Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Sumber Kekayaan Elon Musk Orang Terkaya Di Dunia

Elon Reeve Musk Atau Elon Musk, Iron Man Versi Dunia Nyata
Elon Reeve Musk Atau Elon Musk, Iron Man Versi Dunia Nyata

Elon Reeve Musk atau yang lebih dikenal dengan Elon Musk belakangan ini selalu muncul dan menjadi bahan perbincangan media-media di seluruh dunia dan juga di Indonesia. Elon Musk sendiri sering muncul dan masuk ke dalam daftar orang terkaya didunia dengan total kekayaan bersihnya sebesar 185 miliar dollar amerika atau setara dengan 2.600 triliun rupiah dan bahkan kekayaannya terus bertambah hingga saat ini.

Mungkin banyak orang termasuk anda bertanya-tanya tentang sumber kekayaan Elon Musk sehingga ia selalu masuk ke dalam daftar orang terkaya di dunia.

Di artikel kali ini Budak Duit Indonesia akan merangkum sumber-sumber kekayaan dari Elon Musk selama ini hingga ia menjadi orang terkaya di dunia.


1. Zip2 Corporation

Zip2 Corporation Perusahaan Pertama Yang Didirikan Elon Musk & Kimbal Musk
Zip2 Corporation Perusahaan Pertama Yang Didirikan Elon Musk & Kimbal Musk

Zip2 Corporation merupakan perusahaan pertama yang didirikan oleh Elon Mush bersama saudaranya Kimbal Musk di tahun 1995. Zip2 adalah perusahaan yang berfokus pada panduan kota atau peta secara online. 

Zip2 akhirnya mendapatkan kepercayaan dan dikontrak oleh surat kabar ternama, yaitu  New York Time dan Chicago Tribune untuk yang membuat perusahaan tersebut menjadi sukses dan berkembang. 

Di Tahun 1999 Perusahaan Compaq Computer Corporation tertarik dan membeli Zip2 Corporation seharga $ 307 juta secara tunai dan $ 34 juta dalam bentuk opsi kepemilikan saham dari Elon Musk.

2. Paypal

X.com Menjadi Paypal Setelah Akusisi
X.com Menjadi Paypal Setelah Akusisi 

Biarpun Elon Musk dan saudaranya sudah memiliki banyak uang dari penjualan perusahaan pertama mereka Zim2 Corporation, tetapi dia memutuskan tidak berhenti disitu saja dan mendirikan perusahaan ke-2 nya , yaitu X.com pada tahun 1999. 

X.com sendiri adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang layanan jasa keuangan atau pembayaran online. Setelah setahun berdiri, Elon Musk pun membuat terobosan dengan mengakuisisi Confinity, sebuah perusahaan teknologi yang menyediakan layanan sistem transfer uang antar perangkat mobile atau smartphone. 

Setelah proses akusisi tersebut berhasil, akhirnya X.com pun berubah nama menjadi Paypal seperti yang kita kenal saat ini. Paypal pun semakin terkenal dalam beberapa tahun saja dan akhirnya Elon Musk mendapatkan 1,5 miliar dollar pertamanya setelah perusahaan tersebut diakusisi oleh Ebay dalam bentuk saham. Sebelum dijual, Elon Musk memiliki aset 11 persen saham di Paypal.

3. Space Eploration Technologies Atau Space X

Space X Ambisi Elon Musk Untuk Menguasai Luar Angkasa
Space X Ambisi Elon Musk Untuk Menguasai Luar Angkasa

Space Exploration Technologies Corporation atau Space X menjadi perusahaan ketiga yang didirikan oleh Elon Musk setelah menjual Paypal di tahun 2002. Space X sendiri dibuat Elon Musk dengan tujuan membuat suatu perusahaan yang menyediakan layanan perjalanan keluar angkasa secara komersial.

Space X pun mulai berkembang dan dilirik oleh Nasa. Pada tahun 2008 akhirnya Space X mendapatkan kontrak dari NASA untuk menangani transportasi kargo untuk Stasiun Luar Angkasa miliki mereka. 

Adapun beberapa pencapaian gemilang yang diraih oleh Space X, diantarnya seperti :
  1. Untuk pertama kalinya perusahaan swasta meluncurkan sebuah roket yang membawa 1.000 pon persediaan untuk para astronot di stasiun luar angkasa. Hal tersebut berhasil di wujudkan oleh Space X dengan roket Falcon 9 pada tanggal 22 Mei 2012.
  2. Pada bulan Desember 2013, dengan jenis roket yang sama, yaitu Falcon 9. Space X berhasil membawa satelit ke orbit transfer geosynchronous dan berhasil mengunci jalur orbit yang sesuai dengan rotasi Bumi.
  3. Pada Februari 2015, Space X kembali berhasil meluncurkan roket Falcon 9 yang dilengkapi dengan satelit Deep Space Climate Observatory (DSCOVR). Tujuan satelit tersebut ialah mengamati emisi ekstrem dari planet matahari yang memengaruhi jaringan listrik dan sistem komunikasi di planet Bumi.
  4. Pada Maret 2017, Space X kembali meluncurkan roket Falcon 9. Setelah mengorbit beberapa waktu, roket tersebut akhirnya kemballi dan sukses melakukan pendaratan di Bumi. Hal tersebut membuktikan bahwa material dari roket tersebut bisa digunakan kembali, sehingga bisa menekan cost dan memprovide layanan terbang ke luar angkasa dengan biaya yang lebih murah.
  5. Pada Februari 2018, Space X kembali melakukan uji kembali dengan roket Falcon Heavy yang dilengkapi dengan booster Falcon 9 tambahan. Roket ini dirancang dengan tujuan membawa muatan yang lebih besar ke orbit. Menariknya, muatan yang dicoba kali ini ialah Tesla Roadster merah cerry miliki Elon Musk sendiri. Uji coba kali ini berhasil dan membuat Space X dan Elon Musk lebih terkenal.
  6.  Keberhasilan lainnya ialah Space X sukses melakukan pendaratan  di kapal drone dalam waktu kurang lebih 9 menit setelah lepas landas dari bumi. Pendaratan tersebut dilalukan dengan roket Block 5 Falcon terbaru pada Juli 2018.
Semua percobaan uji coba peluncuran roket tidak 100% berhasil dilakukan oleh perusahaan Space X. Perusahaan tersebut sempat mengalami pukulan berat di tahun 2017 dimana terjadi ledakan saat melakukanpengujian mesin baru mereka, yaitu  Block 5 Merlin.

Space X saat ini pun masih berkembang dengan ide-ide inovatif nya di bidang layanan luar angkasa. Projek besar mereka ialah di tahun 2020 nanti, dimana Elon Musk dan Space X memiliki rencana besar untun misi kargo pertama ke planet Mars di tahun 2022 nanti, hal tersebut merupakan ambisi besar dari Elon Musk dan perusahaannya menjajah Planet Merah tersebut. Jika berhasil mungkin saja Elon Musk akan sangat-sangat kaya raja nantinya di planet Bumi ini.

4. Tesla Motors

Tesla Motor Perusahaan Otomotif  Milik Elon Musk Yang Fokus Memproduksi Mobil Listrik
Tesla Motor Perusahaan Otomotif  Milik Elon Musk Yang Fokus Memproduksi Mobil Listrik

Setelah Space X didirikan setahun setelahnya atau tahun 2003 Elon Musk mendirikan perusahaan baru lagi, yaitu Tesla Motors. Seperti yang kita tahu saat ini Tesla Motors ialah perusahaan yang bergerak dibidang otomotif dan khusus memproduksi kendaraan berenergi listrik. 

Elon Mush pun tidak tanggung-tanggung dedikasinya terhadap perusahaan ini, dimana ia terjun langsung mengawasi langsung seluruh proses mobil-mobil listrik yang dibuat oleh Tesla Motors, mulai dari proses design, produksi hingga pemasaran produknya.

Perusahaan Tesla Motors terlah berhasil memproduksi dan memasarkan mobil listrik yang mereka produksi, diantaranya seperti :
  • Model Roadster adalah mobil sport listrik yang dibuat pada Maret 2008.
  • Model S adalah model sedan listrik pertama dari Tesla yang dibuat pada tahun 2008 dengan tujuan mengambil pasar dari BMW seri 5. Di tahun yang sama tesla juga memproduksi SUV Model X.
  • Model 3 adah model sedang listrik yang diluncurkan pada awal tahun 2019 dengan kelas diatas sedan Model S dan X.
  • Semi truk merupakan mobil listrik semi-truck yang diluncurka Tesla pada November 2017. Mobil ini mengadopsi ketahanan baterai motor yang tahan berjalan hingga 1 juta mil.
  • Model Y dan merupakan mobil listrik model crossover yang ditunggu-tunggu oleh fans Tesla dan diluncurkan pada Maret 2019.
Perjalanan Tesla Motors dan Elon Musk sendiri tidaklah seratus persen berjalan mulus, dimana pada tahun 2018, Tesla tidak memenuhi target produksi dikuartal pertama dan hal itu berakibat pada keputusan Elon Musk untuk merumahkan 9 persen karyawannya serta melakukan beberapa kebijakan restrukturisasi perusahaan Tesla Motors.

Hal tersebut ternyata berbuah manis, dimana pada akhir Juni 2018, dimana Tesla Motors telah berhasil memenuhi tujuannya untuk memproduksi 5.000 mobil Model 3.

Sampai saat ini perjalanan Elon Musk dan Tesla Motors masih berlanjut dengan inovasi-inovasi yang dilakukan oleh mereka, salah satunya ialah mobil listrik tanpa awak atau autopilot serta beberapa terbosan perusahaannya terkait dengan mata uang kripto seperti bitcoin dan dogecoin yang santer viral beberapa waktu lalu karena twit dari Elon Musk.

5. SolarCity

Perusahaan Tenaga Surya Terbesar Saat Ini Milik Elon Musk
Perusahaan Tenaga Surya Terbesar Saat Ini Milik Elon Musk

Selain terinpirasi oleh sumber daya tenaga listrik, Elon Musk juga tertanya tertarik untuk mendapatkan tenaga listrik dari energi surya yang dihasilkan oleh Matahari. Hal tersebut berujung pada akusisi yang pembelian keseluruhan saham perusahaan Solar City Corp yang dilakukan oleh Tesla Motor Inc atas inisiatif dari Elon Musk dengan nilai kesepakatan mencapai 2,6 miliar dollar Amerika.

Tenaga surya dan penyimpanannya merupakan energi terbaru yang mempunyai prospek cerah untuk menggantikan energi fossil yang selama ini dipakai oleh manusia. Jika perusahaan ini sukses untuk mengusung tenaga surya maka dipastikan Elon Musk akan semakin kaya lagi.

6. The Boring Company

The Boring Company Perusahaan Real Estate Milik Elon Musk
The Boring Company Perusahaan Real Estate Milik Elon Musk

Pada awal tahun 2017, Elon Musk meluncurkan perusahaan ke-6, yaitu The Boring Company. The Boring Company sendiri ialah sebuah perusahaan yang didedikasikan untuk mengurangi tingkan kebosanan dengan cara membangun terowongan untuk mengurangi kemacetan. Uji coba perusahaan ini dimulai pada properti perusahaan Space X miliki Elon Musk di kota Los Angeles.

Uji coba tersebut di lakukan di tahun yang sama, tepatnya pada bulan Oktober. Elon Musk sempat memposting terowongan yang dibuat sepanjang 500 kaki oleh The Boring Company di halaman Instagramnya.

7. Investasi Mata Uang Kripto

Dogecoin dan Bitcoin Yang Langsung Melonjak Karena Endorse Dari Elon Musk
Dogecoin dan Bitcoin Yang Langsung Melonjak Karena Endorse Dari Elon Musk

Selain mendapatkan sumber kekayaan dari perusahaan-perusahaan yang dimilikinya. Elon Musk juga diketahui tertarik dan berinvestasi pada mata uang kripto, dimana ia sempat memborong bitcoin dan dogecoin beberapa waktu lalu, yang membuat harga mata uang kripto tersebut meroket dipasaran.



Itulah beberapa sumber kekayaan dari orang terkaya di Dunia saat ini Elon Musk. Sumber kekayaannya diprediksi akan terus meningkat, dikarena seperti yang kita tahu bahwa perusahaan-perusahaan yang ia miliki saat ini mempunyai pandangan yang jauh ke masa depan.

Sekian dulu artikel Budak Duit Indonesia kali ini yang membahas sumber kekayaan yang dimiliki oleh Elon Musk. Semoga artikel kali ini bisa menambah wawasan anda serta terinspirasi untuk menjadi sukses juga seperti Elon Musk.

Anda bisa tinggalkan pesan dan komentar positif jika merasa suka dan terinspirasi dari artikel kali ini. Terima kasih sudah membaca!.

Posting Komentar untuk "7 Sumber Kekayaan Elon Musk Orang Terkaya Di Dunia"