Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Apa Itu Dogecoin Yang Dibuat Viral Elon Musk

Mengenal Apa Itu Dogecoin Yang Dibuat Viral Elon Musk
Mengenal Apa Itu Dogecoin Yang Dibuat Viral Elon Musk

Dogecoin baru-baru ini sempat menjadi viral beberapa waktu lalu, tepatnya di akhir bulan januari 2021 kemarin. Harga Dogecoin naik drastis menjadi 202,33% dalam waktu satu hari ke US$ 0,04834 per dogecoin dan berada di urutan ke 12 dari mata uang kripto berdasarkan data yang diambil dari market cap hanya karena cuitan dari orang terkaya di dunia Elon Musk. 

Seperti yang kita tahu saat ini Elon Musk menjadi orang terkaya di dunia serta seorang CEO dari perusahaan Tesla dan Space X. Elon Musk saat bersaing dengan jeff bezos CEO dari amazon yang berada di posisi kedua daftar orang terkaya di dunia.


Apa Itu Dogecoin?

Dogecoin (kode: DOGE, symbol: Ɖ and D) adalah salah satu mata uang crypto yang diciptakan dan kembangkan pada tahun 2013 silam. Pada dasarnnya Dogecoin dibuat hanya untuk lelucon saja, hal tersebut tercermin dalam logo Dogecoin sendiri yang menggunakan logo meme "Doge" yang merupakan anjing jenis Shiba Inu yang berasal dari negara Jepang. Akan tetapi karena lelucon tersebut terbentuklah sebuah komunitas untuk meme Dogecoin tersebut.


Kegiatan Komunitas Dogecoin

Komunitas Dogecoin menjadi semakin terkenal berkat aktifnya mereka dalam menyelenggarakan donasi amal dan mengikuti atau melaksanakan berbagai macam kegiatan positif untuk masyarakat. Adapun beberapa kegiatan amal dan positif yang pernah dilakukan komunitas Dogecoin, diantaranya :
  1. Penggalangan Dana untuk Tim Bosbled Jamaika untuk mengikuti olimpiade musim dingin di Sochi pada tahun 2014 dan berhasil komunitas Dogecoin berhasil mengumpulkan dana sebesar 50rb USD.
  2. Pada hari air sedunia yang jatuh pada tanggal  22 Maret 2014. Komunitas Dogecoin melakukan penggalangan dana untuk membangun sumur air bersih di Tana Valley yang terdapat di negara Kenya. Mereka berhasil menggalang dana sebesar 30rn USD
  3. Komunitas ini juga pernah mensponsori seorang pembalap NASCAR (North-American Stock Car Auto Racing) yang bernama Josh Wise, hal tersebut dilakukan untuk mewujudkan mimpi dari kecil Josh Wise untuk menjadi seorang pembalap NASCAR profesional. Josh Wise pun melakukan balapan dengan mobil yang dihiasi oleh sang sponsor, yaitu Dogecoin sendiri.
Komunitas Dogecoin memiliki nama sendiri untuk para anggotanya, yaitu Shibes yang terdiri dari beberapa kata dalam bahasa inggirs, seperti  "Such Amazing", "Much Grateful", dan "Many Worok." Hal tersebut mempunyai arti bahwa Dogecoin merupakan komunitas spesial yang menggunakan mata uang crypto Dogecoin untuk berbagai macam kegiatan spesial dan bermanfaat bagi masyarakat.

Fungsi Dan Nilai Ekonomis Dogecoin

Situs resmi dari Dogecoin mengklaim bahwa mata uang crypto milikinya merupakan mata uang yang dapat ditransaksikan dengan proses peer-to-peer tanpa  perlu ada pihak ketiga. Dogecoin bisa digunakan dengan wallet di komputer, smartphone, ataupun situs dari Dogecoin itu sendiri. Dogecoin juga bisa digunakan di berbagai macam operating system (OS) seperti Windows, Mac OS X, Linux, iOS, Android, dan Blackberry.

Mata uang crypto Dogecoin pun bisa digunakan untuk berbelanja barang dan jasa bahkan bisa juga ditukarkan ke mata uang konvensional ataupun sebaliknya.

Salah satu fungsi dari Dogecoin yang sering digunakan ialah untuk tipping atau memberi tips ke sesama pengguna internet akan konten-konten bermanfaat yang mereka buat. Hal ini bertujuan untuk saling respek dan menghargai satu sama lainnya. Kalah di media sosial akan akan mendapatkan apresiasi berupa like, di komunitas Dogecoin anda akan mendapatkan tips berupa mata crypto Dogecoin sebagai apresiasi atau tips yang nantinya dapat anda uangkan.


Cara Mendapatkan Dogecoin di Indonesia

Hampir sama dengan mata uang crypto lainnya, mata uang Dogecoin saat ini bisa anda dapatkan dengan membelinya dari Indodax ataupun startup-startup jual beli crypto yang anda di Indonesia ataupun  dari Crypto Exchanges.

Jika kamu tertarik untuk membelinya, coba pikirkan dahulu dan pastikan kembali untuk tujuan apa anda membeli mata uang Dogecoin tersebut. Pahami dahulu di platform mana saja dan di situasi apa saja anda bisa menggunakan Dogecoin di Indonesia khususnya.


Kesimpulan 

Berdasarkan beberapa pemaparan yang disampaikan di atas, Budak Duit Indonesia dapat menyimpulkan Dogecoin ialah mata uang crypto yang diciptakan untuk tujuan spesial bagi komunitasnya. Dogecoin lebih ke arah memberi value spesial bagi masyarakat yang membutuhkan bantuannya dibandingkan sebagai alat kapitalisme modern seperti Bitcoin Cs.



Sekian dulu artikel Budak Duit Indonesia kali ini mengenai "Mengenal Apa Itu Dogecoin Yang Dibuat Viral Elon Musk". Semoga bermanfaat dan memberikan wawasan baru bagi anda tentung dunia mata uang crypto. Tinggalkan pesan dan komentar positif jika anda menyukai artikel kali ini. Terima kasih sudah membaca!.

Posting Komentar untuk "Mengenal Apa Itu Dogecoin Yang Dibuat Viral Elon Musk"