Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Jenis Investasi Murah Dan Menguntungkan

5 Jenis Investasi Murah Dan Menguntungkan Yang Bisa Anda Pilih Dengan Modal 10 Juta Rupiah
5 Jenis Investasi Murah Dan Menguntungkan

Investasi saat ini merupakan salah satu penting yang sudah dimiliki oleh setiap orang yang memiliki penghasilan. Dengan berinvestasi setidaknya bisa memberi anda masa aman akan keuangan dimasa depan. Selain investasi juga merupakan salah satu cara untuk mengembangkan atau menambah aset anda.

Saat ini ada banyak sekali instrumen investasi yang dapat anda pilih. Anda hanya perlu menentukan investasi tersebut dengan tujuan dan kebutuhan investasi anda serta profil resiko yang anda miliki atau inginkan. 

Adapun beberapa jenis-jenis investasi yang dapat anda pilih jika saat ini anda memiliki uang menganggur atau modal investasi sebesar 10 juta rupiah.


5 Jenis Investasi Murah Dan Menguntungkan Yang Bisa Anda Pilih Dengan Modal 10 Juta Rupiah 


1. Investasi Saham

Investasi saham adalah investasi dimana kita membeli suatu saham atau bukti kepemilikan modal di suatu perusahaan dengan tujuan menjualnya kembali saat harganya naik ataupun sekedar untuk mendapatkan deviden. Investasi saham termasuk investasi yang paling menguntungkan tetapi diiringi juga dengan resiko yang besar untuk mengalami kerugian.

Untuk harga saham-saham yang beredar dipasar modal sangat bervariatif, mulai dari harga 50 rupiah sampai puluhan ribu rupiah. Jika anda ingin berinvestasi saham tentunya anda harus memiliki pengetahuan dan pengalaman yang cukup, serta siap dengan resiko untuk mengalami kerugian yang besar tentunya. 

Namun dengan modal 10 juta dan anda ingin mendapatkan keuntungan yang maksimal dan mengindari potensi kerugian. Anda bisa membeli saham-saham blue chip yang dinilai memiliki kinerja yang konsisten dan kapitalisasi pasar yang besar. Investasi pada saham blue chip akan semakin maksimal jika anda berinvesasi dalam jangka panjang.

2. Investasi Reksa Dana

Jika dirasa investasi saham tidak cocok untuk anda dikarenakan masih minim pengetahuan dan pengalaman dalam berinvestasi, maka reksa dana bisa jadi pilihan anda. Reksa Dana sendiri ialah instrumen investasi yang merupakan wadah tempat masyarakat menanamkan modalnya dimana modal yang telah terkumpulkan akan di kelola oleh seorang Manager Investasi dan dialokasikan ke produk-produk investasi yang tersedia.

Saat ini sudah banyak sekali platform-platfrom aplikasi yang bisa anda gunakan jika tertarik untuk berinvestasi reksa dana. Jadi anda tidak perlu repot-repot untuk mengunjungi kantor Manajer Investasi seperti zaman dulu. Anda dapat dengan mudah membeli reksa dana dan memantaunya hanya dari aplikasi yang bisa anda install di perangkat smartphone anda. Beberapa platform aplikasi reksa dana yang sudah terpercaya, seperti Bareksa, Bibit dan Tanamduit bisa jadi pilihan yang bijak untuk anda.

Produk-produk reksan dana sendiri memiliki jenis-jenisnya yang bisa disesuaikan dengan profil resiko investasi yang anda miliki, seperti reksa dana pasar uang, reksa dana obligasi ataupun reksa dana saham. Untuk membeli reksa dana pun saat ini sangat terjangkau, yaitu bisa dimulai dengan modal 10 ribu rupiah hingga jutaan rupiah.

3. Investasi Emas

Investasi emas bisa jadi investasi yang paling mudah dilakukan oleh semua orang. Investasi emas sendiri sangat digemari oleh orang-orang Indonesia dari zaman dulu dan masih sanga populer sampai sekarang. Hal tersebut dikarenakan harga emas yang stabil dan cenderung naik dari waktu ke waktu serta tidak terpengaruh dengan inflasi, sehingga investasi emas sendiri merupakan salah satu cara untuk mengamankan asset dari pengaruh inflasi itu sendiri.

Dengan modal 10 juta rupiah anda bisa membeli emas sampai dengan 10 gram. Dimana rata-rata kenaikan emas pertahunnya berkisar di 5%-10% dan bahkan bisa lebih dari itu di kondisi-kondisi tertentu. Bisa dibilang investasi emas merupakan salah satu investasi yang minim resiko dan bisa memberikan keuntungan yang pasti. 

4. Surat Berharga Negara (SBN)

Surat Berharga Negara (SBN) adalah Surat Utang Negara (SUN) dan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN). Dengan modal 10 juta tentunya anda sudah bisa untuk membeli surat berharga ritel yang diterbitkan pemerintah untuk masyarakat umum seperti sukuk maupun ORI. Untuk timbal balik keuntungan nya juga dinilai masih cukup lumayan, yaitu dikisaran 5,5-6,5% per tahun, bahkan ada yang bisa mencapat 9% atau lebih.

Selain itu investasi SBN sangat-sangat aman dikarenakan surat berharga ini sudah pasti dijamin oleh pemerintah dengan adanya Peraturan Bank Indonesia No.17/19/PBI/2015 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Bank Indonesia Nomor 10/13/PBI/2008 Tentang Lelang dan Penatausahaan Surat Berharga Negara.

5. Bisnis Waralaba

Berbisnis bisa juga termasuk dalam kategori investasi. Dengan modal 10 juta tentunya sudah cukup untuk membuka bisnis waralaba sederhana. Untuk saat ini sudah banyak sekali model-model bisnis waralaba dengan konsep yang sudah jadi dan langsung bisa anda gunakan atau franchise dengan harga yang terjangkau dan bisa menghasilkan profit yang maksimal.

Anda hanya perlu mencari tepat yang potensial dan cocok untuk bisnis waralaba yang anda usung. Contohnya jika anda ingin bisnis waralaba kopi, tentunya anda bisa mencari space kosong di daerah perkantoran, dikarenakan seperti yang kita tahu orang kantoran yang bekerja biasanya butuh asupan kafein untuk mendongkrak pikirannya.


Kesimpulan

Investasi apapun yang anda akan jalani nantinya akan berjalan lancar jika anda memiliki pengetahuan dan pengalaman yang cukup. Berusahalah untuk fokus pada satu instrument investasi saja sampai anda benar-benar sukses dan menguasainya. Fokuslah dengan tujuan dan kebutuhan investasi anda, jangan mudah tergiur dengan investasi instant yang menawarkan return yang tidak masuk akal. Sejatinya return yang besar selalu diiringi dengan resiko yang besar juga.


Sekian dulu artikel kali ini dari Budak Duit Indonesia yang membahasa beberapa investasi murah dan menguntungkan dengan modal 10 juta rupiah. Semoga artikel kali ini dapat menambah wawasan dan referensi anda dalam berinvestasi untuk masa depan yang lebih baik. Anda bisa tinggalkan pesan dan komentar jika merasa suka dan terbantu dengana artikel kali in. Terima kasih sudah membaca!.



Posting Komentar untuk "5 Jenis Investasi Murah Dan Menguntungkan"