Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Investasi Yang Tepat Untuk Melindungi Aset Dari Inflasi

Investasi Yang Tepat Untuk Melindungi Aset Dari Inflasi
Investasi Yang Tepat Untuk Melindungi Aset Dari Inflasi


Inflasi ialah kondisi dimana harga-harga barang secara umum mengalami kenaikan yang berkelanjutan. Kenaikan tersebut tentunya mempengaruhi nilai uang yang kita dapatkan. Semakin tinggi kenaikan infliasi, maka semakin turun juga nilai uang yang kita miliki.

Contohnya ialah misalnya di tahun lalu dengan uang 10 ribu rupiah anda bisa membeli mie instan sebanyak 5 bungkus, akan tetapi di tahun ini dengan nilai uang yang sama anda hanya bisa mendapatkan 3 bungkus mie instan saja.

Dengan menurunnya nilai mata uang terhadap harga suatu barang tentunya membuat anda harus memutar otak untuk mengembangkan uang yang anda dapatkan agar tidak tergerus inflasi. Berinvestasi merupakan salah satu cara yang umumnya orang lakukan untuk melindungi aset-aset yang mereka miliki dari pengaruh inflasi itu sendiri.

Pada artikel ini akan dibahas beberapa investasi yang bisa pilih agar aset atau uang yang anda miliki tidak menyusut dan tergerus inflasi yang selalu terjadi dari tahun ke tahun.


1. Investasikan Dana Tabungan Ke Deposito

Presentase Keuntungan Deposito Lebih Tinggi Daripada Inflasi
Presentase Keuntungan Deposito Lebih Tinggi Daripada Inflasi

Seperti yang kita tahu bunga tabungan perbankan di Indonesia terbilang sangat rendah yakni 0,25% hingga 2% saja per tahun, sedangkan inflasi sendiri berada di kisaran rata-rata 3.5% per tahun. Sehingga jika anda membiarkan uang anda mengendap dalam bentuk tabungan, sudah pasti uang tersebut akan tergerus inflasi setiap tahunnya.

Mengalokasikan dana tabungan yang kamu dalam deposito bisa jadi pilihan yang tepat. Bunga deposito rata-rata perbankan di Indonesia saat ini berada di kisaran rata-rata 3%-4,5% per tahunnya. Dari hal tersebut dapat kita simpulkan bahwa persentase bunga deposito jauh lebih besar dari pada persentasi nilai inflasi.

Hindari untuk menarik uang yang anda alokasikan ke dalam deposito untuk menghindari pinalti yang bisa merugikan anda pastinya. Anda hanya perlu menunggu sampai deposito tersebut sudah dalam masa jatuh tempo sehingga anda bisa menikmati hasilnya dan aset yang anda miliki terbebas dari gerusan inflasi atau bahkan bertambah.

2. Investasi Emas

Emas Merupakan Investasi Paling Aman Dan Populer
Emas Merupakan Investasi Paling Aman Dan Populer

Investasi emas merupakan investasi yang sangat populer dari dulu hingga sekarang. Hal tersebut tidak lain karena banyak keuntungan yang ditawarkan oleh emas itu sendiri, salah satunya ialah emas sendiri tidak tergerus inflasi dan harganya cenderung naik setiap tahunnya. Selain itu banyak juga yang percaya bahwa emas merupakan investasi aset yang aman.

Emas sendiri merupakan investasi jangka panjang, anda baru bisa menikmati hasil yang maksimal dalam 5-10 tahun kedepan. Selain itu jika suatu saat anda membutuhkan dana darurat secara cepat, anda bisa mencairkan aset emas emas yang anda miliki dalam waktu yan relatif singkat.

3. Aset Dalam Bentuk Properti

Properti Salah Satu Cara Bijak Untuk Mengamankan Aset Dari Inflasi
Properti Salah Satu Cara Bijak Untuk Mengamankan Aset Dari Inflasi

Mengkonversi aset kedalam bentuk properti bisa jadi cara yang tepat untuk melindungi aset anda dari gerusan inflasi. Di tempat yang strategis sebuah properti cenderung akan mengalami kenaikan yang signifikan setiap tahunnya. Umumnya kebanyakan orang akan berinvestasi aset properti dengan membeli sebuah rumah atau tanah. Hal tersebut dikarenakan rumah sendiri ialah kebutuh primer yang harus dimiliki semua orang dan harga tanah yang cenderung mengalami kenaikan setiap tahunnya.

Jika aset dalam berbentuk rumah dan tidak anda tinggali, anda tentunya bisa menyewakannya untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Anda hanya perlu pastikan biaya perawatan dan maintance rumah tesebut tidak membengkak dan bisa merugikan anda tentunya.


Sebenarnya masih ada beberapa investasi yang bisa anda pilih untuk melawan gerusan inflasi. Akan tetapi pada artikel kali ini Budak Duit Indonesia hanya memilih beberapa instrumen investasi yang cenderung memiliki resiko rendah untuk mengalami kerugian.

Sekian dulu artikel kali ini yang membahas beberapa investasi yang tepat untuk melindung aset-aset yang anda miliki dari pengaruh inflasi. Semoga artikel ini menambah referensi dan wawasan anda untuk mengelola aset dan uang yang anda miliki. Tinggalkan pesan dan komentar jika anda merasa terbantu dan suka dengan artikel kali ini. Terima kasih sudah membaca!.


Posting Komentar untuk "Investasi Yang Tepat Untuk Melindungi Aset Dari Inflasi"