Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Apa Itu Produk Investasi Unit Link

Mengenal Apa Itu Produk Investasi Unit Link : Mendapatkan Proteksi Asuransi Dan Manfaat Investasi Dalam Satu Produk
Mengenal Apa Itu Produk Investasi Unit Link


Merosotnya nilah investasi di masa pandemi ini membuat banya para investor panik dan mulai mencairkan aset-aset investasinya untuk menghindari kerugian yang lebih dalam. Salah satunya ialah mencairkan investasi dan asuransinya dalam produk Unit Link.

Belakangan ini mungkin anda sering mendengar nama produk Unit Link dan merasa penasaran untuk mengenal lebih jauh apa itu produk asuransi dan investasi ini. 

Oleh karena itu pada artikel kali ini akan dibahas hal-hal apa saja yang perlu kamu ketahui tentang produk asuransi dan investasi Unit Link untuk menambah referensi dan wawasan anda tentang dunia investasi.

Mengenal Apa Itu Produk Investasi Unit Link : Mendapatkan Proteksi Asuransi Dan Manfaat Investasi Dalam Satu Produk

Apa Itu Unit Link?

Unit Link adalah produk asuransi dengan investasi yang saat ini sedang populer dan banyak di beli oleh masyarakat indonesia. Pada nasabah yang membeli produk unit link akan mendapatkan dua manfaat sekaligus, yaitu mendapatkan perlindungan asuransi dan manfaat investasi yang dikelola oleh perusahaan asuransi tersebut.

Seperti yang kita tahu pengertian dari asuransi itu sendiri ialah  perjanjian antara dua belah pihak, di mana pihak pertama berkewajiban membayar iuran/kontribusi/premi kepada pihak kedua dan pihak kedua bertanggung jawab untuk memberikan perlindungan atau membayar uang ganti rugi kepada pihak pertama jika terjadi sesuatu hal kepada dirinya ataupun kepada asetnya sesuai dengan perjanjian yang disepakati oleh kedua pihak.

Sedangkan asuransi sendiri ialah sejumlah modal yang diberikan oleh pemilik modal kepada seseorang atau badan usaha dengan tujuan mendapatkan timbal balik atau laba.


Bagaimana Cara Kerja Unit Link?

Jadi yang perlu anda ketahui ialah jika anda membeli produk Unit Link maka uang yang anda setorkan akan dialokasikan ke dua tempat, yaitu sebagian untuk membayar premi asuransi dan sebagian lagi setorkan untuk investasi.  

Nasabah dari produk Unit Link bisa menentukan sendiri profil resiko dan menentukan porsi antara besaran dana untuk asuransi dan besaran dana yang disetorkan untuk investasi. 


Jenis-Jenis Unit Link

Dengan mengetahui jenis-jenis Unit Link yang beredar di pasar modal membuat anda bisa menyesuaikan dan menentukan produk Unit Link mana yang sesuai dengan kebutuhan , profil resiko dan tujuan investasi yang anda miliki.

Adapun beberapa jenis-jenis produk asuransi dan investasi Unit Link yang biasa anda temui di pasar moda ialah sebagai berikut ini :

1. Cash Fund Unit Link 

Cash Fund Unit Link atau unit link pasar uang adalah produk Unit Link yang manager investasinya menempatkan seluruh dana nasabahnya pada instrumen invetasi pasar uang, seperti deposito berjangka, SBI dan surat utang jangka pendek hingga jangka panjang. Unit Link jenis ini sangat cocok bagi anda yang lebih bermain aman dalam berinvestasi, sebab investasi pasar uang merupakan investasi yang memiliki resiko paling rendah.

2. Fixed Income Unit Link

Fixed Income Unit Link atau unit link pendapatan tetap adalah produk Unit Link yang dimana dana investasi dari nasabahnya di tempatkan minimal 80% di instrumen investasi obligasi. Unit link ini sangat cocok bagi anda yang mengutamakan pendatapan yang lebih stabil dan konsisten.

3. Managed Unit Link 

Managed Unit Link atau unit link pendapatan campuran adalah Unit Link dimana dana investasinya di tempatkan pada instrument investasi saham dan obligasi dengan komposisi yang ditentukan oleh nasabah ataupun sang manager investasi. Jenis Unit Link ini sangat cocok bagi anda yang ingin memperoleh pendapatan yang maksimal dan fokus dengan peluang pertumbuhan investasi jangka panjang.

4. Equity Unit Link 

Equity Unit Link atau unit link dana saham adalah Unt Link dimana dana investasi nasabahnya ditempatkan minimal 80% di instrumen investasi saham. Seperti yang kita tahu investasi saham merupakan salah satu investasi dengan resiko cukup besar untuk mengalami kerugian, akan tetapi besaran kerugian itu sebanding dengan jumlah besaran pendapatan yang bisa anda dapatkan. Produk ini sangat cocok bagi anda yang tertarik untuk mengambil resiko lebih dalam berinvestasi


Kelebihan Dan Kekurangan Unit Link

Setiap produk investasi pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, penting sekali untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari produk investasi yang anda beli tentunya. Adapun beberapa kelebihan dan kekurangan dari produk investasi Unit Link diantaranya, sebagai berikut :

Kelebihan

  • Nasabah mendapatkan dua keuntungan sekaligus yaitu proteksi dari asuransi dan investasi
  • Premi yang dibayarkan tidak hangus seperti asuransi jiwa, karena premi tersebut disalurkan ke instrumen investasi
  • Masa asuransi yang panjang bisa berusia 75, 80, atau bahkan seumur hidup
  • Bisa melakukan cuti untuk membayar premi
  • Investasi bisa dikelola sendiri ataupun dikelola oleh Manager Investasi

Kekurangan

  • Tidak mendapatkan keuntungan di tahun pertama
  • Banyak beban biaya yang dibebankan ke pada nasabah, seperti biaya administrasi, alokasi premi dan pengelolaan investasi
  • Pergerakan investasi tergantung pergerakan dipasar modal dan pertumbuhan ekonom mikro maupun makro
  • Aset investasi bisa mengalami penurunan
  • Hasil investasi lebih sedikit dibandingkan anda melakukan investasi terpisah

Kesimpulan

Apapun produk investasi yang kami beli saat ini sah-sah saja selama produk investasi tersebut terdaftar dan diawasi oleh. Memiliki pengetahuan dasar akan investasi akan membuat anda lebih kritis dan tidak gampang mudah terpengaruh dengan omongan-omongan agen asuransi yang hanya menawarkan keuntungan tanpa menjelaskan resiko kerugian yang bisa saja anda alami. Sesuaikan segala kebutuhan dan tujuan investasi anda dengan cara mengenal terlebih dahulu karakteristik produk investasi yang ingin anda beli.


Sekian dulu artikel dari Budak Duit Indonesia kali ini yang membahas produk investasi dengan asuransi dari Unit Link. Semoga artikel kali ini menambah pengetahuan dan wawasan ada tentang produk investasi Unit Link. Anda bisa tinggalkan pesan dan komentar jika merasa suka dan terbantu dengan artikel kali ini. Terima kasih sudah membaca!.

Posting Komentar untuk "Mengenal Apa Itu Produk Investasi Unit Link"