Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alasan Reksa Dana Ramah Untuk Investor Pemula

Alasan Reksa Dana Ramah Untuk Investor Pemula
Alasan Reksa Dana Ramah Untuk Investor Pemula


Banyak yang bilang reksa dana adalah produk invetasi yang ramah untuk investor pemula. Pernyataan tersebut bisa saja diiyakan  oleh para perencana keuangan ataupun pengamat investasi  dan setuju dengan alasan-alasan tertentu.

Seperti yang kita tahu berinvetasi bukanlah perkara yang mudah. Setiap produk ataupun instrument investasi memiliki resiko yang berbeda-beda. Untuk seorang investor pemula pasti takut dan cenderung menghindari namanya mengalami kerugian di investasi perdananya karena kurangnya pengalama dan pengetahuan dalam berinvestasi.

Jika anda seorang investor pemula dan merasakan hal yang sama dari pernyataan diatas, mungkin reksa dana merupakan pilihan investasi yang cocok untuk anda.


Apa Itu Reksa Dana?

Reksa dana sendiri secara sederhana bisa diartikan sebagai suatu wadah yang bisa dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat atau investor dimana dana yang sudah terkumpul tersebut selanjutnya diinvestasikan atau disalurkan ke dalam portofolio Efek oleh Manajer Investasi.

Reksa dana sendiri hadir sebagai salah satu alternatif produk investasi bagi masyarakat khususnya orang-orang yang baru terjun kedalam dunia investasi dengan modal terbatas serta pengalaman dan pengetahuan yang minin tentang dunia investasi itu sendiri. Reksa dana juga sangat cocok bagi anda yang ingin berinvetasi tapi tidak memiliki waktu untuk mengelola dan memantau investasi yang sudah anda lakukan setiap saat.

Adapun harapan akan hadirnya produk invetasi reksa dana itu sendiri ialah menambah dan meningkatkan para pemodal atau investor lokal untuk mulai berinvestasi di pasar modal Indonesia.

 

Beberapa Alasan Reksa Dasa Sangat Ramah Dan Cocok Untuk Para Investor Pemula Yang Baru Mulai Untuk Mencoba Berinvetasi

Berinvestasi Reksa Dana Sejak Dini Untuk Mencapai Segala Impianmu
Berinvestasi Reksa Dana Sejak Dini Untuk Mencapai Segala Impianmu

1. Peran Manager Investasi

Dengan adanya reksa dana para investor tidak perlu takut akan berinvestasi karena pengalaman dan pengetahuan yang terbatas ataupun tidak memiliki waktu yang cukup untuk memantau investasi yang sudah dilakukan dikarenakan adanya peran Manager Investasi (MI) yang mengelola dana investasi anda.

2. Reksa Dana Investasi Resmi

Segala hal yang berkaitan dengan reksa dana sudah diatur dalam Undang-undang (UU) No. 8 Tahun 1995 tentang Pasar Modal (UUPM), tepatnya pada Pasal 1 Angka 27. Karena pengelola reksa dana yang tercata di OJK juga berbentuk PT, peraturan reksadana terkait dengan UU No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas. Di reksadana yang dikelolaperseroan, dana investor bakal terbagi ke dalam saham-saham. 

Jadi sudah jelas bahwa reksa dana sendiri merupakan investasi resmi yang diatur oleh undang-undang yang berlaku di Indonesia, sehingga para investor yang tertarik untuk berinvestasi tidak perlu ragu lagi ataupun takut tertipu.

3. Mudah Dipantau Kapanpun Dan Dimanapun

Saat ini dengan bantuan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi kita dipermudah untuk melakukan pengecekan dana investasi kita tanpa perlu ke kantor pengelola reksdana yang kita gunakan. Hampir semua perusahaan pengelola reksa dana sudah memiliki aplikasi yang ditujukan untuk para investornya sehingga mereka bisa memantau portofolio investasinya kapanpun dan dimanapun dari aplikasi yang sudah mereka install di perangkat mobile smartphonenya.

4. Modal Investasi Yang Terjangkau

Berbeda dengan saham dimana anda harus mengeluarkan dana yang cukup besar, contohnya anda ingin membeli saham Bank BCA dimana harga saham nya mempunyai nilai yang tinggi untuk satu lot yang bisa mencapat tiga jutaan. Dengan reksa dana jika anda ingin memiliki dan berinvestasi di Bank BCA dengan modal ratusan ribu saja. Karena pengertian reksa dana itu sendiri, seperti kita sedang patungan dengan investor-investor lainnya untuk membeli saham.

5. Resiko Investasi Rendah

Untuk investor pemula biasanya cenderung melakukan kesalahan-kesalahan dalam berinvestasi karena kurangnya pengatahuan dan pengalaman. Tentunya kesalahan-kesalahan tersebut berujung pada kerugian. Akan tetapi jika anda berinvetasi di reksa dana anda tidak perlu takut akan resiko kerugian yang besar, karena sejatinya dana yang sudah kita setorkan akan dikelola oleh Manager Investasi yang sudah berpengalaman. Jadi anda hanya tinggal setor, memantau reksa dana anda dari aplikasi dan mendapatkan keuntungan.

Kesimpulan

Saat ini bisa dibilang sudah banyak sekali kemudahan-kemudahan yang bisa kita dapatkan jika kita tertarik untuk memulai berinvetasi. Salah satunya ialah produk investasi reksan dana. Sudah banyak platform-platform penyedia layanan investasi reksa dana yang sudah terkenal, contohnya seperti :
Selagi masih mudah dan memiliki penghasilan cobalah untuk berinvestasi sejak dini untuk masa depan keuangan yang lebih baik dan tentunya mendukung perusahaan-perusahaan nasional untuk berkembang.


Sekian dulu artikel dari Budak Duit Indonesia kali ini yang membahas tentang alasan-alasan mengapa reksa dana merupakan produk investasi yang ramah untuk investor pemula. Semoga artikel kali ini bisa menambah referensi dan wawasan anda jika saat ini sedang tertarik dan mencari produk investasi yang sesuai dengan profil resiko anda. Tinggalkan pesan dan komentar jika anda suka dan merasa terbantu dengan artikel kali ini. Terima kasih sudah membaca!.

Posting Komentar untuk "Alasan Reksa Dana Ramah Untuk Investor Pemula"