Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Mudah Mendapatkan Backlink Gratis Berkualitas

5 Cara Mudah Mendapatkan Backlink Gratis Berkualitas
5 Cara Mudah Mendapatkan Backlink Gratis Berkualitas 

Bagi anda yang baru memulai menjadi seorang blogger atau penulis blog/website, mungkin belum paham apa itu istilah backlink. Mungkin juga anda bertanya-tanya apa itu backlink yang sering dibahas oleh para blogger lain di dalam suatu komunitas ataupun grup. 

Backlink sejatinya ialah salah satu strategi dalam SEO. Backlink merupakan salah satu aspek penting dalam menentukan posisi ranking suatu blog/website di dalam daftar mesin pencarian Google.


Apa Itu Backlink?

Backlink adalah sebutan atau istilah untuk menamai traffic yang berasal dari blog/website lainnya yang mengarah ke link website yang kita miliki. Backlink bisa di bilang suatu rujukan dari website lain ke website yang kita miliki. Misalahnya ada webiste A yang mencantum kan link yang mengarah ke website website B ataupun sebaliknya dengan tujuan mendapatkan atau saling tukar traffic. Kegiatan saling memberikan backlink seperti itu biasa disebut dengan link building.

Manfaat Dari Backling

Adapun beberapa manfaat yang bisa anda rasakan untuk blog/website yang anda miliki dengan melakukan link building dengan tujuan mendapatkan traffic dari backlink adalah sebagai berikut :
  1. Lebih mudah dan diindex oleh bots mesin pencarian Google atau spider bots
  2. Menjaga rangking dan reputasi di mesin pencarian Google
  3. Meningkatkan kredibilitas suatu blog/website
  4. Mendapatkan traffic dari blog/website lain
  5. Menaikkan peringkat dimesin pencariian Google
Setelah anda mengetahui pengertian backlink dan manfaat dari backling. Adapun beberapa cari yang dapat anda lakukan untuk mendapatkan backling gratis dan berkulitas adalah sebagai berikut :

5 Cara Mudah Mendapatkan Backlink Gratis Berkualitas 


1. Membuat Konten-Konten Update, Menarik Dan Berkulitas

Sudah hal umum bahwa orang-orang lebih tertarik dengan konten-konten yang update, menarik dan berkualitas. Seperti yang kita tahu untuk mendapatkan sebuah ide untuk menulis suatu konten yang fresh bukanlah hal yang gampang. Kebanyakan blogger atau penulis blog/website saat ini cenderung untuk melakukan prinsip ATM ( Amati Tiru dan Modifikasi) dan sebenarnya hal tersebut sah-sah saja selama tidak melakukan plagiat atau copas seutuhnya.

Akan menjadi nilai tambah tersendiri jika anda benar-benar bisa membuat konten yang benar-benar baru dan menarik dan berkualitas dengan tujuan memberikan manfaat dan pengetahuan baru bagi para pembaca konten yang kamu buat. Mungkin saja artikel mu tersebut di likir dan menjadi rujukan dari website sekelas Wikipedia.

2. Aktif Membangun Relasi

Cobalah untuk mencari grup ataupun komunitas dari para blogger. Selain di grup atau komunitas blogger tersebut sering melakukan sharing tentang dunia blog, kamu pun bisa mendapatkan teman atau relasi yang bisa kamu ajak untuk saling bertukar dan menanamkan link blog/website di masing-masing pihak dengan tujuan mendapatkan traffic tentunya.

Carilah relasi atau teman blogger yang memiliki tema atau niche blog/website yang sama dengan blog/website anda.


3. Rajin Riset Keywords

Rajin melakukan riset keywords untuk dijadikan menjadi suatu konten adalah salah satu hal yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan backlink. Carilah keyword yang sering dibahas baru-baru ini, dikarenakan hal-hal baru tentunya persaingan atau kompetitornya masih belum terlalu ketat. Bisa jadi anda merupakan salah satu blogger atau penulis website yang menulis dan menemukan keywords baru tentunya.

4. Melakukan Blogwalking

Blogwalking ialah dimana kita mengunjungi blog/website yang dimiliki oleh blogger lain dan meninggalkan jejak berupa tulisan atau komentar di buku tamu ataupun kolom komentar yang ada di setiap artikel. Melakukan blogwalking merupakan salah satu cara yang ampun untuk mendapatkan kunjungan balik dari pemilik website ataupun pengunjung dari website tersebut. 

Biarpun aktivitas blogwalking sudah dianggap kuno dan mulai ditinggalkan, akan tetapi cara ini masih cukup ampuh bagi anda yang baru saja terjun ke dunia blog/website untuk mendapatkan relasi ataupun traffic.

5. Mendapatkan Backling Dari Sumber-sumber Berikut

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan backlink ialah mencari backling dari beberapa  platform-platform yang ada di bawah ini , seperti :

  • Facebook (DA:100) (Atribut Tautan : NoFollow) : Bergabung kedalam suatu komunitas yang sudah ada ataupun membuat grup dan komunitas sendiri khusus untuk blog/website yang anda miliki.
  • Twitter (DA : 100) (Atribut Tautan : NoFollow) : Membuat twit-twit menarik dan melampirkan link blog/website anda pada postingan twit yang anda buat.
  • Quora (DA : 90)  (Atribut Tautan : NoFollow) : Menjawab pertanyaan dari para pengguna Quora dan melampirkan link tautan ke blog anda.
  • Youtube (DA : 100) (Atribut Tautan: NoFollow) ; Membuat suatu channel youtuber yang berisi video-video menarik dan menaruh link tautan ke blog anda di setiap video yang anda buat.
  • Medium (DA : 94) (Atribut Tautan : NoFollow) : Membuat suatu cerita dan melampirkan tautan blog anda
  • About.me (DA : 91) (Atribut Tautan : Dofollow) : Daftar akun baru about.me lalu buat profil pribadi anda dan lampirkan link tautan blog/webiste anda.
  • Slideshare (DA : 96)  (Atribut Tautan : NoFollow) : Anda bisa buat konten berupa materi presentasi untuk upload ke slideshare dan lampirkan tautan ke blog/website anda ditulisan dalam materi yang bisa di klik.
  • Academia.edu (DA : 92) (Atribut Tautan : NoFollow): Membuat konten artikel yang didalamnya sudah anda beri tautan link ke blog/website anda, lalu upload ke academia.edu.
  • Scribd (DA : 93 (Atribut Tautan : NoFollow) : Membuat konten artikel yang didalamnya terdapat tautan link ke blog/website anda , lalu di upload ke Scribd.com
  • Crunchbase (DA : 89)  (Atribut Tautan : DoFollow) : Buat profil untuk blog/website anda
  • Linkedin (DA : 100) (Atribut Tautan : NoFollow)  : Posting artikel di feed Linkedin anda. 
  • Pinterest (DA : 94) (Atribut Tautan : NoFollow) : Buat pin dan insert link tautan blog/website anda
  • Google News (DA :100) (Atribut Tautan : NoFollow) : Daftarkan blog/website anda di Google News Publisher
 
Itu lah beberapa cara untuk mendapatkan backlink gratis dan berkualitas berserta sumber-sumber backlink dari beberapa platform yang bisa anda coba untuk menaikkan peringkat blog/website anda di mesin pencariaan Google.


Sekian dulu artikel Budak Duit Indonesia kali ini mengenai "5 Cara Mudah Mendapatkan Backlink Gratis Berkualitas". Semoga artikel kali ini bermanfaat bagi anda yang saat ini menekuni dunia blog/website. Terima kasih sudah membaca!.

1 komentar untuk "5 Cara Mudah Mendapatkan Backlink Gratis Berkualitas "