Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutorial Membeli Reksadana Di Aplikasi Bibit

Tutorial Membeli Reksadana Di Aplikasi Bibit Menggunakan Fitur Robo Advisor
Tutorial Membeli Reksadana Di Aplikasi Bibit Menggunakan Fitur Robo Advisor


Setelah anda berhasul melakukan registrasi awal di aplikasi Bibit dan telah memiliki akun  Bibit, langkah selanjutnya ialah melakukan pembelian reksadana pertama anda di aplikasi Bibit. Jika anda belum mendaftar dan belum memiliki akun bibit, anda bisa mencoba melakukan langkah-langkah pada artikel berikut ini "Cara Mudah Dan Cepat Registrasi Akun Reksa Dana Bibit Di Perangkat Smartphone".

Tutorial Membeli Reksadana Di Aplikasi Bibit Menggunakan Fitur Robo Advisor

Untuk melakukan pembelian reksa dana di aplikasi bibit sebenarnya ada dua cara berbeda yang bisa digunakan, yaitu : 
  1. Pembelian Reksadana Bibit Menggunakan Robo Advisor
  2. Pembelian Reksadana Bibit Menggunakan Cara Mandiri
Pada artikel kali Ini Budak Duit Indonesia akan membahas cara melakukan pembelian reksadana di aplikasi Bibit menggunakan fitur Robo Advisor.

Membeli Reksadana Pertama Anda Menggunakan Fitur Robo Advisor Di Aplikasi Bibit

Seperti yang kita tahu aplikasi Bibit diciptakan untuk para investor pemula yang tertarik untuk terjun didunia investasi yang belum mempunyai pengalaman dan meminimalis kerugian yang bisa didapatkan oleh investor pemulai tersebut. Oleh karena itu Bibit sendiri sudah menyiapkan fitur khusus yaitu Robo Advisor.

Fitur Robo Advisor memiliki fungsi untuk membantu para investor pemula untuk merangcang dan membangun portofolio mereka berdasarkan umur, profil resiko dan tujuan investasi itu sendiri. Teknologi Robo Advisor itu sendiri didukung oleh riset pemenang Nobel Prize yang dirancang oleh Harry Markowitz dan dinamakan dengan Modern Portfolio Theory.

Fitur Robo Advisor memberikan tiga rekomendasi reksa dana, yaitu reksdana pasar uang, reksadana obligasi dan reksadana saham sesuai dengan profil resiko dari investor itu sendiri. Untuk sekedar info profil resiko di dapatkan dari hasil kuesioner yang diisi pada saat pertama kali melakukan pendaftaran (dapat dirubah dengan melakukan perubahan profil resiko).

Sebagai contoh saya memiliki profil resiko 10 atau termasuk portofolio agresif  seperti gambar screenshot dibawah ini :

Contoh Screenshot Profil Resiko Bibit
Contoh Screenshot Profil Resiko Bibit

Dimana pada gambar tersebut terdapat informasi bahwa jika kita membeli investasi menggunakan fitur Robo Advisor. Anggap saja disini saya memiliki dana investasi sebesar satu jura rupiah, maka dana investasi saya akan disalurkan ke reksadana tersebut dengan komposisi :
  • 70% dana investasi akan disalurkan ke reksadana saham, yaitu produk reksadana saham BNI-AM IDX 30 sebesar 700rb rupiah
  • 20% dana investasi akan disalurkan ke reksadana obligasi, yaitu produk reksadana obligasi ABD Indonesia Bond Index Fund sebesar 200rb rupiah
  • 10% dana investasi akan disalurkan ke reksadana pasar uang, yaitu produk reksadana pasar uang Sucorinvest Sharia Money Market Fund sebesar 100rb rupiah.

Setelah anda paham dengan cara kerja dari fitur Robo Advisor. Hal yang dibahas selanjutnya ialah turorial melakukan pembelian reksadana menggunakan fitur Robo Advisor di aplikasi Bibit. Adapun lankah-langkahnya ialah sebagai berikut ini :

Langkah 1. Buka Aplikasi Bibit dan "Login" Menggunakan Akun Yang Sudah Didaftarkan

Klik Tombol Login Untuk Masuk Ke Aplikasi Bibit
Klik Tombol Login Untuk Masuk Ke Aplikasi Bibit

Langkah 2. Klik Tombol "Investasi Sekarang" Untuk Melakukan Pembelian Reksadana Menggunakan Fitur Robo Advisor Berdasarkan Komposisi Profil Resiko Investasi.

Klik Tombol Investasi Sekarang
Klik Tombol Investasi Sekarang

*Catatan : Disini anda dapat mengubah produk-produk investasi dari reksadana pasar uang, obligasi ataupun saham dengan mengklik langsung salah satu reksadana yang ditampilkan dan mengisi komposisi tersebut dengan produk-produk reksadana yang anda inginkan (jadi tidak terpaku pada produk investasi-investasi yang robo advisor rekomendasikan akan tetapi komposisi presentasi investasi tetap sama, untuk mengubah komposisi seperti yang dijelaskan diawal, yaitu dengan mengulang kuesioner profil resiko dengan cara mengklik text "Ubah")

Langkah 3. Masukkan Nominal Uang Yang Anda Investasikan Ke Reksadana Bibit, Dimana Nominal Investasi Tersebut Akan Dipecah Ke Tiga Reksadana Sesuai Dengan Komposisi Masing-Masing Reksadana, Jika Sudah Terkan Tombol "Beli" Untuk Memproses Ke Tahap Selanjutnya.

Input Nominal Pembelian Reksadana Lalu Klik Tombol Beli
Input Nominal Pembelian Reksadana Lalu Klik Tombol Beli


*Catatan : Lakukan pembelian sesuai dengan minimal pembelian ataupun diatasnya. Anda juga dapat menggunakan cashback yang anda miliki.

Langlah 4. Baca Syarat Dan Ketentuan Yang Berlalu Dari Pembelian Reksadana Yang Anda Lakukan, Lakukan Ceklist Konfirmasi Jika Anda Setuju Dan Tekan Tombol "Bayar Sekarang".

Konfirmasi Syarat dan Ketentuan Yang Berlaku, Klik Tombol Beli Sekarang Jika Setuju
Konfirmasi Syarat dan Ketentuan Yang Berlaku, Klik Tombol Beli Sekarang Jika Setuju

*Catatan : Baca syarat dan ketentuan yang berlaku dengan teliti sebelum anda lanjut ke tahap selanjutnya.


L angkah 5. Pilih Metode Pembayaran Yang Ingin Anda Gunakan Lalu Klik Tombol "Beli".

Pilih Metode Pembayaran Lalu Klik Tombol Bayar
Pilih Metode Pembayaran Lalu Klik Tombol Bayar

*Catatan : Anda dapat mendapatkan keuntungan berupa cashback dari promo-promo yang ditawarkan dari masing-masing metode pembayaran.



Langkah 6. Lakukan Pembayaran Sesuai Dengan Metode Pembayaran Yang Anda Pilih, Jika Berhasil Akan Muncul Notifikasi Di Aplikasi Bibit Serta Email Pemberitahuan.



*Catatan : Dana pembelian akan masuk ke portofolio investasi reksadana anda jika status pembelian sudah berhasil dan biasanya paling lama 2 hari kerja. Anda bisa mengecek status pembelian anda di menu transasi lalu ke halaman order. Jika transaksi pembelian sudah berhasil , maka transaksi pemeblian anda akan berpindah dari halaman order ke halaman history.

Langkah 7. Jika Pembelian Sudah Berhasil Dan Status Order Sudah Menjadi "Pembelian Berhasil" Maka Dana Investasi Sudah Masuk Ke Aplikasi Bibit Dan Bisa Di Cek Di Halaman Portofolio Aplikasi Bibit.

Halaman Portofolio Bibit
Halaman Portofolio Bibit


Sekian dulu artikel Budak Duit Indonesia kali ini mengenai "Tutorial Membeli Reksadana Di Aplikasi Bibit Menggunakan Fitur Robo Advisor". Semoga artikel kali ini bisa membantu anda yang baru pertama kali menggunakan aplikasi Bibit sebagai media investasi anda. Tinggalkan pesan dan komentar jika ada pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel kali ini. Terima kasih sudah membaca!.

Posting Komentar untuk "Tutorial Membeli Reksadana Di Aplikasi Bibit"