Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Investasi Dengan Modal Kecil Dan Aman

Jenis Investasi Dengan Modal Kecil Dan Aman
Jenis Investasi Dengan Modal Kecil Dan Aman

Saat ini sudah banyak orang-orang di Indonesia yang tertarik untuk memulai berinvestasi dengan tujuan yang beragam tentunya. Mereka biasanya disebut para investor pemula atau orang-orang yang baru terjun ke dunia investasi. Akan tetapi masih banyak investor pemula yang lebih memilih berinvestasi dengan modal kecil sembari mempelajari instrument investasi lain yang bisa memberikan keuntungan yang lebih besar ataupun cocok dengan kriteria investasi yang mereka inginkan. 

Apabila kamu tertarik untuk memulai belajar investasi dengan modal yang kecil atau terbatas. Kamu bisa memulainya dengan mencoba jenis-jenis investasi sebagai berikut :

Jenis Investasi Dengan Modal Kecil Dan Aman Untuk Investor Pemula

1. Reksa Dana

Investasi Dengan Modal Kecil Dan Aman - Reksa Dana
 Investasi Dengan Modal Kecil Dan Aman - Reksa Dana


Reksa Dana adalah jenis investasi jenis investasi yang dapat anda pilih jika saat ini anda ingin berinvestasi dengan modal kecil atau memiliki modal yang terbatas. Reksa dana sendiri bisa diartikan sebagai wadah atau tempat untuk mengumpulkan uang dari berbagai investor dimana uang-uang tersebut akan disalurkan kebeberapa instrumen-intrumen investasi yang ada di pasar modal.

Anda tidak perlu khawatir jika anda sama sekali tidak memiliki pengetahuan atau pengalaman berinvestasi sebelumnya, hal tersebut dikarenakan dana yang anda berikan akan dikelola oleh Manajer Investasi (MI). Anda hanya perlu mengecek track record si Manajer Investasi (MI) untuk mempercayakan modal anda dan selebihnya hanya tinggal menunggu investasi tersebut memberikan keuntungan.

Untuk modal awal berinvestasi sendiri cukup terjangkau dimana anda bisa memulainya dengan uang puluhan ribu rupiah saja.

2. Investasi Emas

Investasi Dengan Modal Kecil Dan Aman - Investasi Emas
 Investasi Dengan Modal Kecil Dan Aman - Investasi Emas


Invesatasi emas merupakan jenis investasi yang selalu menjadi pilihan para investor pemula. Hal tersebut dikarenakan harga emas yang cenderung mengalami kenaikan dan invetasi jenis ini tidak rumit seperti jenis-jenis investasi lainnya. Investasi emas sendiri bisa dibilang investasi jangka panjang, karena hasil keuntungannya bisa dirasakan secara maksimal dalam waktu 5 tahun keatas.

Investasi emas bisa dimulai dengan modal ratusan ribu rupiah untuk membeli beberapa gram emas. Akan tetapi saat ini sudah tersedia metode investasi tabungan emas dimana metode ini mempermudah anda untuk memiliki atau berinvestasi emas dengan modal yang terbatas dengan cara dicicil atau ditabung.

3. Surat Utang Negara (SUN)

Investasi Dengan Modal Kecil Dan Aman - Surat Utang Negara (SUN)
Investasi Dengan Modal Kecil Dan Aman - Surat Utang Negara (SUN)

Surat Utang Negara atau sering disingkat SUN merupakan salah satu jenis investasi yang cocok untuk para investor pemula yang sangat aman dan cukup terjangkau. Sukuk Tabungan (ST) dan Savings Bond Ritel (SBR) adalah dua produk surat utang yang dirilis pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dimana surat utang tersebut akan ditawarkan kepada masyarakat yang berminat untuk meminjamkan uangnya dalam jangka waktu tenor 2 tahun.

Para investor atau pemilik modal yang meminjamkan uangnya ke negara akan mendapatkan imbalan berupa suku bunga, dimana pada umumnya mengikuti suku bunga acuan dari Bank Indonesia (BI). Jadi Suku bunga akan naik jika sukuk bunga dari Bank Indonesia (BI) mengalami kenaikan. Investasi ini sangat aman karena dijamin oleh negara indonesia sendiri dan cukup terjangkau dengan modal awal dari satu juta rupiah.


Memilih investasi yang tepat dan sesuai dengan kriteria masing-masing adalah hal yang pertama kal anda lakukan jika tertarik untuk terjun dan memulai berinvestasi. Cobalah untuk fokus kesalah satu jenis investasi yang ingin anda kuasai. Dengan memilih satu jenis investasi saja tentunya akan membuat anda lebih fokus dan tentunya membuat pengetahuan dan pengalaman anda makin terasah sebagai seorang investor.


Sekian dulu artikel dari Budak Duit Indonesia yang berjudul "Jenis Investasi Dengan Modal Kecil Dan Aman". Semoga artikel kali ini bisa menambah referensi anda tentang dunia investasi di Indonesia. Anda bisa tinggalkan pesan dan komentar jika suka dan merasa terbantu dengan artikel kali ini. Terima kasih sudah membaca!




Posting Komentar untuk "Jenis Investasi Dengan Modal Kecil Dan Aman"