Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Fungsi Tombol Di Mesin ATM

Mengenal Fungsi-Fungsi Tombol Pada Mesin ATM Dan Contoh Penggunaannya
Mengenal Fungsi-Fungsi Tombol Pada Mesin ATM Dan Contoh Penggunaannya

Mesin ATM atau Mesin Anjungan Tunai Mandiri adalah sebuah alat elektronik dan komponennya yang membantu para nasabah suatu bank untuk melakukan transaksi perbankan, seperti manarik tunai, transfer, mengecek rekening saldo dan transaksi perbankan lainnya tanpa harus ke bank tersebut secara langsung.

Biarpun saat ini sudah ada M-Banking atau mobile banking, ternyata masih banyak orang yang masih suka dan merasa nyaman menggunakan mesin ATM. 

Biarpun secara umum orang dapat dengan menggunakan mesin ATM, tapi kebanyakan orang masih belum mengetahui dengan detail fungsi dari tombol-tombol yang ada pada mesin ATM. 

Oleh karena itu pada artikel kali ini Budak Duit Indonesia akan membahas fungsi-fungsi tombol yang ada pada mesin ATM.



Mengenal Fungsi-Fungsi Tombol Pada Mesin ATM Dan Contoh Penggunaannya


Tombol Angka 0-9

Tombol angka 0-9 tombol yang berfungsi untuk memasukkan inputan berupa karakter angka. Contoh dari penggunaan tombol angka ialah saat kita ingin memasukkan PIN ATM, menginput nomor rekening, menginput jumlah saldo dan sebagianya.


Tombol Cancel

Tombol cancel pada mesin ATM ditandai dengan tombol berwana warna merah. Tombol cancel pada mesin ATM berfungsi untuk membatalkan transaksi perbankan yang kita lakukan pada mesin ATM dan secara otomatis langsung mengeluarkan kartu ATM yang kita miliki dari Mesin ATM. Kebanyakan orang menekan tombol cancel saat berada di mesin ATM dikarenakan mereka salah memilih menu dan ingin mengulang dari awal ataupun pergi terburu-buru karena ada suatu urusan.


Tombol Clear 

Tombol clear pada mesin ATM ditandai dengan tombol berwana kuning. Tombol clear pada mesin ATM berfungsi untuk menghapus seluruh inputan yang sudah kita tekan atau input di mesin ATM (PIN, nomor rekening, nominal). Tombol clear biasanya digunakan jika kita salah memasukkan nomor PIN ATM, salah menginput nomor rekening ataupun salah menginput jumlah nominal saldo yang ingin kita transfer dan ingin melakukan penginputan ulang data-data tersebut.


Tombol Accept

Tombol accetp pada mesim ATM ditandai dengan tombol berwana hijau. Tombol accept pada mesin ATM berfunsi untuk melakukan konfirmasi atau menyetujui inputan yang sudah kita tekan dan menuju ke menu selanjutnya untuk memproses transaksi tersebut. Tombol accept biasanya digunakan untuk melakukan konfirmasi jika kita sudah benar memasukkan inputan kita berupa nomor rekening, nominal saldo, kode bank, nomor telepon dan sebagainya.


Tombol Funsi

Tombol funsi ialah tombol yang bisa kita tekan untuk memilih menu-menu yang muncul pada tampilan layar mesin ATM. Contohnya saat kita memilihi menu transfer rekening, cek saldo, pilih bahasa dan sebaginya. Tombol fungsi biasanya terdapat disamping layar mesin ATM untuk memudahkan para nasabah memilih menu yang mereka inginkan dalam melakukan transaksi di mesin ATM.


Tombol Help 

Tombol help atau tombol bantuan ialah tombol yang biasanya digunakan oleh teknisi mesin ATM tersebut ataupun pihak bank terkait. Tombol ini digunakan oleh teknisi mesin ATM  ataupun pihak bank saat ingin melakukan proses maintance mesin ATM ataupun troubleshooting jika terjadi kendala pada mesin ATM tersebut.


Sekian dulu artikel Budak Duit Indonesia kali ini yang membahas "Mengenal Fungsi-Fungsi Tombol Pada Mesin ATM Dan Contoh Penggunaannya". Semoga artikel kali ini bermanfaat bagi anda semua. Tinggalkan pesan ataupun komentar jika anda suka dan merasa terbantu dengan artikel kali ini. Terima kasih sudah membaca!.


Posting Komentar untuk "Mengenal Fungsi Tombol Di Mesin ATM"