Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merawat Kartu ATM Dengan Benar

Cara Merawat Kartu ATM Dengan Benar Ala Budak Duit Indonesia
Cara Merawat Kartu ATM Dengan Benar Ala Budak Duit Indonesia

Anjungan Tunai Mandiri atau sering kita sebut ATM adalah sebuah meisn yang melayani para nasabah dalam keperluan transaksi perbankan tanpa perlu lagi dilayani oleh seorang “Teller” atau manusia. Mesin ATM biasanya diletakkan di tempat-tempat strategi yang ramai, seperti mall, pom bensin, universitas, minimarket dan lainnya.

Setiap nasabah yang ingin menggunakan mesin ATM tentunya harus memiliki kartu ATM sebagai identitas bahwa mereka terdaftar sebagai nasabah dan memiliki rekening serta akses untuk melakukan segala transaksi perbankan menggunakan rekening tersebut.

Dikarenakan kegunaannya tersebut, kartu ATM tentunya perlu dirawat dengan baik agar tidak rusak dan terbaca dengan baik oleh mesin ATM. Kartu yang tidak dirawat dengan baik dan rusak akan berakibat gagalnya melakukan transaksi, tertelan oleh mesin ataupun harus repot ke bank untuk mengganti kartu baru.

Pada artikel kali ini Budak Duit Indonesia akan memberikan beberapa cara untuk merawat kartu ATM agar tidak cepat rusak dan terlihat terawat dengan baik.

Beberapa Cara Merawat Kartu ATM Dengan Benar Agar Awet Digunakan

1. Bersihkan Chip

Gambar Chip Pada Kartu ATM
Ilustrasi Chip Pada Kartu ATM

Salah satu hal yang bisa menyebabkan gagalnya transaksi di mesin ATM, ialah chip kartu ATM yang kotor atau tergores. Hal tersebut biasanya karena kartu ATM jarang dirawat dan dibersihkan atau tidak dijaga dengan baik.

Untuk solusinya agar chip bisa kembali bersih atau bebas goresan, kamu bisa menggunakan penghapus ataupun cotton bud. Caranya ialah kamu bisa mengosokkan penghapus atau cotton bud secara halus dan perlahan kepermukaan chip atau kuningan yang ada di kartu atm sampai dirasa sudah bersih atau tidak ada lagi bekas goresan.

2. Bersihkan Pita Magnetik

Ilustrasi Pita Magnetik Pada Kartu ATM
Ilustrasi Pita Magnetik Pada Kartu ATM

Hal lainnya yang bisa menyebabkan gagal nya transaksi di mesin ATM ialah hilangnya sensifitas mesin untuk mendeteksi kartu ATM. Hal tersebut biasanya terjadi dikarenakan pita magenetik pada kartu ATM yang kotor ataupun tergores sangat dalam, jika tergores sangat dalam sangat disarankan kamu untuk mengganti kartu baru ke pihak bank. Akan tetapi jika hanya kotor saja, kamu bisa mencoba membersihkannya dengan tissue atau kapas atau kain berbahan halus dengan cara mengusap-ngusap pita magnetik secara perlahan.

3. Simpan Di Dompet Khusus

Ilustrasi Dompet Khusus Untuk Menyimpan Kartu ATM
Ilustrasi Dompet Khusus Untuk Menyimpan Kartu ATM


Dompet ialah benda yang sering kita gunakan untuk menyimpan kartu ATM yang kita miliki. Usahakan untuk memilih domat dengan bahan bertekstur lebut dan halus akan. Hal tersebut tentunya untuk mencegah terjadinya gesekan dipermukaan chip atau pita magnetik. Selain itu pastikan kartu ATM tidak dicampur dalam satu tempat bersama dengan kartu-kartu lainnya.

4. Hindari Terkena Air Atau Lembab  

Ilustrasi Kartu ATM Terkena Air
Ilustrasi Kartu ATM Terkena Air

Tarolah kartu ATM ditempat yang aman dan terhindar dari air ataupun berada di dompet yang lembab dalam jangka waktu yang lama. Hal tersebut tentunya bisa mengakibatkan lapisan plastik yang membungkus kartu tersebut terkelupas. Jika bagian pelindung plastik terkelupas maka tidak ada lagi bahan yang melindung pita magnetik yang ada di dalam kartu tersebut dan bisa jadi tidak terbaca oleh mesin ATM saat digunakan.

5. Jangan Di Taruh Di Kantong Celana

Ilustrasi Kartu ATM Patah Karene Diduduki
Ilustrasi Kartu ATM Patah Karene Diduduki

Kita pasti pernah menaruh kartu ATM didalam saku celana atau baju jika buru-buru pergi sehabis melakukan transaksi di mesin ATM. Hal tersebut tentunya bukanlah hal yang bijak, karena sewaktu-waktu kartu tersebut bisa saja penyok ataupun patah saat tidak sengaja kita duduki ataupun saat memakai celanan yang ketat seperti celana jeans contohnya. Jika kartu ATM kita melengkung parah ataupun patah, tentunya harus pergi ke bank untuk mendapatkan kartu ATM yang baru.



Sekian dulu artikel dari Budak Duit Indonesia kali ini yang membahas cara merawat kartu ATM dengan baik dan benar. Semoga artikel kali ini bermanfaat bagi anda pada pembaca. Anda bisa tinggalkan pesan dan komentar jika merasa terbantu dan suka dengan artikel kali ini. Terima kasih sudah membaca!.


Posting Komentar untuk "Cara Merawat Kartu ATM Dengan Benar"