Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Tips Menabung Untuk Ibadah Umroh Tahun Depan

10 Tips Menabung Untuk Ibadah Umroh Tahun Depan
10 Tips Menabung Untuk Ibadah Umroh Tahun Depan


Umroh mempuyai arti berziarah atau berkunjung, setiap muslim pastinya diwajibkan untuk melakukan umrah di kota suci Mekkah, khususnya di Masjidil Haram. Umrah sendiri diwajibkan hanya 1 kali saja sebenarnya, tetapi banyak melakukan  yang melakukannya lebih dari satu kali jika rezeki mencukupi, terlebih lagi jikalau dilakukan setiap bulan suci Ramadhan.

Kegiatan umroh tentunya memiliki biaya yang tidak sedikit, jadi anda perlu menyiapkan biaya tersebut dari jauh-jauh hari dengan cara menabung untuk menunaikan ibadah umroh secepatanya.

Pada artikel kali ini Budak Duit Indonesia akan membagikan tips-tips yang bisa anda aplikasikan agar impain ibadah umroh kalian dapat terwujud secepatnya.


1. Sisihkan Pendapatan Khusus Untuk Umroh

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan ialah mengalokasikan sebagian pendapatanmu saat ini untuk sebagai tabungan khusus umroh. Normalnya minimal sisihkan 10-30 persen pendapatan bulanan anda, akan tetapi jika kondisi finansialmu baik mungkin bisa dicoba untuk lebih.

Semakin besar anda mengalokasikan tabungan untuk umroh maka semakin cepat keinginanmu untuk melakukan ibadah akan terwujud. Jangan lupa untuk membuat rekening khusus tabungan umroh agar tidak tercampur dengan rekening utama anda ataupun rekening tabungan lainnya, agar kamu bisa memantau berapa uang yang sudah kamu tabung untuk ibadah umroh.


2. Berkomitmen

Komitmen yang kuat dan ikhtiar ialah hal penting untuk anda bulatkan sejak awal. Dikarenakan adakalanya kita mengalami godaan dan tantangan untuk menghabiskan uang kita dan lupa menabung. 

Buatlah hukuman ke diri sendiri jika suatu saat anda lupa untuk menabung atau terlanjur menghabiskan uang tersebut untuk keperluan lain. Dengan menerapkan hukuman ke diri sendiri tentunya akan membuat anda lebih disiplin dalam menetapkan komitmen dan ikhtiar dalam menabung ibadah umroh.

3. Ajak Saudara Untuk Menabung Bersama

Mengajak saudara untuk menabung bersama bisa jadi langkah yang tepat dan menyenangkan tentunya. Saling mengingatkan dan memotivasi satu sama lain untuk menjalankan ibadah umroh bersama tentunya akan membuat anda semakin bersemangat untuk menabung.

4. Cari Pendapatan Tambahan

Semakin banyak uang dapat anda kumpulkan, tentunya membuat anda semakin cepat untuk menunaikan ibada umroh. Sebisa mungkin jangan terpaku menabung dari satu pendapatan saja. Anda bisa mencari pendapatan tambahan dari melakukan kerja sambilan.

Anda bisa mencari pekerjaan tambahan di waktu senggang anda, seperti sepulang kerja ataupun weekend. Jika anda berhasil untuk menabung dan menunaikan ibadah umroh tentunya nanti ada kebanggaan tersendiri bagi anda dimana hasil kerja keras selama ini terealisasikan.

5. Tekan Biaya Bulanan

Evaluasi dan cari tahu biaya bulanan apa yang kira-kira bisa anda tekan agar uang yang anda tabung untuk umroh bisa maksimal. Banyak hal yang bisa anda lakukan untuk menekan biaya bulanan, seperti menghemat listrik, transportasi, biaya makan ataupun mengurangi kebiasaan belanja untuk barang-barang yang tidak terlalu diperlukan.

Jika anda tidak bisa menambah pendapatan anda, mengurangi biaya yang anda keluarkan bisa menjadi jalan keluar yang tepat untuk menabung lebih maksimal.

6. Beli Barang Sesuai Kebutuhan

Tingkatkan tekad dan niat anda untuk menunaikan ibadah umroh secepat mungkin. Mulailah untuk mengurangi kebiasaan mengunakan uang untuk membeli barang-barang yang memang tidak terlalu dibutuhkan saat ini.

Jangan habiskan uang anda untuk hal-hal yang memang bukan menjadi tujuan anda. Ingatlah tujuan utama anda untuk menabung saat ini dan menjalankan perintah agama untuk beribada umroh ke tanah suci.

7.  Kurangi Biaya Entertaiment

Tidak ada salahnya untuk mencoba untuk mengurangi biaya-biaya yang tidak diperlukan. Salah satunya ialah kita bisa mencoba untuk lebih mengehemat dengan cara mengurangi biaya entertaiment yang biasa kita keluarkan selama ini, seperti nonton, makan, jalan-jalan tiap weekend, langganan bulanan musik atau film dan sebagainya.

Nantinya anda bisa mengalokasikan uang-uang yang bisa anda hemat untuk dialokasikan untuk tabungan umroh. Sebagai alternatif entertaiment mungkin anda bisa jalan-jalan ke taman atau lebih banyak menghabiskan waktu dirumah bersama keluarga.

8. Berinvestasi Untuk Passive Income

Berinvestasi bisa menjadi salah satu tips yang bisa anda lakukan untuk memaksimalkan tabungan umroh yang anda miliki. Anda bisa mengkonversi tabungan yang anda miliki saat ini ke intrument investasi yang menjanjikan dan memiliki resiko yang rendah, seperti investasi emas, deposito, obligasi ataupun reksa dana.

Anda bisa mendapatkan passive income dari hasil investasi tersebut untuk menambah tabungan umroh anda agar cepat terkumpul.

9. Teliti Memilih Travel Umroh

Beberapa waktu lalu ada beberapa kasus penipuan ibadah umroh yang sempat booming dan merugikan banyak masyarakat yang ingin menunaikan ibadah umroh. Hal tersebut tentunya menjadi pelajaran tersendiri bagi kita untuk lebih teliti dalam memilih travel yang menyediakan jasa ibadah umroh.

Jangan mudah tergiur dengan paket-paket umroh murah yang harganya cenderung tidak wajar dan berbeda dengar harga rata-rata paket umroh yang biasa ditawarkan oleh travel-travel sejenis. Tentunya anda tidak ingin impian untuk umroh anda batal dikarenakan tertipu dengan travel abal-abal.

10. Pilih Paket Umroh Yang Sesuai Budget

Ingat kembali tujuan anda untuk menabung, yaitu bisa menunaikan ibadah umroh secepatnya sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Pilihlah paket umroh yang tidak memberatkan anda atau cenderung berlebihan. 

Sejatinya ibada umroh ialah cara kita menunjukkan niat kita beribadah kepada sang Pencipta. Hindarilah sebisa mungkin untuk membeli paket umroh yang cenderung mahal dan mewah. 



Apapun ibadah yang anda lakukan tentunya harus berdasarkan niat dan tekad yang kuat tentunya. Menunaikan Ibada umroh diusia muda bukanlah hal yang mustahil. Wujudkan mimpi anda tersebut sejak dini saat anda mulai mempunyai penghasilan dan mempunyai kemampuan untuk menabung.

Sekian dulu artikel dari Budak Duit Indonesia kali ini yang membahas tips menabung untuk ibadah umroh. Semoga artikel kali ini bisa membantu anda untuk mewujudkan mimpi anda untuk berziarah ke tanah suci Mekkah. 

Anda bisa tinggalkan pesan dan komentar positif jika anda suka dan merasa terbantu dengan artikel kali ini. Terima kasih sudah membaca!




Posting Komentar untuk "10 Tips Menabung Untuk Ibadah Umroh Tahun Depan"