Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Evaluasi dan Revisi Hal Ini Sebelum Mendaftarkan Blog Ke Google Adsense

Hal-Hal Yang Perlu Kamu Evaluasi dan Revisi Sebelum Mendaftarkan Blog atau Website Kamu Ke Program Google Adsense
Hal-Hal Yang Perlu Kamu Evaluasi dan Revisi Sebelum Mendaftarkan Blog atau Website Kamu Ke Program Google Adsense

Google Adsense ialah program kerja sama periklanan elektronik melalui media blog atau website yang diselenggarakan dan dikelola oleh Google. Cara kerja dari Google Adsense sendiri sangat simple dimana Goolge Adsense akan membayar para penayang atau blogger dari setiap iklan yang muncul atau ditampilkan di blog atau website yang mereka miliki. Bisa di bilang Google Adsense ialah cara mudah dan gratis untuk  para blogger mendapatkan uang dengan menampilkan iklan-iklan di konten-konten blog atau website yang kita miliki.

Untuk mengikuti program Google Adsense dan mendapatkan penghasilan dari program tersebut, langkah pertama yang anda lakukan ialah membuat atau sudah memiliki blog ataupun website terlebih dahulu lalu mendaftarkanya ke Google Adsense. Jika sudah mendaftarkan website anda, langkah berikutnya ialah menunggu proses approve dari Goolge Adsense, apakah blog ataupun website anda sudah memenuhi kriteria dan layak untuk mengikuti program Google Adsense atau tidak.

Jika blog ataupun website kamu memenuhi syarat dan di approve oleh Google Adsense, maka kamu akan diberitahu melalui email dan kami bisa langsung menampilkan iklan-iklan yang sudah disediakan dengan melakukan beberapa konfigurasi sederhana. Bagi kamu yang blog ataupun website nya ditolak atau diterima, maka kamu harus melakukan review kembali dan memperbaiki hal-hal yang kurang dari blog ataupun website yang kamu daftarkan di program Google Adsense.

Pada artikel kali ini Budak Duit sudah merangkum "Hal-Hal Yang Perlu Kamu Evaluasi dan Revisi Sebelum Mendaftarkan Blog atau Website Kamu Ke Program Google Adsense" dengan tujuan untuk meningkatkan keberhasilan blog atau website yang kamu miliki diterima dan di approve untuk mengikuti program Goolge Adsense.


Hal-Hal Yang Perlu Kamu Evaluasi dan Revisi Sebelum Mendaftarkan Blog atau Website Kamu Ke Program Google Adsense


1. Konten

Hal yang pertama dan paling penting menurut saya adalah konten. Konten ialah isi dari blog atau website yang anda sajikan kepada pengunjung blog atau website anda, baik berbentuk artikel tulisan, gambar ataupun video. Karena pada umumnya yang ditampilkan dalam sebuah blog atau website kebanyakan dalam bentuk tulisan yang diselingi beberapa gambar ataupun video (sangat jarang kebebanyakan untuk video lebih cenderung di platform Youtube), pastikan konten tulisan tersebut original alias tidak copas (copy paste) dari tulisan blog lain. 

Google Adsense akan dengan mudah mendeteksi konten-konten yang plagiat dan jika anda ketahuan kemungkinan besar blog atau website dan email yang anda daftarkan akan di blacklist dan tidak diberi kesempatan untuk melakukan revisi kembali, Otomatis anda harus mengulang untuk membuat blog ataupun website dari awal dengan email yang baru.

Untuk menambah kesempatanmu diterima, pastikan konten-konten yang kamu buat sesuai dengan tema dari blog ataupun website yang kamu usung. Google Adsense juga lebih menyukai konten-konten yang memberikan manfaat dan nilai lebih bagi para pengunjungnya, bukan sekedar konten yang sekali baca lalu selesai tanpa ada manfaat atau ilmu yang bisa dipetik. Contohnya blog Budak Duit ini dibuat karena masih banyak masyarakat Indonesia yang belum teredukasi tentang pentingnya pengelolaan finansial dan investasi untuk mendapatkan passive income.

2. Umur Blog

Pada dasarnya saat ini belum ada patokan resmi dari berapa umur suatu blog ataupun website agar diterima oleh Goolge Adsense. Jika anda bergabung di komunitas blog baik FB, WA Group dan lainnya, pasti sudah sering melihat postingan anggota-anggota group yang menyatakan blog atau website mereka di terima dalam satu bulan setelah di buat, ataupun langsung diterima setelah beberapa hari membuat blog atau website ataupun cerita-cerita lainnya.

Dari cerita-cerita diatas, disini saya tidak mengiyakan ataupun bilang hal tersebut bohong. Disini saya akan menceritakan pengalaman blog Budak Duit di approve dalam waktu kurang lebih dua bulan.

Saya membuat blog Budak Duit pada akhir november dan mulai aktif mengisinya dengan postingan artikel secara rutin satu atau dua artikel perharinya. Dalam waktu sebulanan berarti jumlah artikel yang saya miliki sekitar tiga puluhan artikel original. Dalam waktu satu bulan itu sebenarnya saya bisa saja untuk langsung mendaftarkan blog Budak Duit ke program Google Adsense. Namun itu saya urungkan karena belum yakin diterima dan mungkin akan ditolak dan disarankan oleh Goolge Adsense untuk melakukan revisi terlebih dahulu dikarenakan saya sadar juga ada bebera hal yang belum cukup seperti traffic blog, halaman navigasi dan umur blog yang masih muda.

 


Oleh karena hal tersebutlah saya memutuskan menundanya dan bersabar menunggu satu bulan lagi untuk mendaftarkan blog Budak Duit ke program Google Adsense. Setelah 2 bulan berlalu sejak saya membuat blog Budak Duit dan memiliki kurang lebih lima puluhan postingan, akhirnya saya memutuskan untuk mendaftarkan blog Budak Duit ke program Google Adsense. Overall pendaftaran Google Adsense berjalan dengan mulus kurang lebih dalam waktu 1x24 jam.  (Hanya mendapatkan satu kali notifikasi tidak bisa di approve dikarenakan masih ada email lama yang  masih 'nyangkut' atau masih terkait dengan google adsense waktu melakukan pendaftaran blog lama saya yang sudah tidak aktif dan sudah solved dengan mudah)

Kesimpulannya ialah jangan serta merta langsung mendaftarkan blog atau website anda ke program Google Adsense jika blog anda masih terbilang muda dan tergesa-gesa tanpa anda mematangkan dahulu blog ataupun website anda dengan konten-konten artikel yang SEO dan navigasi halaman yan oke. Manfaatkanlah waktu anda untuk menyempurnakan blog ataupun website anda daru berbagai sisi dari struktur website, konten, tampilan, navigasi dan sebagainya sampai anda benar-benar yakin blog atau website anda sudah matang dan siap untuk didaftarkan ke program Goolge Adsense.


3. Menu Navigasi

Menu navigasi yang mudah diakses, rapi, mudah terlihat dan gampang digunakan tentunya menjadi salah satu bagian penting yang membuat pengalaman para pengunjung blog atau websitemu menjadi lebih baik dan berkesan yang tentunya akan membuat mereka tertarik untuk berkunjung kembali ke blog atau website yang kamu miliki. 

Adapun beberapa hal yang perlu kamu perhatian saat membuat atau merancang menu navigasi, seperti :
  1. Penataan dan Tata Letak Menu Navigasi - Pastikan menu-menu yang kamu rancang tertata dengan baik dan letaknya mudah ditemukan oleh pengunjung blog atau website kamu dalam sekali lihat saja dalam arti menu navigasi yang kamu tampilkan tidak tersembunyi.
  2. Mudah Terbaca - Mudah terbaca yang dimaksud ialah kamu mesti memperhatikan besar ukuran fontnya menu navigasi dalam arti tidak terlalu besar dan terlalu kecil. Warna font pastikan terbaca dan sesuai dengan template websitemu, misalnya jika template webistemu mengusung warna putih atau abu-abu, menggunakan font warna hitam adalah pilihan yang tepat. Terakhir gunakan font style yang sewajarnya dan tidak berlebihan atau aneh-aneh.
  3. Fungsi Menu Navigasi - Fungsi yang dimaksud ini kamu harus memastikan tidak ada 'broken link' dari setiap menu navigasi yang tersedia dan semua menu navigasi saat di klik sudah menuju ke halaman yang sesuai.
  4. Menu Navigasi Lengkap -  Kebanyakan para bloger lupa untuk menambahkan beberapa menu navigasi tambahan atau pelengkap, seperti : about us (tentang kami), contact us (informasi kontak), sitemap (index halaman), disclaimer, ToS (Terms of Service) ataupun privacy and policy. Kenyataannya halaman-halaman tersebut sangat di perhatikan oleh pihak Google Adsense saat mereview blog atau website anda.
Google Adsense sangat menyukai blog atau website yang memperhatikan kenyamanan dan user experience para pengunjungnya, karena dari hal tersebut dapat dilihat seberapa profesional dan niatnya anda untuk mengelola blog tersebut dan berpartner dengan Google Adsense.

4. Domain TLD

Sebenarnya sah-sah saja jika anda menggunakan domain gratis yang disediakan oleh platform blog yang anda gunakan saat ini, seperti .blogspot.com ataupun .wordpress.com. Akan tetapi menggunakan domain berbayar seperti .com, .co.id, .id, .net dan sebagainya akan meningkatkat peluang untuk di approve oleh Google Adsense. Hal ini dikarenakan jika anda menggunakan domain berbayar, menandakan anda mempunyai komitmen jangka panjang dalam waktu tahunan untuk mengelola blog tersebut. Hal ini dikarenakan anda tentunya mesti mengeluarkan uang untuk membeli domain tersebut di kisaran harga 100rb rupiah sampai 300rb rupiah pertahunnya untuk membeli dan menyewa sebuah domain.

Jika anda serius untuk membuat dan menghasilkan uang dari blog atau website yang anda buat, tentunya tidak masalah untuk mengeluarkan sedikit uang untuk membeli sebuah domain berbayar, hitung-hitung juga sebagai investasi awal. Selain itu dengan membeli sebuah domain berarti anda mempunya tanggung jawab untuk mengelola blog tersebut karena anda tentunya tidak ingin menyia-nyiakan uang yang sudah anda keluarkan untuk membeli domain tersebut. 

5. Mendaftar Dengan Email Baru

Hal yang perlu kamu perhatikan terakhir ialah saat melakukan pendaftaran ataupun saat kamu membuat blog tersebut gunakanlah email yang baru, atau email yang belum pernah kamu gunakan untuk didaftarkan ke program Google Adsense sebelum nya. Hindarilah menggunakan email-email lama yang sudah pernah di tolak oleh Google Adsense.

Selain untuk menghindari ditolak kembali oleh Google Adsense, menggunakan email baru juga akan mempermudah kamu dalam mengelola email-email yang masuk dan ditujukan untuk blog atau website yang kamu miliki. Dengan email baru atau yang masih kosong dan polos , tentunya akan meningkatkan peluang blog ataupun website yang kamu miliki untuk di approve atau diterima oleh Google Adsense.



Sekian dulu artikel Budak Duit Kali ini Mengenai "Hal-Hal Yang Perlu Kamu Evaluasi dan Revisi Sebelum Mendaftarkan Blog atau Website Kamu Ke Program Google Adsense". Semoga artikel kali ini akan menambah pengetahuan, referensi ataupun wawasan kamu yang ingin menghasilkan uang dari blog dengan mendaftarkan blog tersebut ke program Google Adsense tentunya. Tinggalkan komentar dan pesan jika ada hal yang ingin ditanyakan ataupun kamu merasa terbantu dengan artikel kali ini. Terima kasih sudah membaca!.

8 komentar untuk "Evaluasi dan Revisi Hal Ini Sebelum Mendaftarkan Blog Ke Google Adsense"

  1. Terkadang beberapa blogger terlalu bernafsu untuk segera mendaftarkan blognya ke google adsense tanpa memerhatikan terlebih dahulu hal-hal seperti yang agan bahas diatas.

    Info yg menarik semoga menjadi panduan dan referensi bagi para blogger yang hendak memonetisi blognya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bang , dulu ane termasuk orang yang ngeblog trus ambisius buat langsung daftaran blog dan ujung" nya di tolak.

      Dan baru sadar proses mengelola suatu blog itu ke merawat anak dari kecil hingga dewasa.

      Terima kasih bang supriyanto dan mampir :))

      Hapus
  2. Makasih gan informasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Gan Mayuf dah mampir kesini, semoga bermanfaat ya artikel nya. Terima kasih sekali lagi :)

      Hapus
  3. Balasan
    1. Sama sama bang ridwan, terima kasih sudah berkunjung

      Hapus
  4. salam bro, jangan lupa ubah tampilan blog nya, kan udah 2021 nih hehe. salam revisi. @2020 - All Right Reserved. Written and Developed by Budak Duit

    BalasHapus
    Balasan
    1. tetep 2020 dong bang, biar jadi tonggak budakduit.id mulai ngeblog heheheh....

      Hapus