Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Cashflow Quadrant Ciptaan Robert T Kiyosaki


Empat Kuadran Dalam Buku Robert T Kiyosaki "Rich Dad's Cashflow Quadrant: Guide to Financial Freedom"
Empat Kuadran Dalam Buku Robert T Kiyosaki "Rich Dad's Cashflow Quadrant: Guide to Financial Freedom"


Robert T Kiyosaki adalah seorang investor, usahawan, penulis dan motivator terkemuka di dunia. Robert T Kiyosaki menjadi terkenal dari buku-buku yang ditulisnya. Salah satu buku best seller dunia yang ditulisanya ialah "Rich Dad's Cashflow Quadrant: Guide to Financial Freedom".

Di dalam bukunya yang berjudul "Rich Dad's Cashflow Quadrant: Guide to Financial Freedom", Robert T Kiyosaki membagi golongan hidup seseorang berdasarkan pada sumber pemasukannya, ia membaginya ke dalam 4 kuadran, yaitu : 

  • Kuadran I E ( Employee/ pegawai)
  • Kuadran II S ( Self Employed/ pekerja lepas)
  • Kuadran III B ( Business Owner / pemiliki usaha)
  • IV I ( Investor / Penanam modal).
Adapun penjelasan dari empat kuadran tersebut ialah sebagai berikut :

E Singkatan Dari Employee 

Employe atau pegawai merupakan orang yang bekerja buat orang lain baik di instansi pemerintahan ataupun swasta, jabatan besar ataupun rendah, sipil mapun militer. Yang jelas mereka memiliki pendapatan setiap bulannya dan memiliki jam kerja yang sudah di tentukan. Orang yang ada di golongan ini sangat menyayangi keamanan kerja dan kestabilan finansial.


S Singkatan Dari Self Employed

Self emplolyed atau pekerja lepas merupakan golongan orang-orang yang cenderung lebih suka bekerja untuk diri mereka sendiri dan tidak terikat suatu instansi pemerintahan atau swasta. Contohnya ialah dokter, pengacara, akuntan publik, seniman, wiraswasta owner bisnis kecil dan lain-lain. Mereka menggemari kebebasan ekspresi serta berupaya melaksanakan segalanya sendiri menggunakanmetode mereka sendiri. Oleh sebab itu mereka perfeksionis. Sayangnya mereka kurang sanggup mendelegasikan pekerjaan kepada orang lain.


B Singkatan Dari Business Owner

Businss Owner atau pemilik binis, ialah golongan orang-orang yang memiliki bisnis yang cukup besar owner bisnis yang besar. Bisnis yang mereka miliki sudah bisa berjalan sendiri tanpa campur tangan yang cukup banyak dari si pemilik. Sang pemilik usaha memiliki kebebasan finansial dan waktu dikarenakan bisnis yang mereka miliki sudah dapat berjalan sendiri.


I Singkatan Dari Investor

Investor atau penanam modal ialah orang yang menginvestasikan duit mereka dalam jumlah ke dalam suatu perusahaan kemudian menemukan laba yang besar berkali lipat. Banyak orang menebak Investor terpaut bursa saham, obligasi. Tetapi nyatanya investasi juga terpaut pada manajemen usaha industri dengan mengaitkan kecerdasan finansial. Investasi merupakan zona bermain orang kaya di mana duit berbalik menciptakan duit.


Setelah itu mengkategorisasi keempat kuadran tersebut, Robert T Kiyosaki kemudian mengkategorisasikan kembali menjadi dua bagian, yaitu kuadran kiri yang terdiri dari pegawai serta pekerja lepas dan kuadran kanan yang mencakup pemilik bisnis serta investor.


Kuadran E serta S 

Golongan yang berada pada kuadran kiri merupakan golongan pekerja yang mencari uang langsung. Mereka akan mendapatka yang jika mereka bekerja dan tidak akan mendapatkan uang jika mereka tidak bekerja. Oleh sebab itu mereka terpaksa selamanya bekerja (walaupun terdapat pensiun). 

Kondisi buruk yang bisa mereka dapatkan dari golongan ini ialah saat mereka terkena musibah, PHK, sakit, ataupun meninggal dunia. Hal-hal tersebut otomatis akan mempengaruhi pendapatan mereka.


Kuadran B– I

Golongan kuadran kanan dimana orang-orang di kuadran ini para pelakunya tidak langsung mencari uang, melainkan membangun pondasi terlebih dahulu. Jika mereka sukses untuk membangun suatu pondasi, maka uang-uang akan terus mengalir dari pendapatan pasif atau biasa disebut passive income. 

Mereke akan memiliki lebih banyak waktu dan kebebasa jika sudah memiliki pendapatan pasif yang bisa mengcover seluruh gaya hidup dan biaya hidup mereka. Bila terdapat efek musibah mereka dapat prediksi dengan penyembuhan serta perawatan hidup yang mewah semacam di Televisi. Bila usaha atau investasi mereka tumbuh, mereka tidak  takut masa depan mereka, keluarga mereka serta generasi mereka selanjutnya.


Bagi Robert T. Kiyosaki kebebasan finansial beraada di kuadran kanan sebab peninggalan dari pondasi bisnis dan investasi yang sudah mereka buat sanggup untuk menghasilkan pemasukan pasif untuk menolong mereka dari permasalahan ekonomi yang terjadi di kehidupan seluruh orang. 

Oleh sebab itu dianjurkan seluruh orang memiliki target untuk ke kuadran kanan( walaupun realitasnya masing-masing orang menyukai kuadran mereka masing-masing). Buat masuk kuadran kanan, dianjurkan masuk kuadran B dahulu buat mempersiapkan uang  serta keahlian finansial. Dikarenakan Kuadran I membutuhkan banyak uang untuk modal. 

Posting Komentar untuk "Mengenal Cashflow Quadrant Ciptaan Robert T Kiyosaki"