham bisa diibaratkan sebuah pohon, dimana sebuah pohon itu akan berbuah di musim. Disaat sebelum musim berbuat itu lah kita melakukan beberapa treament seperti memberi pupuk, memberikan obat hama dan sebagainya dengan tujuan pohon tersebut bisa berbuah banyak untuk kita.

Investasi saham yang kita lakukan pun sama persis seperti itu metodenya, dimana kita memasukkan modal kita atau membeli saham, saat harga saham tersebut berancang-ancang ingin mengalami kenaikan harga. 

Dengan kata lain kita harus tahu kapan waktu yang tepat untuk membeli saham tersebut untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal.


Waktu-Waktu Yang Tepat Bagi Investor Untuk Berinvestasi Saham


1. Sebelum Saham Menerbitkan Laporan Keungan

Pertimbangkan untuk membeli saham sebelum bulan-bulan berikut, yaitu Bulan Mei, Agustus, November dan Februari. Pada bulan-bulan tersebut biasanya perusahaan sudah meliris laporan keuangan mereka. Disini anda harus melakukan riset perusahaan mana yang membukukan kinerja baik di periode tersebut. 

Saham perusahaan biasanya akan naik setelah mereka liris laporang keuangan dan mencatatkan pembukuan yang surplus atau lebih baik dari kinerja sebelumnya. Bisa dipastikan kamu akan mendapatkan keuntungan, jika kamu membeli saham sebelum perusahaan tersebut meliris laporan keuangannnya atau saat harga saham tersebu belum naik

2. Perusahaan Memiliki Kinerja Baik

Kinerja merupakan salah satu bahan pertimbangan ketika anda membeli saham. Anda dapat melihat kinerja suatu saham dengan mengidentifikasinya menggunakan analisis fundamental. Analisis ini dapat anda lakukan dengan membaca berita-berita yang berhubungan dengan kondisi perusahaan tersebut.

Cari tahu juga setiap periodenya apakah perusahaan tersebut mengalami keuntungan ataupun sedang mengalami kerugian. Sebagai referensi biasanya perusahaan-perusahaan yang memiliki kinerja baik biasanya berada di indeks IDX30 dan LQ45 ataupun anda bisa mencari daftar-daftar perusahaan yang mendapatkan sebutan sebagai saham blue chip.
 

3. Sedang Dalam Trend Bullish

Trend bullish adalah kondisi dimana suatu saham mengalami kenaikan harga. Saham yang sedang mengalami trend bullish akan mengalami kenaikan secara bertahap dalam periode waktu tertentu. Hal tersebut tentunya akan menjadi keuntungan tersendiri jika kamu masuk disaat yang tepat.

Untuk memprediksi suatu saham sedang dalam trend bullish, kamu harus bisa memahami analisis grafik harga saham. Adapun beberapa analisis yang bisa kamu gunakan seperti line chart, bar chart ataupun candlestick chart.


4. Memiliki Prospek Yang Cerah Ke Depan

Perusahaan yang memiliki prospek cerah biasa perusahaan tesebut memiliki produk yang sudah mulai dikenal masyarakat. Iklan-iklannya pun sudah dapat anda temukan di sekitar anda mulai dari iklan konvensional maupun digital.

Hal-hal tersebut tentunya bisa menjadi pertimbangan bagi anda untuk membeli saham tersebut, apalagi harga saham tersebut masih cenderung mudah dibandingkan saham-saham lain yang berada dalam kategori bisnis yang sama. 


5. Saham Tersebut Mengalami Technical Rebound 

Technical rebound adalah kondisi dimana harga saham mengalami kenaikan jangka pendek setelah mengalami koreksi cukup dalam. Kondisi ini biasanya dimanfaatkan pada trader harian untuk mendapatkan keuntungan jangka pendek. 

Cara ini bisa bisa anda terapkan pada saham-saham yang memang memiliki fundamental bagus yang sedang diskon dengan menerapkan strategi buy on weakness atau membeli saham saat harga sahamnya sedang turun.



Berinvestasi saham yang paling bijak tetap fokus untuk tujuan investasi jangka panjang. Bangunlah psikologis saham yang baik dalam berinvestasi dengan menerapkan kebiasaan-kebiasaan yang konsisten dan teratur. 

Sekian dulu artikel kali ini dari Budak Duit Indonesia yang membahas waktu yang tepat untuk membeli suatu saham. Semoga artikel kali ini dapat menambah wawasan dan referensi anda tentang dunia saham itu sendiri. Anda bisa tinggalkan pesan dan komentar jikas suka dan merasa terbantu dengan artikel kali ini. Terima kasih sudah membaca!.


Posting Komentar untuk "Catat! Ini Waktu Yang Tepat Untuk Berinvestasi Saham"