Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Saham PT. Bank Syariah Indonesia Tbk (IDX:BRIS)


Mengenal Saham PT. Bank Syariah Indonesia Tbk (IDX:BRIS)
Mengenal Saham PT. Bank Syariah Indonesia Tbk (IDX:BRIS)

Isue tentang rencana penggabungan ketiga Bank Syariah plat merah miliki BUMN , yaitu PT Bank BNI Syariah (BNI Syariah), PT Bank Syariah Mandiri (BSM) dan PT Bank BRI Syariah Tbk (BRIS) akhirnya terlaksana juga Pada tanggal 1 Februari 2021. Proses merger ketiga bank syariah ini menghasilkan satu entitas bank syariah baru dengan total aset sebesar Rp 207 triliun. Dengan hasil akhir PT Bank BRI Syariah Tbk (BRIS) lah yang ditetapkan menjadi bank survivor atau entitas yang menerima penggabungan (surviving entity) dari merger tiga bank syariah plat merah milik BUMN tersebut.

Hal tersebut tentunya membuat banyak investor atau trader baik dari dalam negri maupun luar negri memburu saham PT Bank BRI Syariah Tbk (BRIS) di Bursa Efek Indonesia (BEI). Selain itu proses merger yang sudah terjadi, hal lain yang membuat para investor kepincut ialah kinerja dari  PT Bank BRI Syariah Tbk (BRIS) yang dinilai cukup bagus dan potensial untuk investasi jangka panjang. Hal tersebut dikarenakan PT Bank BRI Syariah Tbk (BRIS) mampu membukukan laba bersih 2,5 kali lipat dalam periode 3 bulanan saja, yang semula dari Rp. 30,5 M menjadi 78,29 M pada kuartal I tahun 2020.

Oleh karena itu pada artikel kali ini Budak Duit Indonesia tertarik untuk membahas PT Bank BRI Syariah Tbk (BRIS) dan sudah merangkumnya di artikel berikut ini yang berjudul "Mengenal Saham PT. Bank Syariah Indonesia Tbk (IDX:BRIS)". 


I. Sejarah dan Profil Singkat Mengenai PT. Bank Syariah Indonesia Tbk (IDX:BRIS)

Sejarah dan Profil Singkat Mengenai PT. Bank Syariah Indonesia Tbk (IDX:BRIS)
Sejarah dan Profil Singkat Mengenai PT. Bank Syariah Indonesia Tbk (IDX:BRIS)


PT Bank BRI Syariah Tbk (BRIS) adalah salah satu lembaga perbankan syariah milik BUMN yang ada di Indonesia. PT Bank BRI Syariah Tbk (BRIS) berdiri pada tahun 1969, dahulu bank ini bernama Bank Jasa Arta, dan berganti nama menjadi PT Bank BRI Syariah setelah diakuisisi oleh Bank Rakyat Indonesia pada tanggal 19 Desember 2007. Setelah mendapatkan izin usaha dari Bank Indonesia melalui surat keputusan no. 10/67/Kep.GBI/ DPG/2008 pada 16 Oktober 2008. Akhirnya PT Bank BRI Syariah resmi mulai beroperasi pada tanggal 17 November 2008 dengan nama PT Bank BRI Syariah.[1] UUS Bank BRI digabung pada 2009.

BRI Syariah akhirnya menjadi perusahaan perbankan terbuka dan mendapatkan pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tanggal 30 April 2018. Dengan penawaran perdananya kepada publik sejumlah 2.623.350.600 lembar saham dengan nominal Rp. 500/lembar saham, yang artinya Rp.500.000 / Lot

Pada tanggal 9 Mei 2018, BRIS mulai melantai di BEI dengan harga penawaran Rp. 510/lembar saham. Dengan fakta tersebut mencatatkan PT Bank BRI Syariah Tbk (BRIS) menjadi bank syariah milik BUMN pertama yang melakukan IPO (Initial Public Offering).

Akhirnya sesuai dengan rencana dan keputusan pemerintah, pada 1 Februari 2021, BRI Syariah dimerger dengan anak perusahaan BUMN lainnya yang bergerak bidang perbankan syariah diantaranya, yakni PT Bank BNI Syariah (BNI Syariah), PT Bank Syariah Mandiri (BSM).


II. Produk Perbankan PT Bank BRI Syariah Tbk (BRIS)

Produk Perbankan PT Bank BRI Syariah Tbk (BRIS)
Produk Perbankan PT Bank BRI Syariah Tbk (BRIS)

Seperti yang kita tahu PT Bank Rakyat Indonesia Syariah Tbk (BRIS) adalah salah satu perusahaan perbankan syariah plat merah milik negara (BUMN) dan saat ini T Bank Rakyat Indonesia Syariah Tbk (BRIS) merupakan bank syariah dengan aset mikro terbesar di Indonesia.

Sesuai dengan visi, misi dan anggaran dasar perusahaannya,PT Bank Rakyat Indonesia Syariah Tbk (BRIS) mengakomodasi setiap transaksi-transaksi usaha perbankan dengan mengedepankan prinsip-prinsip syariah sebagai ruang lingkup utama usahanya.

Adapun beberapa produk-produk perbankan syariah yang ditawarkan oleh PT Bank BRI Syariah Tbk (BRIS), seperti : 

A. Perbankan Personal 

Perbankan Personal Funding :
  • Tabungan Faedah BRISyariah iB  adalah produk simpanan dari BRI Syariah untuk para nasabah perorangan yang menginginkan kemudahan transaksi perbankan sehari-hari.
  • Tabungan Haji BRISyariah iB adalah produk simpanan dari BRI Syariah khusus untuk bagi calon haji  yang menggunakan akad dan sesuai prinsip syariah dengan tujuan  memenuhi kebutuhan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH).
  • Tabungan Impian BRISyariah iB adalah produk simpanan berjangka dari BRI Syariah khusu untuk para nasabah yang ingin mewujudkan impiannya menunaikan rencananya, seperti berkurban, rencana pendidikan anak, liburan keluarga, belanja dan sebagainya.
  • Simpanan Faedah BRISyariah iB adalah produk simpanan dana pihak ketiga dengan akad Mudharabah dimana pihak nasabah berperan sebagai pemilik dana dan pihak bank BRI Syariah berperan sebagai pengelola dana, dengan akad pembagian hasil usaha antara kedua belah pihak berdasarkan nisbah dan jangka waktu yang disepakati bersama.
  • Simpanan Pelajar (SimPel) BRISyariah iB adalah produk simpanan dana untuk para pelajar dan mahasiswa yang diterbitkan secara nasional oleh bank-bank yang ada di Indonesia dengan persyaratan mudah dan sederhana serta fitur yang dirancang dan menarik serta membantu bagi kaum pelajar dan mahasiswa tentunya.
  • Giro Faedah Mudharabah BRISyariah iB adalah produk simpanan dengan tujuaninvestasi dana nasabah pada BRI Syariah dengan menggunakan akad Mudharabah Mutlaqah.
  • Deposito BRISyariah iB adalah produk simpanan berjangka menggunakan akad bagi hasil sesuai prinsip-prinsip syariah baik untuk para nasabah perorangan ataupun perusahaan dengan tujuan memberikan keuntungan yang optimal.
Perbankan Personal Financing :

  • KPR BRISyariah iB adalah KPR BRI Syariah iB adalah produk yang hadir untuk membantu anda mewujudkan impian untuk memiliki rumah idaman.
  • KPR Sejahtera BRISyariah iB KPR Sejahtera adalah produk pembiayaan kepemilikan rumah dengan dukungan dana bantuan dari Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP)
  • KKB BRISyariah iB adalah produk pembiayaan kepemilikan mobil dari BRI Syariah kepada para nasabahnya untuk memenuhi kebutuhan akan kendaraan dengan mengunakan prinsip-prinsip syariah jual-beli (Murabahah)
  • Pembiayaan Umrah BRISyariah iB adalah produk yang siap membantu anda untuk menunaikan ibadah umrah dan berziarah ke Baitullah.
  • KMF Purna BRISyariah iB adalah produk kepemilikan multifaedah berupa fasilitas pembiayaan yang diberikan kepada para pensiunan untuk memenuhi sebagian atau keseluruhan kebutuhan akan barang dan jasa dengan menggunakan prinsip-prinsip syariah jual-beli (murabahah) atau dengan sistem sewa menyewa (ijarah)
  • KMF Pra Purna BRISyariah iBKMF PRA PURNA iB adalah produk yang berupa fasilitas pembiayaan kepada para PNS aktif yang akan memasuki masa pensiunan untuk memenuhi sebagian atau keseluruhan kebutuhan akan barang dan jasa dengan menggunakan prinsip-prinsip syariah jual-beli (murabahah) atau dengan sistem sewa menyewa (ijarah)
  • KMF BRISyariah iB Kepemilikan adalah produk multifaedah berupa fasilitas pembiayaan yang diberikan khusus kepada para karyawan untuk memenuhi segala kebutuhan baik barang ataupun jasa.
  • Pembiayaan Kepemilikan Emas Pembiayaan adalah produk yang membantu perorangan untuk memiliki emas dengan menggunakan akad murabahah dimana pengembalian pembiayaannya dilakukan dengan melakukan angsuran setiap bulan sampai dengan jangka waktu yang telah disepakati.
  • Qardh Beragun Emas Pembiayaan adalah produk pembiayaan dengan agunan berupa emas, dimana emas tersebut dititipkan dan dikelola oleh BRIS selama jangka waktu tertentu dengan membayar biaya penyimpanan dan pemeliharaan atas emas tersebut.
  • Mikro BRISyariah Skema  adalah produk dengan skema pembiayaan mikro dari BRI Syariah menggunakan prinsip syariah akad murabahah, dengan tujuan pembiayaan untuk modal kerja. 

B. Perbankan Bisnis 

Perbankan Bisnis Funding :
  • Deposito BRISyariah iB adalah produk simpanan berjangka yang menggunakan akad sistem bagi hasil yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah baik bagi nasabah perorangan maupun perusahaan dengan tujuan memberikan keuntungan yang optimal.
  • Giro BRISyariah iB adalah produk simpanan dari BRI Syariah untuk para nasabah perorangan maupun perusahaan dengan kemudahan yang ditawarkan dalam setiap transaksi bisnis sehari-hari dimana penarikan dananya bisa menggunakan cek & bilyet giro.
Perbankan Bisnis Financing : 
  • Pembiayaan Komersial Terdiri adalah produk dari pembiayaan yang terdiri dari Pembiayaan Modal Kerja Syariah dan Pembiayaan Investasi Syariah
  • Pembiayaan Linkage adalah produk dengan pola pemberian berupa fasilitas pembiayaan konsumtif multiguna dan multijasa kepada para calon nasabah BRI Syariah yang merupakan saat ini bekerja sebagai  pegawai swasta atau karyawa dari suatu instansi atau perusahaan
  • Pembiayaan Modal Kerja Revolving (PMKR) BRIS iB PMKR BRIS iB adalah produk dengan fasilitas pembiayaan yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan modal kerja usaha nasabah yang tidak berdasarkan kontrak (non project based), serta menggunakan akad musyarakah dan bersifat revolving
  • Pembiayaan SME > 500 BRIS iB adalah produk pembiayaan investasi yang ditujukan kepada para nasabah BRI Syariah dengan tujuan untuk melakukan pembelian kendaraan roda empat / lebih yang digunakan untuk penunjang kegiatan usaha ataupun untuk pembelian lahan tempat usaha untuk kegiatan produktif.
  • Pembiayaan SME 200-500 BRIS iB Pembiayaan SME 500 BRIS iB  adalah produk yang berupa fasilitas pembiayaan yang diberikan oleh Bank BRI Syariah kepada para nasabah dengan menggunakan konsep sistem pembiayaan murabahah maupun Ijarah Muntahiyya Bit Tamlik (IMBT).

C. Jasa Perbankan Lainnya 

  • Employee Benefit Program (EmBP) adalah program kerjasama yang ditawarkan ke suatu perusahaan dan dituangkan dalam kesepakatan kerja atau Master Agreement berupa pemberian fasilitas pembiayaan langsung kepada Karyawan/ti dari perusahaan tersebut.
  • Sukuk Negara Tabungan Bagi adalah produk yang tepat bagi anda para nasabahyang mengutamakan keamanan dalam berinvestasi, Sukuk Negara Tabungan Seri ST 001 bisa menjadi pilihan yang tepat untuk anda tentunya.
  • Sukuk Negara Ritel Pasar Perdana Bank BRISyariah ialah agen yang menjual sukuk negara ritel di pasar perdana dengan menawarkan produk berupa Surat Berharga Syariah Negara (SBSN)
  • Sukuk Negara Ritel Pasar Sekunder adalah transaksi sukuk ritel setelah penjualan pada saat pasar perdana berakhir. Pada pasar sekunder harga Sukuk Ritel ditentukan berdasarkan harga pasar.
  • Sukuk Mudharabah Subordinasi I Nama Instrument: Sukuk Mudharabah Subordinasi I BRISyariah Tahun 2016 (SMBRIS01SB)

D. Produk E-Banking BRI Syariah

  • SMS Banking
  • Mobile Banking
  • Internet Banking
  • Cash Management System (CMS)
  • E-Form
  • Laku Pandai

III. Fundamental PT Bank BRI Syariah Tbk (BRIS)

Fundamental PT Bank BRI Syariah Tbk BRIS
Fundamental PT Bank BRI Syariah Tbk BRIS

Analisis fundamental ialah analisi yang biasa dipakai para investor jangka panjang untuk dijadikan sebagai salah satu keputusan dalam berinvetasi di suatu perusahaan atau emiten tertentu. Adapun beberapa aspek dan kriteria fundamental yang biasa diperhatikan dan dianalisa oleh seorang investor ialah  di sisi laba rugi, posisi keuangan perusahaan hingga rasio-rasio keuangan lainnya.

Berikut ini laporan fundamental dari PT Bank BRI Syariah Tbk (BRIS), adalah sebagai berikut :

A. Laporan Aset, Hutang dan Modal Tahun 2015-2019

Tahun 

Aset 
(Rupiah) 

Hutang 
(Rupiah) 

Modal 
(Rupiah) 

2019 

43,12 T 
(+ 13,74%) 

38,04 T 
(+ 15,65%) 

5,09 T 
(+ 1,22%) 

2018 

37,92 T 
(+ 20,20%) 

32,89 T 
(+ 13,64%) 

5,03 T 
(+ 93,12%) 

2017 

31,54 T 
(+ 13,93%) 

28,94 T 
(+ 14,95%) 

2,60 T 
(+ 3,70%) 

2016 

27,69 T 
(+ 14,27%) 

25,18 T 
(+ 15,01%) 

2,51 T 
(+ 7,27%) 

2015 

24,23 T 
(+ 19,12%) 

21,89 T 
(+ 17,52%) 

2,34 T 
(+ 36,47%) 


B. Laporan Pendapatan, Beban Pokok dan Laba Bersih Tahun 2015-2019

Tahun 

Pendapatan 
(Rupiah) 

Beban Pokok 
(Rupiah) 

Laba Bersih 
(Rupiah) 

2019 

2,30 T 

1,33 T 

74,02 M 
(- 30,57%) 

2018 

1,97 T 

1,2 T 

106,60 M 
(+ 5,45%) 

2017 

1,77 T 

1,17 T 

101,09 M 
(- 40,61%) 

2016 

1,72 T 

1,16 T 

170,21 M 
(+ 38,79%) 

2015 

1,52 T 

1,13 T 

122,64 M 


C. Laporan Arus Kas Operasi, Pembiayaan dan Investasi Tahun 2015-2019

Tahun 

Operasi 
(Rupiah) 

Pembiayaan 
(Rupiah) 

Investasi 
(Rupiah) 

2019 

-200,22 M 
(- 131,04%) 

-10,66 M 
(- 100,46%) 

-1,19 T 
(+ 31,92%) 

2018 

644,98 M 
(- 83,85%) 

2,31 T 
(+ 2.412,19%) 

-1,75 T 
(+ 36,85%) 

2017 

3,99 T 
(+ 512,36%) 

-100,00 M 
(- 110,00%) 

-2,77 T 
(- 8,79%) 

2016 

652,13 M 
(- 64,50%) 

1,00 T 
(- 13,77%) 

-2,55 T 
(- 62,89%) 

2015 

1,84 T 
(+ 343,43%) 

1,16 T 
(+ 37,25%) 

-1,56 T 
(- 188,34%) 


D. ROA Dan ROE Tahun 2015-2019

Tahun 

ROA 
(Rupiah) 

ROE 
(Rupiah) 

2019 

0,31% 

1,57% 

2018 

0,43% 

2,49% 

2017 

0,51% 

4,1% 

2016 

0,95% 

7,40% 

2015 

0,77% 

6,33% 



III. Deviden PT Bank BRI Syariah Tbk (BRIS)

RUPS Pembagian Deviden PT Bank BRI Syariah Tbk
RUPS Pembagian Deviden PT Bank BRI Syariah Tbk

Deviden ialah keuntungan atau laba profit yang dihasilkan perusahaan dan dibagikan kepada para investor dengan pembagian deviden yang sudah disahkan dan disepakati oleh jajaran direksi dan manajemen PT Bank BRI Syariah (BRIS)  dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Adalpun laporan pembagian deviden yang pernah dilakukan PT Bank BRI Syariah (BRIS), adalah sebagai berikut :

Tahun 

Bonus Saham  

Deviden Tunai 

Jenis 

2018 

 

1,10 (IDR) 

Final 



IV. Susunan Manajemen PT Bank BRI Syariah Tbk (BRIS) Tahun 2021

Susunan Manajemen PT Bank BRI Syariah Tbk BRIS Tahun 2021
Gambar Ilustrasi Susunan Manajemen PT Bank BRI Syariah Tbk (BRIS) Tahun 2021

Adapun susunan managejem dari PT Bank BRI Syariah Tbk (BRIS) Tahun 2021, adalah sebagai berikut ini :
  1. Mulya E. Siregar Presiden Komisaris / Independen 
  2. Imam Budi Sarjito Komisaris 
  3. Masduki Baidlowi Komisaris 
  4. Sutanto Komisaris 
  5. Suyanto Komisaris 
  6. M. Arief Rosyid Hasan Komisaris Independen 
  7. Komaruddin Hidayat Komisaris Independen 
  8. Eko Suwardi Komisaris Independen 
  9. Bangun S. Kusmulyono Komisaris Independen 
  10. Ngatari Wakil Presiden Direktur 
  11. Abdullah Firman Wibowo Wakil Presiden Direktur 
  12. Hery Gunardi Presiden Direktur 
  13. Kusman Yandi Direktur 
  14. Tribuana Tunggadewi Direktur 
  15. Tiwul Widyastuti Direktur 
  16. Kokok Alun Akbar Direktur 
  17. Anton Sukarna Direktur 
  18. Ade Cahyo Nugroho Direktur 
  19. Achmad Syafii Direktur 
  20. Eko Suwardi Presiden Komite Audit 
  21. Ernie Tisnawati Sule Komite Audit 
  22. Saiful Anwar Komite Audit 
  23. Harijanto Komite Audit 
  24. Hari GursidaK omite Audit 

V. Pemegang Saham PT Bank BRI Syariah Tbk (BRIS) Tahun 2021

Pemegang Saham PT Bank BRI Syariah Tbk (BRIS) Tahun 2021
Rapat Umum Pemegang Saham PT Bank BRI Syariah Tbk (BRIS) 

Adapun laporan pemegang saham PT Bank BRI Syariah Tbk (BRIS) tahun 2021, adalah sebagai berikut ini :

Nama Pemegang Saham 

Jumlah Saham 

Modal Disetor 

Persentas 

PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk 

20.905.219.379 (Saham) 

10.452.609.689.500 (IDR) 

50,90% 

PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk 

10.220.230.418 (Saham) 

5.110.115.209.000 (IDR) 

24,90% 

PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk 

7.092.761.655 (Saham) 

3.546.380.827.500 (IDR) 

17,30% 

Public (each below 5%) 

2.056.407.043 (Saham) 

1.028.203.521.500 (IDR) 

5,00% 

DPLK PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk - Saham Syariah 

751.340.000 (Saham) 

375.670.000.000 (IDR) 

1,80% 

PT. BNI Life Insurance 

5.250.415 (Saham) 

2.625.207.500 (IDR) 

0,00% 

PT. Mandiri Sekuritas 

33 (Saham) 

16.500 (IDR) 

0,00% 



VI. Kesimpulan Pergerakan Harga Saham  PT Bank BRI Syariah Tbk (BRIS)

Sejak PT Bank BRI Syariah Tbk (BRIS) IPO dan melantai di pasar modal pada tahun 2018 silam lalu,  BRIS dalam 2 tahun terakhir atau sampai sekaran 4 september 2020 telah mencatatkan kenaikan lebih dari 100 persen lebih dari awal melantai di BEI.

Dapat disimpulkan Saham BRIS sempat mengalami kenaikan yang cukup pesat beberapa waktu lalu. Namun jika melihat perkembanga kinerja PT Bank BRI Syariah Tbk (BRIS) selama 5 tahun terakhir, laba bersih BRIS belum bisa secara konsisten naik dan menyamai PT Bank Rakyat IndonesiaTbk (BBRO). Inilah perbedaan antara BRIS dengan BBRI dari aset, ekuitas, pendapatan dan laba bersih. Dimana BBRI masih unggul jauh dari BRIS.


Sekian dahulu artikel Budak Duit Indonesia kali ini mengenai "Mengenal Saham PT. Bank Syariah Indonesia Tbk (IDX:BRIS)". Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat dan menjadi referensi bagi anda yang ingin dan tertarik untuk berinvetasi di T. Bank Syariah Indonesia Tbk (IDX:BRIS). Anda bisa tinggalkan komentar dan pesan positif jika sudak dan merasa terbantu dengan artikel kali ini. Terima kasih sudah membaca!.

Posting Komentar untuk "Mengenal Saham PT. Bank Syariah Indonesia Tbk (IDX:BRIS)"