Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Sumber Penghasilan Yang Bikin Kamu Cepat Kaya

5 Sumber Penghasilan Yang Bikin Kamu Cepat Kaya
5 Sumber Penghasilan Yang Bikin Kamu Cepat Kaya
Setiap hal yang kita inginkan di dunia ini pastinya membutuhkan pengorbanan untuk mendapatkannya, baik itu mengorbankan waktu, tenaga, pikiran ataupun aset-aset yang kita miliki. Semua pengorbanan-pengorbanan yang kita lakukan pastinya memiliki tujuan, yaitu mendapatkan hasil yang lebih dari apa yang kita korbankan. 

Menjadi kaya dan bisa memenuhi segala kebutuhan yang kita butuhkan dalam kehidupan sehari-hari pastinya merupakan impian dari hampir seluruh orang dunia. Namun untuk mencapai tujuan tersebut bukanlah hal yang mudah dan instan. Butuh proses yang bertahap untuk menjadikan dirimu kaya dan berkecukupan.  Adapun cara yang bisa kamu tempuh untuk membuat kamu cepat kaya ialah memiliki beberapa penghasilan selain dari penghasilan utama yang kamu dapatkan dari bekerja. 

Pada artikel kali ini Budak Duit akan merangkum beberapa sumber penghasilan yang bisa kamu dapatkan untuk membuat dirimu cepat kaya dan hidup berkecukupan.

1. Gaji sebagai Karyawan

Jika kamu seorang karyawan dan bekerja pada suatu tempat usaha atau perusahaan, pastinya kamu akan mendapatkan gaji setiap bulannya sebagai imbalan dari kontribusimu pada perusahaan tersebut. Gaji merupakan penghasilan pokok yang dimiliki setiap orang dan merupakan sumber penghasilan utama yang menjadi penopang hidup seseorang untuk memenuhi segala kebutuhan hidupnya sehari-hari. 

Kebanyakan orang akan merasa nyaman dan aman saat memiliki gaji yang tetap dan cenderung tidak mencari alternatif tambahan lain. Hal tersebut bukanlah termasuk hal yang bijak, karena kita tidak pernah tahu jika sewaktu-waktu kita di PHK , berhenti kerja karena sakit, resign karena konflik dan hal-hal lainya yang tidak bisa anda perkirakan. Tentunya jika hal tersebut terjadi, anda otomatis akan kehilangan penghasilan dan tidak mempunyai sumber pendapatan lain untuk memenuhi kebutuhan  sehari-hati sampai mendapatkan pekerjaan baru dan kembali mendapatkan penghasilan tetap.

Oleh karena itu cobalah untuk mencari sumber pendapatan lainnya untuk berjaga-jaga dan tentunya menambah penghasilanmu dan dapat dengan cepat mencapat kekayaan yang kamu impikan.

2. Berjualan Produk Ataupun Jasa

Tentunya kamu sudah sering mendengar orang-orang yang sukses dari berjualan, baik itu berjualan secara konvensional ataupun berjualan online. Banyak orang yang merintisnya dari awal dengan cara berjualan online dan menjadikannya sebagai pekerjaan sampingan setelah selesai bekerja. 

Kamu bisa memulainya dengan memanfaatkan marketplace-marketplace yang sudah tersedia banyak saat ini. Buatlah satu toko online dan posting barang-barang yang ingin kamu jual-belikan lalu lakukan promosi sederhana ke orang-orang terdekatmu ataupun social media yang kamu miliki.

Selain menjual produk berbentuk barang, kamu juga bisa menjual jasa sesuai dengan keahlian yang kamu miliki dengan cara menjadi freelancer. Jika kamu mempunya keahlian dan menulis, kamu bisa menjadi seorang penulis artikel blog, penulis buku, jurnalis dan sebagainya. Saat ini banyak sekali platform-platform yang membantu para freelancer terhubung dengan client-client yang membutuhkan jasanya.

3. Uang Sewa

Menyewakan lahan ataupun properti bisa menjadi sumber penghasilanmu selanjutnya. Kamu bisa menyewakan rumah, kontrakan, kos-kosan , ruko, tanah dan berbagai aset lainnya yang kamu miliki. Memang sumber penghasilan ini harus didukung dengan memiliki aset-aset tersebut terlebih dahulu.

Cobalah untuk menabung terlebih dahulu untuk dijadikan DP KPR Rumah, lalu sewakan rumah yang kamu beli tersebut. Dan nantinya, uang hasil sewa ini bisa menjadi sumber penghidupan utama kamu di masa tua atau pensiun nanti sekaligus mendapat rumah tersebut jika cicilannya sudah lunas.

4. Investasi

Saat ini banyak sekali influencer-influencer yang membagikan cerita dan pengalamannya dalam berinvestasi. Salah satu instrumen yang sedang hits saat ini ialah saham. Keuntungan dari bermain saham ialah kamu bisa mendapatkan penghasilan dari capital gain (selisih keuntungan jual-beli saham) ataupun dari deviden ( laba yang diberikan kepada para pemilik saham ). Saham sendiri bisa kamu jadikan sebagai investasi jangka pendek ataupun jangka panjang.

Jika kamu pemula dan baru belajar saham, kamu bisa memulainya dengan membeli saham-saham yang bergerak dibidang perbankan dikarenakan saham-saham perbankan cenderung stabil dan konsisten mengalami kenaikan dari tahun ketahun. 

Pastikan kamu memiliki mindset dan psikologis yang baik dalam melakukan trading ataupun investasi saham serta kenali resiko-resiko yang ada. Jangan pernah menggunakan dana darurat ataupun berhutang apalagi menggunakan uang yang bukan milik anda untuk membeli dan bermain saham dikarenakan saham sendiri dikategorikan sebagai salah satu invetrument investasi yang memiliki resiko tinggi untuk mengalami kerugian. High return, high risk !.

5. Royalti dari Buku

Seperti yang kita tahu kegunaan buku dulunya ialah sebagai media untuk mencatat dan menyebarkan informasi dan ilmu pengetahuan dari seseorang ke orang lainnya. Dan dulu buku ditulis oleh orang-orang cendikiawan, profesor, seorang filsuf dan orang-orang penting lainnya.

Akan semakin berkembangnya zaman banyak sekali orang yang sudah menulis buku dari berbagai macam latar pendidikan dan profesi. Banyak sekali orang-orang yang sukses dibidangnya mulai menulis bukunya sendiri untuk berbagi, menginspirasi orang ataupun mendapatkan penghasilan dari buku yang ia tulis dan terbitkan.

Penghasilan yang didapatkan dari menulis buku ialah royalti dari penerbitan buku. Royalti itu sendiri ialah jumlah yang dibayarkan oleh  penerbit kepada sang penulis atas hasil karyanya. Jika kamu memiliki hobby atau bakat menulis, kamu bisa mencoba membuat sebuah buku lalu mengajukan buku tersebut kepada salah satu penerbit buku untuk direview terlebih dahulu apakah buku tersebut layak terbit atau tidak. Jika layak terbit maka sang penerbit akan mencetak buku tersebut dan menjualnya. Kamu akan mendapatkan royalti sesuai dengan kesepakatan yang sudah dibuat dari hasil penjualan buku tersebut.


Sekian dulu artikel Budak Duit kali ini mengenai "5 Sumber Penghasilan Yang Bikin Kamu Cepat Kaya". Semoga menginspirasi kamu untuk mendapatkan penghasilan lebih untuk mencapai tujuan yang kamu inginkan. Tinggalkan pesan dan komentar jika kamu suka dengan artikel kali ini. Terima kasih sudah membaca!.

Posting Komentar untuk "5 Sumber Penghasilan Yang Bikin Kamu Cepat Kaya"