Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Investasi Diri Sendiri Secara Mandiri

Cara Investasi Diri Sendiri Secara Mandiri
Cara Investasi Diri Sendiri Secara Mandiri


Setiap orang tentunya ingin dirinya lebih baik dan selalu naik satu level ke level berikutnya untuk meningkatkan value dirinya sendiri. Dengan meningkatkan value dari diri sendiri tentunya akan membuat diri anda mendapatkan kesempatan yang lebih baik lagi daripada yang anda miliki saat ini, salah satu contohnya ialah kenaikan jabatan atau karir. Dengan kenaikan jabatan atau karir tentunya akan menambah pendapatan atau gaji dan lebih besar tentunya daripada posisi sebelumnya.

Investasi diri sendiri ialah segala macam cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan value diri sendiri yang kita miliki saat ini. Untuk meningkatkan value tersebut ada yang bisa dilakukan dengan bantuan orang lain ataupun lembaga dan ada juga yang dapat kita lakukan secara mandiri.

Pada artikel kali ini Budak Duit Indonesia sudah merangkum beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk investasi diri sendiri secara mandiri tanpa tergantung bantuan dari orang lain ataupun lembaga. Adapun beberapa cara yang dapat kamu lakukan seperti :


1. Membaca

Membaca adalah membuka jendela dunia, dengan membaca kita akan mendapatkan pengetahuan lebih ataupun pengalaman yang pernah dialami oleh sang penulis. Membaca merupakan salah satu kegiatan positif dan produktif yang bisa kita lakukan dimana saja dan kapanpun kita ada waktu luang. Selain menambah wawasan dan pengetahuan, membaca juga dapat meningkatkan kemampuan komunikasi anda. Hal tersebut dikarenan dengan membaca, kamu akan memiliki kosakata yang luas dan dapat digunakan dalam pembicaraan sehari-hari ataupun public speaking. Jadi mulailah untuk aktif membaca agar kamu dapat cepat naik level ke level selanjutnya.


2. Berlatih Public Speaking

Mungkin anda tidak asing dengan istilah public speaking. Kemampuan public spreak saat ini sudah menjadi salah satu skill yang penting dimiliki saat ini. Public speaking ialah kemampuan komunikasi untuk menyampaikan sesuati secara langsung di depan public atau dihadapan orang banyak. Contoh kegiatan public speaking yang sering kita lakukan dulu waktu sekolah ialah melakukan presentasi didepan kelas. Kemampua public speaking sendiri bisa diasah dengan melakukan latihan-latihan dan aktif untuk terus mencoba berbicara didepan public.

Public speaking akan membuatmu lebih percaya diri , berfikir kristis, berani untuk menyampaikan ide-ide dan tentunya anda akan dinilai sebagai orang yang kompeten di lingkusan sekitar dan lingkungan pekerjaan. 


3. Menulis

Menulis bisa menjadi kegiatan produktifitas yang dapat anda lakukan diwaktu luang selain membaca. Kita bisa menyalurkan ide, gagasan, ekspresi, pengalaman pribadi, atapun perasaan yang kita rasakan saat ini kedalam sebuah tulisan. Semua tulisan yang sudah kamu ciptakan bisa disimpan untuk diri sendiri ataupun dibagikan kepada orang lain dalam bentuk bentuk buku konvensinal ataupun dalam bentuk digital seperti E-Book ataupun Blog/Website.

Adapaun beberapa manfaat yang kamu dapatkan dari menulis untuk dirimu sendiri, diantarnya :
  • Meningkatkan kreativitas dan produktivitas
  • Wadah untuk menuangkan perasaan ataupun emosi
  • Menjadi terorganisir
  • Memperkuat daya ingat
  • Meningkatkan kemampuan dalam berkomunikasi dan menambah kosakata
  • Menghasilkan uang dari menulis buku atauapun blog
  • Dikenal dan membantu banyak orang dengan tulisan yang kamu buat

4. Belajar Bahasa Asing

Sadar atau tidak saat ini hampir seluruh lowongan kerja mencantumkan atau mewajibkan bahasa asing seperti bahasa inggris, mandarim dan sebagainya sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan posisi yang ditawarkan. Mempelajari bahasa asing tentunya akan menambah valuemu didunia kerja dan tentunya bisa mereferensi dirimu untuk mendapatkan kesempatan yang lebih dari yang bisa kamu dapatkan saat ini. 

Banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk mulai belajar bahasa asing secara mandiri dan otodidak, diantaranya seperti membaca buku, menonton film asing, mendengarkan lagu atapun berlatih untuk berbicara basah inggris di platform digital yang mendukung kita untuk berbicara dengan orang dari luar negri. Adapaun kunci urama dari belajar bahasa asing ialah membaca, mendengar lalu mempraktekkannya.

5. Mulai Berbisnis

Tidak ada yang bisa menjamin bahwa kamu akan berkerja sampai diusia pensiun, masih ada kemungkinan bahwa kamu dipecat ataupun tidak bekerja dikarenakan suatu hal. Mulai berbisnis ataupun memiliki usaha sendiri ialah salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk naik level ketahap selanjutnya, dari level pekerja menjadi seorang pengusaha.

Dengan berbisnis tentunya banyak sekali pengalaman dan pelajaran yang kamu dapatkan. Banyak sekali orang-orang sukses dan terkenal dengan mempunyai dan mengelola bisnisnya sendiri. 



Berinvestasi kepada diri sendiri merupakan investasi yang paling aman dan tidak memiliki potensi untuk mengalami kerugian dibandingkan metode investasi lainnya. Dengan berinvestasi kepada diri sendiri akan menambah value yang kamu miliki saat ini dan tentunya membuatmu untuk mendapatkan kesempatan yang lebih dari yang bisa kamu dapatkan saat ini. Tidak seperti investasi kebanyakan yang membutuhkan modal, investasi diri sendiri dapat dilakukan secara gratis dan bisa dilakukan secara mandiri tentunya.


Sekian dulu artikel Budak Duit Indonesia kali ini tentang "Cara Investasi Diri Sendiri Secara Mandiri". Semoga artikel kali ini dapat membantu anda untuk naik level ke tahap selanjutnya dan menambah value anda. Anda bisa tinggalkan pesan dan komentar jika anda suka dan merasa terbantu dengan artikel kali ini. Terima kasih sudah membaca!.


Posting Komentar untuk "Cara Investasi Diri Sendiri Secara Mandiri"