Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Membuat Artikel Cepat Terindex Di Mesin Pencarian Google

5 Cara Membuat Artikel Cepat Terindex Di Mesin Pencarian Google
5 Cara Membuat Artikel Cepat Terindex Di Mesin Pencarian Google

Jika kita sudah mempunyai atau mengelola sebuah blog/website sudah pasti kita harus mengisi blog/website tersebut dengan konten-konten artikel yang menarik. Akan tetapi selain kita berusaha membuat suatu konten yang menarik, kita juga harus memikirkan bagaimana konten-konten yang telah kita buat dapat ditemukan dengan mudah oleh orang-orang yang berselancar di dunia maya atau calon visitors. Tentunya hal yang sia-sia bukan jika kita sudah sudah payah membuat konten-konten artikel yang menarik dan bagus akan tetapi tidak sampai atau sulit ditemukan oleh calon visitors atau pembaca.

Mesin pencariaan Google memiliki robot crawler ‘spider’ yang tugasnya melakukan pelacakan dan pengindexan terhadap postingan baru dari seluruh blog/wesbite baik berupa konten berbentuk artikel, gambar ataupun video. 

Datangnya robot clawler 'spider' tersebut ke website kita pun tidak bisa kita prediksi atau kita tentukan. Sehingga waktu pengindekan dari artikel bisa berbeda-beda, ada yang terindex nya cepat ada juga yang butuh waktu lama untuk terindex di mesin pencariaan google.  


Oleh karena itu pada artikel kali ini Budak Duit Indonesia akan mencoba merangkum cara-cara yang dapat kamu lakukan agar artikel-artikel yang telah kamu buat dan diposting di blog/website mu cepat terindex oleh obot clawler 'spider' dan muncul di daftar pencarian google, sehingga artikel mu mempunyai kesempatan lebih banyak untuk di baca pengunjung blog/web.

5 Cara Membuat Artikel Cepat Terindex Di Mesin Pencarian Google


1. Konsiten Memposting Artikel

Menulis artikel secara runtin dan konsisten merupakan salah satu cara jitu yang bisa membuat blog/website yang kamu miliki naik peringkatnya di mesin pencarian google. Jika kamu memiliki blog/website dengan peringkat yang baik di mesin pencarian google atau alexa rank, tentunya akan membuat artikel-artikel yang sudah kamu buat dan di posting di blog/website lebih mudah ditemukan oleh robot crawler dan lebih cekat terindex di mesin pencarian Google.

Seperti yang kita tahu Google sangat menyukai blog/website yang rajin update dan memposting hal-hal yang baru. Jadi buatlah blog/website yang kamu miliki disukai oleh Google terlebih dahulu. Lagipula selain cepat terindex, dengan memposting artikel secara konsisten tentunya akan menambah peluang anda untuk diterima oleh Google Adsense.


2. Hindari Persaingan 'Keywords' Dengan 'Longtail Keywords'

Gunakanlah kata kunci atau 'keywords' yang minim persaingan agar lebih mudah di temukan oleh robot mesin pencarian google. Anda dapat menilai persaingan keywords tersebut dengan membandingkan dua screenshot dibawah ini :

5 Cara Membuat Artikel Cepat Terindex Di Mesin Pencarian Google
Short Keyword

Bandingkanlah jumlah hasil pencarian dari kedua screenshoot ini, antara 'short keyword' dan 'longtail keyword'

5 Cara Membuat Artikel Cepat Terindex Di Mesin Pencarian Google
Longtail Keyword
Dengan hasil pencarian yang lebih sedikit, tentunya membuat robot mesin pencarian 'spider' lebih cepat untuk merayapi dan menemukan artikel anda. Untuk menemukan kata kunci atau 'keyword' yang sering di cari oleh visitors tapi minim persaingan, anda dapat melakukan riset keywords dengan menggunakan beberapa tools online free, Google Search, Semrush, Google Keyword Planner, Ubersugest dan tools-tools free lainnya hingga yang berbayar.


3. Buat Artikel SEO Friendly

Google sendiri pasti sudah memiliki standar untuk artikel-artikel yang akan mereka tampilkan di mesin pencarian. Artikel SEO Frienly yang dimaksud ialah artikel-artikel yang memenuhi standar dan kaidah-kaidah-kaidah ataupun aturan yang sudah ditetapkan oleh Google. Adapun beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam membuat suatu artikel, diantaranya seperti :
  1. Pakai keywords yang sering dicari
  2. Setiap tulisan dalam paragraf fokus Terhada keywords tersebut
  3. Membuat artikel yang layak dibaca sesuai dengan niche dan keywords
  4. Perhatian struktrur artikel seperti header dan paragraf
  5. Tidak ada tulisan yang copy paste
  6. Optimasi gambar atau gambar di compress terlebih dahulu agar tidak berat di loading
  7. Pastikan artikel tersebut mempunyai manfaat kepada para pembaca
  8. Gunakan kalimat baku yang baik dan benar, sebisa mungkin hindari singkatan
  9. Buatlah artikel yang unik
  10. Gunakan prinsip 'madu' dan 'susu' dalam membuat suatu artikel 

4. Gunakan Custom Link

Gunakan custom link dan tentunya harus SEO untuk mempermudah google bots crawler untuk menemupak dan mengindex artikel yang nantinya akan di posting. Contohnya seperti gambar dibawah ini 

5 Cara Membuat Artikel Cepat Terindex Di Mesin Pencarian Google
Sangat disarankan untuk menggunakan custom link setiap kali anda membuat artikel dan mempostingnya.

5 Cara Membuat Artikel Cepat Terindex Di Mesin Pencarian Google




5. Mendaftar Setiap Link Artikel Dan Sitemap Ke Google Search Console

Google Search Console adalah salah satu tools yang ditawarkan oleh google untuk membantu para blogger mendaftarkan link dari artikel-artikel yang mereka sudah posting. Hal ini bertujuan untuk menganalisa ataupun melakukan request kepada bot mesin pencari untuk melakukan crawling dan pengindexan agar artikel kita lebih cepat terdaftar dan terindex di mesin pencarian google.

Contohnya seperti gambar dibawah ini setelah saya melakukan Url Live Test, langkah selanjutnya ialah melakukan Request Indexing. 

Request Indexing Google Seach Console
Request Indexing Google Seach Console


Jangan lupa untuk mendaftarkan juga sitemap blog/webiste anda ke Google Seach Console, dikarenakan dengan mendaftarkan sitemap tentunya akan membantu bots mesin pencarian melakukan indexing dari artikel-artikel yang sudah anda buat ke mesin pencarian google.

Sitemap Di Google Seach Console
Sitemap Di Google Seach Console


Sekian dahulu artikel Budak Duit Indonesia kali ini mengenai "5 Cara Membuat Artikel Cepat Terindex Di Mesin Pencarian Google". Semoga artikel ini dapat membantu kamu lebih cepat untuk melakukan pengindex an dari artikel-artikel yang ada pada blog/wesbite yang kamu miliki saat ini. Tinggalkan pesan dan komentar positif jika kamu suka dan merasa terbantu dengan artikel kali ini. Terima kasih sudah membaca!.

4 komentar untuk "5 Cara Membuat Artikel Cepat Terindex Di Mesin Pencarian Google"