Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Tips Pengelolaan Keuangan Ala Raditya Dika

6 Tips Pengelolaan Keuangan Ala Raditya Dika
6 Tips Pengelolaan Keuangan Ala Raditya Dika

Siapa yang tidak kenal dengan Angkasaputra Moerwani Nasution atau yang lebih dikenal dengan nama  Raditya Dika. Raditya Dika sendiri ialah seorang penulis, komedian, sutradara, dan aktor, namun untuk saat ini ia lebih cenderung aktif sebagai seorang youtuber di channel youtube miliknya. 

Pada kali ini Budak Duit sudah merangkum beberapa tips dari Raditya Dika yaitu tentang "6 Tips Pengelolaan Keuangan Ala Raditya Dika " yang dapat kamu gunakan sebagai referensi untuk mengelola keuanganmu sendiri. Adapun tips-tips nya ialah sebagai berikut :

6 Tips Pengelolaan Keuangan Ala Raditya Dika Yang Bisa Kamu Tiru Untuk Memperbaiki Kondiri Finansial


1. Membeli Barang Untuk Diri Sendiri

Tekadang orang membeli barang untuk menarik perhatian dari orang lain, sehingga terkadang mengabaikan fungsi dan manfaat barang tersebut untuk diri kita sendiri. Tidak sedikit orang yang rela mengeluarkan uang yang cukup banyak untuk membeli barang-barang mewah, seperti tas, baju, dan sebagainya dengan merek-merek branded untuk membentuk penampilan dan menarik perhatian orang disekitarnya.

Hal tersebut bukanlah hal yang baik tentunya bagi kondisi keuanganmu nantinya, dimana kamu akan lupa untuk menabung dan menyisihkan uang mu untuk investasi sebagai bekal dimasa depan. Selain itu tentunya orang-orang akan memandang kamu dari apa yang kamu kenakan dan miliki, bukan dari kepribadian kamu sebenarnya.


2. Mulai Menyiapkan Dana Pensiun

Anda tidak bisa menghentikan waktu dan usia anda akan terus bertambah tentunya. Kehidupan dimasa tua atau masa pensiun tentunya sudah harus kamu pikirkan sejak dini. Mempersiapkan dana pensiun ialah merupakan salah satu hal yang penting agar nantinya masa tua mu menjadi lebih tenang dan nyaman. 

Selagi dirimu sedang dalam masa produktif dan memiliki penghasilan yang stabil, cobalah untuk merencanakan dan menetapkan dana pensiun yang ingin kamu capai nantinya. Jika sudah menentukan jumlah dana pensiunmu, mulailah mengalokasikan secara rutin dan konsisten dari penghasilan yang dapatkan tiap bulannya. Kamu bisa menyimpannya kedalam rekening tabungan ataupun menaruhnya di instrumen-instrumen investasi jangka panjang, seperti emas, obligasi ataupun reksa dana.

3.  Jangan Terlibat Utang Ataupun Piutang

Baik itu memberikan hutang ataupun ngutang, itu merupakan hal yang tidak baik bagi keuangan mu tentunya. Jika kamu memberi hutang kepada seseorang ada kemungkinan kamu akan kesulitan untuk menagihnya ataupun ada kemungkinan juga kamu harus merelakan uang tersebut tidak kembali. 

Sedangkan jika kamu berhutang, maka kamu tentunya wajib membayar cicilan tersebut bersama dengan beban bunganya dan tentunya jika kamu tidak bisa melaksanakan kewajibanmu tersebut, siap-siap saja hidup kamu tidak tenang karena terus dikejar-kejar oleh debt collector.

4. Gunakan Cash

Menggunakan uang cash tentunya akan terasa berat dibandingkan kamu menggunakan transfer atapun menggunakan kartu debit/credit. Menggunakan uang cash akan membuat anda semakin sayang untuk mengeluarkan uang. Hal ini tentunya akan membuat anda lebih berhemat dan mengurangi kebiasaanmu berbelanja.

5. Investasi

Banyak sekali influencer-influencer saat ini yang gemar untuk memamerkan hasil investasi atau portofolionya kepada publik. Hal ini tentunya akan mendorong orang-orang yang penasaran dan memulai untuk mencoba berinvestasi. Sebenarnya banyak sekali hal-hal yang bisa kamu dapatkan dari berinvestasi, seperti mendapatkan keuntungan berupa passive income ataupun mengamankan aset-aset yang kamu miliki dari inflasi. Cobalah untuk mempelajari instrumen-instrumen investasi yang ada saat ini dan tentukan instrumen yang cocok untuk diri kamu, sesuaikan dengan profil resiko yang bisa kamu toleransi pastinya.

6. Beli Barang Berkualitas Untuk Jangka Panjang

Agar tidak terjadi pemborosan, lebih baik membeli barang-barang yang harganya cenderung lebih mahal sedikit dengan kualitas yang bagus dibandingkan dengan membeli barang-barang yang cenderung murah tapi memiliki kualitas yang rendah ataupun dibawah rata-rata. 

Belilah barang-barang yang memang kamu butuhkan saat ini dan memiliki nilai fungsional dan dapat digunakan dalam jangka panjang tentunya. Hal ini akan membuat kamu lebih berhemat dan mengurangi membeli barang-barang baru dikarenakan barang-barang lama yang kamu beli dengan harga murah cepat rusak.


Sekian dulu artikel Budak Duit kali ini mengenai "6 Tips Pengelolaan Keuangan Ala Raditya Dika". Semoga artikel ini dapat memberi kamu inspirasi dalam mengelola keuanganmu sendiri. Tinggalkan pesan dan komentar jika kamu suka dengan artikel kali ini. Terima kasih sudah membaca!.

Posting Komentar untuk "6 Tips Pengelolaan Keuangan Ala Raditya Dika"