Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Jenis Tanaman Hias Yang Cocok Untuk Investasi

5 Jenis Tanaman Hias Yang Cocok Dijadikan Investasi Dan Peluang Bisnis
5 Jenis Tanaman Hias Yang Cocok Dijadikan Investasi Dan Peluang Bisnis


Ditengah pandemi seperti sekarang ini banyak orang-orang yang mulai menemukan hobi dan kegemeraran baru, salah satunya ialah berocok tanam ataupun berkebun tanaman hias dirumah. Selain untuk dekorasi, mempercantik ruangan didalam rumah ataupun perkarangan rumah, banyak juga orang yang menjadikan tanaman hias sebagai koleksi. Oleh kerana itu permintaan akan tanaman hias semakin meningkat di era pandemi saat ini. 

Tren dan permintaan tanaman hias yang kiat meningkat tentunya bisa menjadi ladang untuk mencari cuan atau keuntungan dengan cara menjadikan tanaman hias sebagai salah satu investasi yang menjanjikan saat ini. Anda bisa mencobanya dengan membeli bibit dan merawatnya hingga bibit tanaman hias tersebut tumbuh dan sampai pada tahap dimana tanaman tersebut bisa untuk dijual. 

Seperti yang kita tahu harga bibit jauh lebih murah dibandingkan membeli yang sudah tumbuh. Anda hanya perlu modal awal untuk membeli bibit, pot tanamam, sedikit tanah subur dan pupuk untuk memulai investasi tanaman hias. Adapun kunci keberhasilan investasi tanaman hias ialah ketelatenan dan pengetahuan untuk melakukan perawatan dari tanaman hias yang kita tanam.

Berdasarkan hal-hal diatas, pada artikel kali ini Budak Duit Indonesia sudah merangkum beberapa tanaman hias yang memiliki nilai tinggi di pasaran dan sangat cocok untuk dijadikan sebagai salah satu instrument investasi tentunya. Adapun beberapa tanaman hias tersebut adalah:

5 Jenis Tanaman Hias Yang Cocok Dijadikan Investasi Dan Peluang Bisnis


1. Tanaman Hias Janda Bolong (Monstera Obliqua)

Hias Janda Bolong (Monstera Obliqua)
Tanaman Hias Janda Bolong (Monstera Obliqua)

Tanaman hias Janda Bolong atau yang mempunyai nama latin Mostera Obliqua pernah menjadi salah satu tanaman hias termahal di tahun 2020 di Indonesia. Sekilas daun tanaman ini terlihat seperti kuping gajah dan memiliki lubang-lubang alami. Oleh keunikan itulah tanaman ini disebut di Indonesia dengan sebutan Janda Bolong dan tentunya memiliki nial jual yang cukup fantastis untuk sebuah tanaman hias. 

Tidak seperti harga jual tanaman hias kebanyakan, harga jual tanaman hias Janda Bolong ditentukan berdasarkan jumlah perlembar daunnya dan harga daunnya bisa berkisar ratusan ribu sampai jutaan rupiah tergantung keunikan yang dimilkinya. Harganya yang fantastis tentunya membut tanaman hias Janda Bolong sangat worth it untuk dijadikan sebagai investasi. Untuk bibit/tunas tanaman hias Janda Bolong jika di cek di marketplace berkisar sekitar 20rb-30rb saja.


2. Tanaman Hias Janda Bolong Dua Warna (Monstera Variegata)

Tanaman Hias Janda Bolong Dua Warna (Monstera Variegata)
Tanaman Hias Janda Bolong Dua Warna (Monstera Variegata)

Untuk tanaman hias yang satu ini masih kerabat dekat dekat dari tanaman hias yang pertama, perbedaannya terletak pada motif daunnya yang memiliki dua corak warna, yaitu warna hijau dan putih. Hal tersebut tentunya membuat Janda Bolong Dua Warna atau yang mempunyai nama latin Monstrea Variegata memiliki harga yang jauh lebih mahal dari Janda Bolong biasa. 

Untuk harga jual dari Janda Bolong Dua Warna (Monstera Variegata) harga perlembar daunnya bisa berkisar dari jutaan rupiah hingga puluhan juta rupiah dan bahkan ada juga yang mencapai ratusan juta rupiah. Harga fantastisnya ternyata bukan karena perbedaan corak saja, tetapi juga karena tanaman Janda Bolong Dua Warna ( Mosntera Variegata) ini termasuk juga tanaman langka. Untuk harga bibit/tunas Janda Bolong Dua Warna jika di cek di markeplace berkisar sekitar 250rb sampai 400rb rupiah.

3. Tanaman Hias Aglonema Atau Si Tanaman Sri Rejeki

Aglonema Tanaman Sri Rejeki
Aglonema Tanaman Sri Rejeki

Aglaonema atau aglonema merupakan salah satu tanaman hias favorit para pecinta tanaman hias di Indonesia. Tanaman ini banyak diburu karena daunya memiliki warna yang unik, terang dan mengkilap. Selain dari keunikan khas warna daunnya, tanaman ini diyakini dapat mengundang rejeki dan energi postifif jika dipelihara didalam rumah ataupun perkarangan rumah, oleh sebab itulah tanaman ini mendapat julukan tanaman sri rejeki. Karena peminatnya yang banyak dan khasiatnya tidak dipungkiri lagi tanaman hias aglaonema memiliki harga yang fantastis dan harganya tentunya bervariasi tergantung jenisnya, spesifikasi tanamannya, corak dan sebagainya. 

Tanaman hias Aglonema sendiri memiliki beberapa jenis, namun adapaun beberapa jenis aglonema yang populer belakangan ini, seperti :
  • Aglonema Red Kochin
  • Aglonema Claudia
  • Aglonema Bidadari
  • Aglonema Pride of Sumatra atau Red Sumatra
  • Aglonema Moonlight
  • Aglonema Romantic Love
  • Aglonema Red Anjamani
  • Aglonema Emerald
  • Aglonema Red Ruby
  • Aglonema Adelia

4. Tanaman Hias Keladi atau Caladium

Tanaman Hias Keladi atau Caladium
Tanaman Hias Keladi atau Caladium

Di Indonesia Caladium lebih dikenal dengan nama sebutan tanaman Keladi. Pola daunnya berbentuk menyerupai hati atau jantung jika diperhatikan ataupun dilihat dari jauh. Tanaman caladium memiliki ratusan jenis dengan berbagai variasi warna dan corak yang berbeda-beda. Tanaman caladium juga digadang-gadang akan menggantikan posisi aglaonema sebagai tanaman termahal dan terpopuler dan bisa merajai pasar tanaman hias di Indonesia pada tahun 2021. Untuk harga tanaman caladium dipatok mulai dari puluhan ribu sampai puluhan juta rupiah tergantung jenis, corak, ukuran dan kelangkaannya jenis caladium itu sendiri.


Anthurium Veitchii

Tanaman Hias Anthurium Veitchii
Tanaman Hias Anthurium Veitchii

Banyak para pakar dan pecinta tanaman hias di Indonesia yang mengkategorikan tanaman hias Anthurium Veitchii masuk ke dalam jajaran tanaman hias termahal di Indonesia saat ini. Tanaman ini mempunyai bentuk daun seperti hati yang memanjang ke bawah dan memiliki ujung yang lancip, hal ini lah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta tanaman hias di Indonesia. Ulir-ulir bergelombang dihelai daunnya semakin menambah keindahan dan keunikan dari tanaman Anthurium Veitchii. Meski  dari corak warna tidak ada yang spesial, yaitu berwarna hijau sederhana akan tetapi tanaman ini memiliki harganya yang fantasti dan bisa menyentuh angka ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah dikarenakan tanaman ini cukup langka dan sulit ditemui dipasaran.


Menjadikan tanaman hias sebagai peluang bisnis ataupun investasi adalah hal yang sah-sah saja dilakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan ataupun dijadikan penghasilan utama. Akan tatapi hal tersebut jangan membuat kita lupa untuk menghargai dan merawat dengan sepenuh hati tanaman hias tersebut dikarenakan tanaman hias juga termasuk makhluk hidup.

Sekian dulu artikel Budak Duit Indonesia kali ini mengenai |"5 Jenis Tanaman Hias Yang Cocok Dijadikan Investasi Dan Peluang Bisnis". Semoga artikel kali ini menjadi referensi bagi anda yang tertarik untuk menjadikan hobby sebagai pecinta tanaman hias dan menjadikannya sebagai peluang bisnis dan investasi yang menarik. Tinggalkan pesan dan komentar jika anda suka dengan artikel kali ini. Terima kasih sudah membaca!.


Posting Komentar untuk "5 Jenis Tanaman Hias Yang Cocok Untuk Investasi"