Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Sederhana Orang Kaya Menjadi Kaya

7 Cara Sederhana Orang Kaya Menjadi Kaya
7 Cara Sederhana Orang Kaya Menjadi Kaya

Saya meyakini bahwa untuk menjadi kaya bisa didapatkan dari tiga berikut, diantaranya :
  1. Menjadi kaya karena proses 
  2. Menjadi kaya karena warisan
  3. Menjadi kaya karena keberuntungan
Dari ketiga hal tersebut saya meyakini bahwa orang kaya akan tetap menjadi kaya jika melalui cara yang pertama. Karena orang-orang yang menjadi kaya dengan cara pertama sudah pasti tahu cara mengelola pengeluaran dan memanfaatkan aset yang ada bahkan sebelum ia menjadi kaya berbeda dari cara ke dua dan ketiga.

Adapun beberapa cara sederhana yang bisa kamu coba dalam sebuah proses untuk mencapai kekayaan ialah sebagai berikut ini :

7 Cara Sederhana Orang Kaya Menjadi Kaya


1. Mempunyai Penghasilan

Cara yang pertama ialah sudah pasti kamu harus memiliki penghasilan. Kamu bisa mendapatkan penghasilan dengan melakukan kegiatan yang produktif, contoh sederhananya seperti bekerja, berjualan, menawarkan jasa dan sebagainya dimana kamu mendapatkan bayaran berupa gaji ataupun laba dari menawarkan jasa ataupun produk.

Dengan adanya penghasilan tentunya kamu akan memiliki uang untuk mencukupi biaya hidupmu sehari-hari dan sisanya bisa ditabung ataupun diinvestasikan.

2. Mengontrol Pengeluaran

Jika kamu sudah memiliki penghasilan, hal yang penting yang perlu kamu lakukan selanjutnya ialah mengontrol segala pengeluaran dan biaya. Cara yang dapat kamu lakukan untuk mengontrol biaya dan pengeluaran yang kami miliki ialah dengan cara membuat anggaran belanja, dimana kamu sudah menetapkan pos-pos pengeluaranmu. Dengan adanya pos-pos pengeluaran yang sudah kamu tentukan, tentunya kamu akan tahu mana pengeluaran yang perlu dan mana pengeluaran yang tidak perlu.

Intinya ialah seberapa banyak yang uang yang kamu hasilkan akan menjadi sia-sia jika pengeluaranmu lebih besar daripada uang yang dapat kamu hasilkan.

3. Menabung

Jika sudah mempunyai penghasil dan sudah bisa mengontrol pengeluaran, tentunya akan ada uang yang bisa kamu sisihkan untuk ditabung. Adapun tujuan menabung selain untuk hal-hal dimasa depan, tentunya sebagai persiapan modal jikalau suatu saat dirimu sudah siap untuk membuka suatu usaha sendiri.

4. Berinvestasi dan Membeli Aset

Jika kamu sudah mulai bisa rutin untuk menabung, cobalah untuk menyisihkan uangmu sebagian untuk diinvestasikan diinstrument investasi yang cocok dengan profil resiko kamu. Kamu bisa memulai dengan investasi saham, reksa dana, obligasi, emas, mata uang kripto ataupun investasi dengan membeli sebuah aset berupa bangunan atau tanah dimana aset-aset tersebut cenderung mengalami kenaikan dari tahun ke tahun.

5. Berbisnis

Jika kamu sudah memiliki modal yang cukup, sudah saatnya bagi kamu untuk berani memulai untuk membuka usaha sendiri. Tidak perlu buru-buru langsung membuka usaha, kamu dapat memulainya dengan membuat rancangan bisnis yang ingin kamu buat, mengikuti seminar-seminar bisnis, mencari referensi berbisni, mencari mentor ataupun bergabung dengan komunitas para pengusaha untuk menambah pengetahuan dan relasi.

Kebanyakan orang akan menjadi kaya saat sudah memiliki usaha bisnisnya sendiri dan tidak tergantung dari gaji yang didapatkan dari bekerja. Berbeda dengan bekerja dimana gaji yang kamu dapatkan sudah ditentukan, memiliki bisnis sendiri tidak ada batasan penghasilan yang kamu dapatkan, semua tergantung kerja keras dan kemampuanmu untuk mengelola bisnis yang kamu jalankan nantinya.

6. Upgrade Diri

Jangan pernah ada kata berhenti untuk berpuas diri dengan apa yang dimiliki saat ini. Untuk menjadi kaya dan konsisten dalam mengelola apa yang sudah kamu dapatkan, tentunya kamu harus terus mengupgrade dirimu dengan pengetahuan-pengetahuan baru. Di era digital dan perkembangan teknologi yang cepat tentunya akan memudahkan dirimu untuk mendapatkan pengetahuan-pengetahuan baru tentunya.

Dengan mendapatkan pengetahuan baru, tentunya akan menempatkan dirimu selangkah lebih maju dari orang lain. Sejatinya pemprosesan pembelajaran untuk mengupgrade diri akan terus berlangsung hingga akhir hayat.

7. Fokus Pada Tujuan

Jika kamu sudah mengetahui apa saja yang perlu kamu lakukan untuk menjadi kaya, saatnya anda melakukan aksi real mulai dari hal-hal yang sederhana hingga hal-hal yang tersulit sekalipun. Kamu hanya perlu fokus dengan tujuan yang sudah kamu tetapkan untuk mencapai kekayaan yang kamu impikan dan percayalah hal tersebut akan anda gapai dimasa depan nantinya.

Posting Komentar untuk "7 Cara Sederhana Orang Kaya Menjadi Kaya"