Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Buku Rekomendasi Terbaik Untuk Belajar Saham

5 Buku Rekomendasi Terbaik Untuk Belajar Saham
5 Buku Rekomendasi Terbaik Untuk Belajar Saham


Banyak investor saham pemula yang sering kali mengalami kerugian saat mereka memulai untuk berinvestasi. Sebelum anda memulai berinventasi saham, tentunya anda sudah memiliki pengetahuan tentang dunia investasi saham itu sendiri. Sebenarnya banyak sekali metode atau media yang dapat anda explore untuk belajar tentang investasi saham. 

Anda dapat belajar dan mendapatkan materi-materi tetang investasi saham secara gratis dari konten-konten digital seperti artikel website atau blog, konten-konten video dari platform youtube, seminar webinar yang diselenggarakan sekuritas-sekuritas saham, E-Book dan sumber-sumber laiinnya.

Akan tetapi belajar invetasi saham dari sebuah buku masih menjadi metode yang terbaik dan paling efektif. Belajar saham dari sebuah buku tentunya anda akan mendapatkan ilmu yang utuh dari awal sampai akhir dan tentunya sumber yang anda pelajari dari satu sumber saja, yaitu sang penulis buku.

Pada artikel kali ini Budak Duit Indonesia sudah merangkum artikel yang "5 Buku Rekomendasi Terbaik Untuk Belajar Saham" yang bisa kamu beli jika kamu tertarik untuk belajar investasi saham.

1. The Intelligent Investor: The Definitive Book on Value Investing. A Book of Practical Counsel (Revised Edition)

The Intelligent Investor: The Definitive Book on Value Investing. A Book of Practical Counsel
The Intelligent Investor: The Definitive Book on Value Investing. A Book of Practical Counsel

Identitas Buku :

Penulis : Benjamin Graham
Tanggal Terbit : 21 Februari 2006
Tebal Buku : 640 Halaman
Penerbit : Harper Bussines

Review Singkat Buku :

The Intelligent Investor ialah buku pertama yang direkomendasikan dalam daftar kali ini. Biarpun usia buku ini dari saat pertama kali dicetak sudah lebih dari 50 tahun silam, namun The Intelligent Investor karya Benjamin Graham tetap relevant dengan kondisi pasar modal saat ini. 

Dengan tebal buku mencapai 640 halaman tentunya banyak sekali hal-hal yang bisa kamu pelajari dalam buku ini, seperti sejarah pasar modal dari awal hingga sampai saat ini, perilaku-perilaku dan tipe-tipe para investor, faktor-faktor seorang investor sukses dipasar modal hingga ajaran dan tips-tips sukses berinvetasi di pasar modal itu sendiri. Hal-hal tersebutlah tentunya yang menjadi alasan bahwa buku ini berada di urutan teratas buku yang direkomendasikan jika anda serius dan tertarik untuk belajar investasi saham.


2. Smart Trader Rich Investor (Revised Edition) (Indonesian Edition)

Smart Trader Rich Investor (Revised Edition) (Indonesian Edition)
Smart Trader Rich Investor (Revised Edition) (Indonesian Edition)

Identitas Buku :

Penulis : Ellen May
Tanggal Terbit : 9 November 2017
Tebal Buku : 298 Halaman
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

Review Singkat Buku :

Smart Trader Rich Investor merupakan salah satu yang ditulis oleh Ellen May pakar saham yang sebelumnya sukses dengan buku best sellernya Smart Traders Not Gamblers. Didalam buku ini sang penulis menjelaskan secara detail langkah-langkah yang harus dilakukan seorang investor saham saat pertama kali ia terjun ke dunia investasi saham, mulai dari cara trading saham, menentukan strategi invetasi saham jangka pendek dan jangka panjang, serta cara mengelola dan memaksimalkan modal yang ada saat memulai berinvetasi saham. 

Buku Smart Trader Rich Investor sangat direkomendasikan bagi anda yang tertarik dan ingin mulai berinvetasi saham tetapi tidak tahu dan masih ragu untuk memulainya karena minim pengetahuan dan pengalaman dalam berinvetasi saham.

3. Invested : How Warren Buffett and Charlie Munger Taught Me to Master My Mind, My Emotions, and My Money (with a Little Help from My Dad)

Invested : How Warren Buffett and Charlie Munger Taught Me to Master My Mind, My Emotions, and My Money
Invested : How Warren Buffett and Charlie Munger Taught Me to Master My Mind, My Emotions, and My Money

Identitas Buku :

Penulis : Danielle Town & Phil Town
Tanggal Terbit : 27 Maret 2018
Tebal Buku : 336 Halaman
Penerbit : William Morrow

Review Singkat Buku :

Didalam buku Invested karya Danielle Town, sang penulis bercerita perjalanannya dalam belajar berinvestasi dalam kurun waktu selama satu tahun, disini sang penulis Danielle Town mengaplikasikan langsung pelajaran-pelajaran yang didapatkan dari ayahnya Phil Town seorang investor dan penulis buku terkenal.

Danielle Town yang semula tidak tertarik dengan dunia investasi dan memilih fokus berkarir sebagai pengecara akhirnya menyadari bahwa dari apa yang dilakukan selama ini terhadap pekerjaannya, dia sama sekali tidak mendapatkan kebebasan apapun, bahkan selama bertahun-tahun ia baru menyadari bawah pekerjaannya saat ini mengendalikan hidupnya.

Akhirnya Danielle Town memutuskan untuk meninggalkan pekerjaannya dan fokus berinvestasi dengan bimbingan dari ayahnya langsung Phil Town yang mengusung gaya dan konsep invetasi dari Warren Buffet. Tentunya jika anda membeli buku Invested anda sama saja belajar ilmu investasi yang diberikan Phil Town kepada putrinya. 

4. Bandarmology

Bandarmology (Indonesian Edition)
Bandarmology (Indonesian Edition)

Identitas Buku :

Penulis : Ryan Filber
Tanggal Terbit : 26 November 2016
Tebal Buku : 216 Halaman
Penerbit : Elex Media Komputindo

Review Singkat Buku :

Melihat judul buku Bandarmology ini saya teringat kembali dengan pengalaman pahit yang saya dapatkan waktu pertama kali saya terjun di dunia investasi saham, dimana pada saat itu saya mengalami kerugian dikarenakan saham saya "nyangkut" dikarenakan saham yang saya beli sedang di goreng oleh "bandar saham". Seperti yang kita tahu "bandar saham" ialah sekelompok pihak yang sengaja membuat harga saham menjadi tidak rasional atau cenderung naik dalam kurun waktu tertentu dan terjun bebas, sehingga terkadang beberapa investor yang tidak siap dan tidak tahun terjebak dan mengalami kerugian.

Di buku Bandarmology sang penulis mencoba untuk mengungkapkan praktik-praktik yang dilakukan oleh para bandar saham di pasar modal. Disini sang penulis mencoba membuat kita para investor ataupun trader berfikir dan mempelajari metode-metode yang digunakan para banda saham, sehingga kita bisa membaca dan mengambil keuntungan ketika melihat suatu saham akan digoreng ataupun sedang digoreng.

5. Investory



Identitas Buku :

Penulis : Andhika Diskartes
Tanggal Terbit : 2017
Tebal Buku : 160 Halaman
Penerbit : Tidak Diketahui

Review Singkat Buku :

Buku Investory karya Andhika Diskartes sangat direkomendasikan jika kamu benar-benar seorang pemula di dunia saham, hal ini tentunya dikarenakan bahasa yang digunakan oleh sang penulis sangat simple dan mudah dimengerti oleh orang awam sekalipun. Dibuku ini Andhika Diskartes seolah ingin membuka stigma baru di masyarakat bahwa mempelajari dunia investasi saham dan reksa dana tidak harus dengan menggunakan bahasa akademis yang baku.

Biarpun buku ini diperuntukkan bagi pada investor pemula, akan tetapi buku ini tetap membahas materi yang berbobot seperti bagaimana cara melakukan analisis saham, seperti analisis fundamental dan analisis teknikal.


Sekian dulu artikel Budak Duit Indonesia mengenai "5 Buku Rekomendasi Terbaik Untuk Belajar Saham". Semoga artikel kali ini bisa menambah referensi buku anda jika tertarik untuk memulai dan berinvestasi saham. Tinggalkan pesan dan komentar jika anda suka dan merasa terbantu dengan artikel kali ini. Terima kasih sudah membaca!.


Posting Komentar untuk "5 Buku Rekomendasi Terbaik Untuk Belajar Saham"