Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Catat! 8 Cara Meningkatkan Personal Branding Ditempat Kerja

Catat! 8 Cara Meningkatkan Personal Branding Ditempat Kerja
8 Cara Meningkatkan Personal Branding Ditempat Kerja


Membangun personal branding atau citra diri merupakan hal yang perlu kamu bangun saat memasuki dunia kerja. Personal branding ialah suatu cara bagaimana kita dalam mempresentasikan kepada orang-orang tentang attitude, reputasi, kemampuan, kualitas kita berkerja dan hal-hal lainnya yang kita miliki.

Dengan meningkatkan atau membangun personal branding di tempat kerja, tentunya membuat kita akan lebih dikenal dan sangat berguna untuk pengembangan kompentensi serta karir di dunia kerja.

Membangun personal branding ditempat kerja bisa kamu lakukan dengan cara-cara sederhana seperti berikut ini :


1. Masuk Kerja Lebih Awal

Masuk Kerja Lebih Awal
Masuk Kerja Lebih Awal

Masuk lebih bisa membuatmu mendapatkan kesan positif kepada rekan-rekan kerja serta atasanmu. Selain itu dengan masuk awal juga bisa membuat kamu bisa mempersiapkan dahulu kira-kira task apa saja yang akan kamu kerjakan hari ini sambil ngopi-ngopi santai.

2. Memiliki Attitude Baik

Memiliki Perilaku Baik Dan Menyenangkan Membuat Kamu Lebih Disukai
Memiliki Perilaku Baik Dan Menyenangkan Membuat Kamu Lebih Disukai

Memiliki attidude perilaku yang baik merupakan salah satu point yang sering dinilai oleh rekan-rekan kerja ataupun perusahaan terhadap diri anda. Berperilakulah secara sopan baik lisan maapun tulisan, memiliki etos kerja yang baik, mampu menerima masukan dan kritikan dan sebainya.

Dengan miliki perilaku yang baik akan membuat anda diperlakukan dan dikenal baik juga oleh orang-orang di lingkungan kerja ataupun relasi anda.

3. Kenali Diri Sendiri

Mengenali Diri Sendiri Salah Satu Proses Yang Mesti Dijalani
Mengenali Diri Sendiri Salah Satu Proses Yang Mesti Dijalani

Mengenali diri sendiri bisa jadi proses yang sulit dan terkadang membutuhkan proses yang bertahap. Dengan mengenali diri sendiri secara objektif dan jujur akan membuat kita mengenali apa yang menjadi kelemahan kita untuk diperbaiki dan apa yang menjadi keunggulan kita untuk kita tingkatkan.

Dengan mengenali diri sendiri, kita akan lebih mudah untuk memperkenalkan diri kita kepada orang-orang di lingkungan kerja ataupun client kita.

4. Manfaatkan Media Digital

Posting Hal-Hal Positif Di Media Sosial
Posting Hal-Hal Positif Di Media Sosial

Media Digital sebenarnya bisa anda manfaatkan juga untuk membangun personal branding dengan jangkauan yang lebih luas, adapun beberapa media sosial yang dapat anda manfaatkan untuk membangun personal branding anda, diantaranya seperti : 
  • Blog Atau Website : Anda bisa memanfaatkan platform ini untuk membangun citra dan memperlihatkan pengetahuan anda serta keahlian dalam menulis melalui konten-konten tulisan yang anda posting di blog ataupun website yang anda miliki. Jika anda memiliki beberapa projek yang sudah anda kerjakan ataupun sedang anda kerjakan, tentunya ada bisa menampilkannya ke dalam bentuk website portofolio.
  • Media Sosial : Maksimalkan penggunaan media sosial anda untuk membangun citra yang positif. Anda bisa memposting hal-hal yang menginspirasi untuk dilakukan, hobi yang anda sukai ataupun kegiatan postifi yang bisa anda posting di akun media sosial anda. Hindari menggunakan media sosial untuk hal-hal yang negatif ataupun membahas hal-hal pribadi untuk di share.
  • LinkedIn : LinkedIn adalah situs media sosial networking yang berorientasi pada karir dan bisnis. Aplikasi ini biasanya digunakan oleh para profesional untuk mengembangkan bisnisnya, mencari pekerjaan ataupun mengembangkan relasi. Membangun personal branding menggunakan aplikasi ini bisa jadi cara yang cukup efektif bagi anda.

5. Aktif Dalam Kegiatan Kantor

Selalu Pro Aktif Di Lingkungan Kerja
Selalu Pro Aktif Di Lingkungan Kerja

Selalu ajukan diri anda dan bereran aktif dalam rencana ataupun projek-projek yang ada. Disamping menambah pengalamanmu, tentunya dengan berperan aktif akan membuat kamu lebih dikenal dan bisa diandalkalkan jika ada projek-projek lain ke depan.

Jika kamu berhasil menjalankannya dengan sukses tentunya akan berkontribusi baik juga dengan kemajuan karir dan personal branding yang sedang kamu bangun.

6. Membangun Relasi Dengan Client Atau Customer

Membangun Relasi Yang Baik Dengan Client
Membangun Relasi Yang Baik Dengan Client

Selain membangun personal branding di lingkungan internal perusahaan, tentunya kamu juga bisa mencoba untuk membangun personal branding di luar lingkungan perusahaan itu sendiri. Kamu bisa membangun relasi yang baik dengan client atau customer dari perusahaan tempat kamu bekerja saat ini.

Dengan membangun relasi yang baik tentunya kamu akan lebih dikenal dan mungkin saja kamu akan mendapatkan testimoni baik dari client yang disampaikan ke perusahaan ataupun atasanmu. Selain itu dengan membangun relasi yang baik dengan para client, tentunya akan menambah networking yang kamu miliki saat ini.

7. Sering Mengajukan Pertanyaan Saat Ada Sesi Seminar atau Presentasi

Aktif Bertanya Dan Memiliki Rasa Ingin Tahu Yang Tinggi
Aktif Bertanya Dan Memiliki Rasa Ingin Tahu Yang Tinggi

Tunjukkan bahwa dirimu ialah seseorang yang selalu ingin tahu dan mempunyai daya belajar yang tinggi. Kamu bisa menunjukkan nya dengan aktif bertanya pada saat sedang ada sesi seminar atau presentasi.

Orang-orang yang aktif ingin tahu dan mempunyai daya belajar yang tinggi tentunya akan lebih disukai oleh perusahaan dibandingkan dengan yang pasif atau cuek.

8. Menjadi Pembicara Dalam Seminar Atau Presentasi

Mencoba Menjadi Pembicara
Mencoba Menjadi Pembicara Dalam Seminar Atau Presentasi

Jika kamu memiliki pengetahuan yang luas dan ingin berbagi, ajukanlah dirimu menjadi pembicara dalam kegiatan-kegiatan seminar ataupun presentasi yang diselenggarakan oleh perusahaan. Kamu bisa membagikan hal-hal yang benar-benar kamu kuasai dan jarang diketahui orang banyak.

Dengan menjadi pembicara tentunya akan membuat kamu lebih didengar dan orang-orang di lingkungan kerja akan memangmu sebagai orang yang memiliki wawasan luas dan punya skill public speaking yang baik, sehingga tercipta personal branding yang positif untuk dirimu.



Sebenarnya masih banyak cara-cara lainnya yang bisa kamu lakukan untuk membangun personal branding di tempat kerja yang bisa kamu lakukan. Apapun cara tersebut pastikan itu cara yang sportif dan positif untuk dilakukan serta mempunyai nilai tambah bagi rekan-rekan kerja ataupun perusahaan tempat anda bekerja saat ini.

Sekian dulu artikel dari Budak Duit Indonesia kali ini yang membahas cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk membangun personal branding di lingkungan tempat kerja saat ini. Semoga artikel kali ini menambah referensi dan wawasan anda tentang personal branding itu sendiri. 

Anda bisa tinggalkan pesan dan komentar positif jika merasa suka dan terbantu dengan artikel kali ini. Terima kasih sudah membaca!.





Posting Komentar untuk "Catat! 8 Cara Meningkatkan Personal Branding Ditempat Kerja"