Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Menjadi Wanita Yang Mapan Dan Mandiri Secara Finansial


5 Cara Menjadi Wanita Yang Mapan Dan Mandiri Secara Finansial
5 Cara Menjadi Wanita Yang Mapan Dan Mandiri Secara Finansial


Gender saat ini bukan lagi menjadi alasan untuk seorang wanita mapan dan mandiri secara finansial. Memiliki karir sukses dan penghasilan yang cukup memiliki penghasilan  dapat dijadikan sebagai titik awal untuk menjadi financial-independet woman.

Seorang wanita yang mapan dan mandiri tentunya bisa menjadi backup, jika suatu saat keluarganya terkena masalah finansial. Selain itu mereka juga bisa menjadi inspirasi bagi kaum wanita lainnya untuk mencapai kesuksesan finansial yang mereka idam-idamkan.

Adapun beberapa tips menjadi wanita yang mapan dan mandiri secara finansial, adalah sebagai berikut :


1. Membangun Karir

Untuk menjadi mapan dan mandiri secara finansial tentunya kita harus memiliki pekerjaan sebagai pendapatan utama. Carilah pekerjaan yang memang benar-benar sesuai dengan passion kamu saat ini, agar tidak ada beban dalam menjalaninya. 

Tentunya akan lebih mudah udah membangun karier di bidang tersebut jika kita mempunyai passion. Kerjakanlah perkerjaan anda saat ini dengan giat dan teruslah belajar hal-hal baru untuk membangun karir anda saat ini untuk mendapatkan posisi dan penghasilan yang lebih baik.

2. Disiplin Mengelola Keuangan

Segalah uang yang kita dapatkan tentunya harus benar-benar dikelola dengan baik. Kamu bisa memulai untuk mengalokasikan uang-uang yang kamu dapatkan setiap bulannya ke pos-pos yang sudah kamu tentukan.

Cobalah untuk membuat anggaran belanja bulanan agar siklus finansialmu lebih tertata dan bisa dikontrol. Tentunya kamu tidak ingin uang yang sudah kamu dapatkan dengan susah payah hilang begitu saja untuk hal-hal yang cenderung tidak berguna ataupun konsumtif.

3. Konsisten Menabung

'Sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit' istilah tersebut tentunya tidak asing lagi dan sering kita dengar dari dulu sampai sekarang. Jika sudah memiliki pendapatan, tentunya kamu jangan lupa untuk mengalokasikan beberapa persen gajimu untuk ditabung.

Idealnya kamu bisa mengalokasikan 10% sampai dengan 30% dari gaji yang kamu dapatkan tiap bulannya untuk rutin ditabung. Cobalah untuk membuat rekening khusus untuk tabungan terpisah dengan rekening utama, agar uang yang sudah tabung tidak tercampur.

4. Berinvestasi

Jika kamu sudah bisa rutin menabung, cobalah untuk masuk ke dunia investasi. Dengan berinvestasi aset-aset yang kamu miliki akan terus berkembang dari waktu ke waktu dengan catatan kamu memilih instrument investasi yang tepat.

Dizaman serba digital seperti sekarang ini tentunya membuat kamu lebih mudah untuk berinvestasi dengan variasi instrument investasi yang beragam juga. Jadi bisa dibilang saat ini cukup mudah untuk berinvestasi bahkan untuk wanita sekalipun.

5. Kurangi Pengeluaran

Waktu adalah sesuatu yang berharga dan tidak bisa kita ulang. Manfaatkan sebaik-baiknya apa yang sudah kamu dapatkan dan kumpulkan selama ini dari hasil bekerja. Jangan sia-siakan uang yang sudah kamu dapatkan saat ini untuk dihambur-hamburkan dengan membeli barang-barang yang tidak kamu perlukan.

6. Fokus Ke Tujuan Jangka Panjang Finansial

Setiap hal yang kita lakukan tentunya memiliki tujuan akhir. Jika saat ini kamu sudah mempunyai tujuan, maka fokuslah untuk tujuan tersebut. Jika tujuan kamu dalam 5 tahun kedepan sudah bisa memiliki rumah sendiri, maka siapkan dan jalankan strategi yang sudah kamu buat untuk mencapat tujuan tersebut.

7. Work Life Balance

Bekerja keras bukan berarti anda lupa bahwa diri anda juga istirahat dan hiburan. Bekerja lah sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan setiap harinya. Usahakan setiap perkerjaan-pekerjaan tersebut selesai sesuai tepat waktu agar kamu tidak perlu lembur.

Dengan work life balance tentunya kesehatan fisik dan mental akan tetap terjaga dengan baik dan tentunya kamu tidak mudah sakit atau stress. Usahakan bekerja, istirahat, hiburan dan sebagainya tetap pas sesuai dengan takarannya agar kualitas hidup anda tetap terjaga.

8. Membangun Bisnis Sendiri

Tujuan akhir dari kemapanan dan mandiri secara finansial ialah saat kamu sudah bisa menggaji dirimu sendiri dan tidak tergantung kepada perusahaan ataupun orang lainnya. Kamu bisa menentukan sendiri berapa banyak uang yang kamu hasilkan, berapa lama kamu bekerja setiap harinya dan kapan kamu bisa liburan sesukanya.

Cara tersebut tentunya bisa kamu capai jika kamu bisa membangun dan memiliki usaha sendiri. Cobalah gunakan aset-aset yang selama ini sudah kamu kumpulkan untuk membuat sebuah bisnis yang nantinya akan kamu jalankan.

Kamu bisa gunakan segala sesuatu yang kamu sudah pelajari selama bekerja untuk dijadikan sebagai pondasi untuk bisnis yang kamu buat nantinya.



Menjadi seorang wanita yang mapan dan mandiri tentunya akan membuat kamu tidak terlalu bergantung kepada keluarga ataupun kaum pria. Selain itu tentunya kamu bisa menjadi sosok perempuan yang bisa diandalkan, jika suatu saat orang-orang disekitarmu membutuhkan bantuan.

Sekian dulu artikel dari Budak Duit Indonesia kali ini yang membahas beberapa cara yang bisa dilakukan kaum wanita untuk mencapai kemapanan dan kemandirian secara finansial. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan menambah wawasan untuk kamu wanita-wanita karir yang ingin mencapai kemapanan dan kemandirian dalam hidup. 

Kamu bisa tinggalkan pesan dan komentar positif jika merasa suka dan terbantu dengan artikel kali ini. Terima kasih sudah membaca!.


Posting Komentar untuk "5 Cara Menjadi Wanita Yang Mapan Dan Mandiri Secara Finansial"