Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tentang Aplikasi Buku Kas : Aplikasi Pembukuan Gratis Untuk UMKM

Tentang Aplikasi Buku Kas : Aplikasi Pembukuan Gratis Untuk UMKM
Tampilan Dashboard Webstei BukuKas

Pencatatan pembukuan harian secara manual belakangan ini perlahan-lahan ditinggalkan oleh para pelaku usaha dikarenakan sudah tidak efektif dan efisien di zaman serba digital seperti sekarang ini. Berkembangnya suatus bisnis tentunya harus didukung dengan manajemen keuangan yang baik. Dengan manajemen keuangan yang baik para pelalu usaha bisa mengetahui dan mengontrol pemasukan dan pengeluaran uang agar usaha yang mereka jalankan dapat bertahan dan tidak mengalami kerugian.

Usaha Mikro Kecil Menengah atau UMKM adalah salah satu sektor penting yang menopang pertumbuhan ekonomi nasional sehingga sektor tersebut tentunya perlu mendapatkan dukungan dari semua pihak, bukan hanya pemerintah saja.

Tapi berdasarkan data terbaru yang didapatkan Kementerian Komunikasi dan Informatika saat ini baru sedikit pelaku UMKM yang memanfaaatkan teknologi dan aplikasi digital untuk mengembangkan bisnisnya.

Sebenarnya saat ini sudah banyak sekali aplikasi-aplikasi digital yang sudah tersedia dan dapat digunakan secara gratis untuk para pelaku UMKM untuk mengembangkan bisnisnya. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan dan direkomendasikan untuk melakukan pembukuan secara digital untuk sektor bisnis UMKM ialah aplikasi BukuKas.

Apa Itu Aplikasi BukuKas?

Aplikasi BukuKas Di Google Play Store
Aplikasi BukuKas Di Google Play Store

BukuKas adalah aplikasi pembukuan dan pengelolahan keuangan digital untuk bisnis UMKM.  Aplikasi ini dapat membantu para pelaku UMKM untuk melakukan pencatatan transaksi keuangan usaha sehari-hari, mulai dari transaksi penjualan, pembelian barang ke supplier, hutang atau piutang usaha, pengelolahan stock, transfer antar bank sampai ke pelaporan keuangan tersedia di aplikasi ini.

Keuntungan Menggunakan Aplikasi BukuKas

Adapun beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan jika menggunakan aplikasi BukuKas , diantaranya :
  1. Pencatatan keuangan harian secara digital menggunakan perangkat smarphone yang kamu miliki dan juga kamu bisa melakukan pengelolaan dan monotoring keuangan bisnis kapan saja dan dimana saja dengan bantuan aplikasi BukuKas dan juga koneksi internet.
  2. Mengurangi terjadinya kehilangan dan kerusakan data yang sering terjadi saat melakukan pencatatan manual dikeras, hal tersebut dikarenakan data transaksi yang sudah terbuat di aplikasi BukuKas akan disimpan didatabase.
  3. Mengatur dan mengelola pencatatan keuangan dengan adanya laporan keuangan yang mudah dimengerti oleh orang awam sekalipun.
  4. Kemudahan dalam memantau pencatatan hutang ke supplier ataupun piutang dari customer.

Fitur Dari Aplikasi BukuKas

Beberapa Fitur Dan Keunggulan Dari Aplikasi Buku Kas Untuk Para Pelaku UMKM
Beberapa Fitur Dan Keunggulan Dari Aplikasi Buku Kas Untuk Para Pelaku UMKM

Adapun beberapa fitur unggulan yang ditawarkan oleh aplikasi BukuKas kepada para pelaku UMKM jika menggunakan aplikasi ini , diantaranya :

1. Pencatatan Transaksi Penjualan

Catat seluruh transaksi penjualan harian di aplikasi BukuKas. Dengan fitur pencatatan transaksi penjualan harian, anda bisa langsung mengetahui keuntungan yang didapatkan setiap harinya dari seluruh transaksi penjualan yang sudah dilakukan.

2. Pencatatan Transaksi Pengeluaran

Masukkan seluruh pos-pos pengeluaran bisnismu, dengan fitur ini tentunya akan membantu anda untuk mengetahui besaran biaya yang sudah dikeluarkan untuk operasional bisnis.

3. BukuKasPay (Aman & Diverifikasi Bank Indonesia)

BukuKasPay membantumu untuk melakukan pembayaran ke supplier terhadap barang-barang yang sudah kamu beli dari mereka. Kamu juga bisa menerima pembayaran dari para customer menggunakan fitur ini. Tersedia juga gratis biaya transfer antar bank.

4. Link Pembayaran (Aman & Diverifikasi Bank Indonesia)

Kemudahan dengan opsi pembayaran yang beragam untuk para customer yang berbelanja di tokomu. Anda hanya perlu mengirimlan link pembayaran ke pelanggan. Jika di klik link tersebut akan menampilan total biaya yang perlu dibayarkan. Keunggulan pembayaran menggunakan link ialah bebas biaya transfer antar bank dan instant.

5. Pengelolaan Stok Barang

Kelola stock barang yang kamu miliki dengan adanya fitur ini. Kamu bisa menambahkan atau mengurangi jumlah produk yang tersedia di aplikasi untuk disesuaikan dengan stok real yang dimiliki saat ini.  Informasi stock barang akan terupdate secara otomatis dan siap untuk dijual.

6. Grafik Analisa Keuangan

Analisa keuangan binis secara detail dan lengka dalam bentuk tren grafik penjualan, pengeluaran dan keuntungan. Anda hanya perlu menentukan periode waktu grafik yang ingin dilihat.

7. Pencatatan & Pengingat Hutang Piutang

Pantau segala aktivitas piutang dan hutang secara berkala dan anda juga bisa mengatur pengingat untuk melakukan penagihan piutang ataupun pelunasan ke supplier sesuai dengan tanggal jatuh tempo. Ada juga fitur yang membantumu untuk mengirimp piutang atau hutang ke para pelanggan atau supplier via WhatsApp dan SMS.

8. Cetak Dan Kirim Invoice Digital

Kurangi pernggunaan kertas dan kirimkan invoice secara digital ke pada para pelangganmu menggunakan aplikasi ini. Kamu bisa mengirimkan invoice digital tersebut dalam bentu pesan via WhatsApp ataupun SMS. Sedangkan untuk cetak print secara fisik, kamu dapat menggunakan printer bluetooth dan koneksikan dengan perangkat mobilemu yang terpasang aplikasi BukuKas.

9. Pembukuan Terpisah

Jika kamu memiliki banyak cabang dan memiliki pengelolaan keuangan yang berbeda. Fitur pembukuan terpisah tersedia di aplikasi BukuKas ini. Dengan fitur ini kamu dapat mengelola dan memantau laporan keuangan dari masing-masing cabang.

10. Pencatatan Data Pembeli dan Supplier

Simpan seluruh data pembeli dan supplier dalam menu kontak yang tersedia di aplikasi BukuKas. Dengan miliki data pembeli dan supplier, tentunya bisa mempermudah kamu ketika mengirimkan bukti transaksi secara digital ataupun pengingan pembayaran piutang ataupun hutang via WhatsApp atau SMS.

11. Kartu Nama Digital

Promosikan bisnis yang sedang kamu kembangkan saat ini dan cari relasi bisnis lebih luas dengan adanya fitur karna nama digital dari aplikasi BukuKas.

12. Keamanan Data Terjamin

Seluruh data yang sudah kamu input akan tersimpan di dalam database server. Jadi anda tidak perlu khawatir akan kehilangan data, kerusakan data dan sebagainya, dikarekana semua data akan disimpan secara aman oleh Aplikasi BukuKas.


Beberapa Jenis Usaha Yang Cocok Menggunakan Aplikasi BukuKas

Pada dasarnya aplikasi buku kas ialah aplikasi untuk kasir dan pencatatan yang dilengkapi dengan fitur akuntansi. Jadi bisa dibilang aplikasi BukuKas ini hampir bisa digunakan oleh semua tipe usaha dan binis UMKM. Adapun diantaranya seperti :
  • Retail seperti toko kelontong, toko baju, toko online dan sebagainya
  • FnB seperti warung kopi, warteg, restoran kecil dan sebainya
  • Jasa seperti bengkel, kursus bimbel, kursus mobil, pangkas rambut, agen wisata dan sebagainya
  • Treatment seperti salon kecantikan, sauna atau spa, gym dan sebagainya


Aplikasi BukuKas sendiri hadir dalam langkah untuk membantu para UMKM maju dan berkembang serta bisa menghadapi tantangan bisnis global yang saat ini sudah beralih ke media digital. Aplikasi ini tentunya sangat direkomendasikan bagi para pelaku UMKM agar bisnis nya tetap bisa survive.

Aplikasi BukuKas sendiri sudah di download lebih dari 5 juta kali dan mendapat rating dan feedback yang sangat baik. Jika anda tertarik untuk menggunakan aplikasi ini anda bisa langsung mengunduhnya di Google Playstore untuk perangkat android dan di App Store untuk perangkat IOS. 




Posting Komentar untuk "Tentang Aplikasi Buku Kas : Aplikasi Pembukuan Gratis Untuk UMKM"