Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Strategi Menabung Untuk Biaya Pernikahan Ala Budak Duit

5 Strategi Menabung Untuk Biaya Pernikahan Ala Budak Duit
5 Strategi Menabung Untuk Biaya Pernikahan Ala Budak Duit

Pernikahan adalah jenjang tertinggi dari suatu hubungan percintaan antara dua insan manusia laki-laki dan perempuan. Pernikahan sendiri ialah proses sakral dan mungkin hanya terjadi sekali dalam seumur hidup sehingga banyak orang yang ingin menggelar pesta pernikahannya dengan pesta yang meriah dan berkesan bagi sang pasangan ataupun keluarga dan orang-orang tercinta. 

Biaya pernikahan merupakan hal yang sering menjadi kendala bagi orang yang ingin melanjutkan hubungannya ke jenjang pernikahan dengan pesta pernikahan yang diinginkan. Banyak sekali pasangan yang gagal untuk memenuhi biaya pernikahan karena kurangnya persiapan dan tidak bisa mengubah gaya hidupnya. Oleh karena itu Budak Duit sudah merangkum "5 Strategi Menabung Untuk Biaya Pernikahan".


1. Tentukan Anggaran Pernikahan

Menentukan anggaran pernikahan adalah langkah pertama yang perlu kamu lakukan jika kamu berencana untuk melakukan pernikahan. Dengan adanya  rincian anggaran yang teliti dan estimasi yang akurat, kamu bisa mengetahui berapa kira-kira uang yang kamu perlukan untuk menggelar pesta pernihakanmu. Dengan adanya rincian anggaran, kamu dapat meminimalisir uang yang terbuang sia-sia dan bisa berhemat.

Diskusikan hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan dan berapa biaya yang kira-kira perlu kamu keluarkan. Mulailah untuk mencari referensi dan informasi estimasi biaya pernikahan di tahun terkini. Dengan ada nya anggaran pernikahan, kamu dan pasanganmu dapat membuat strategi untuk mengumpulkan uang untuk membayar biaya pernikahan.


2. Menabung Bersama Dalam Satu Rekening Khusus

Jika sudah membuat dan menetapkan anggaran pernikahan, langkah selanjutnya ialah membuka rekening tabungan khusus untuk pernikahan. Anda dan pasanganmu bisa mulai mengisi rekening tabungan pernikahan tersebut bersama-sama dengan mengalokasikan gaji masing-masing pihak. Diskusikan dahulu berapa nominal uang yang perlu disisihkan untuk ditabung setiap bulannya.

Dengan adanya rekening tabungan pernikahan kamu dan pasanganmu akan mulai mengurangi hidup boros, sehingga bisa fokus untuk mempersiapkan biaya pernikahan dengan baik secara bersama-sama.

3. Kurangi Pengeluaran Sehari-hari

Mulailah untuk mulai berhemat dan mengurangi biaya-biaya dan pengeluaran sehari-hari. Hal-hal yang dapat kamu lakukan untuk menekan biaya harian contohnya seperti kurangi jajan dan ngopi, kurangi belanja barang yang tidak perlu, membawa bekal makanan untuk berhemat dan hal-hal lainnya yang menurutmu bisa mengurangi uang yang kamu keluarkan setiap harinya. Tabunglah uang yang dapat kami sisihkan setiap hari ke dalam rekening tabungan pernikahan.

4. Ubah Kebiasan Kencan Mewah Dan Berlebihan

Jika biasanya setiap akhir pekan kamu dan pasanganmu menghabiskan waktu bersama dengan jalan-jalan, makan malam di restoran, nonton bioskop dan sebagainya, sebaiknya perlu kamu ubah dahulu. Rencanakanlah aktivitas akhir pekan anda bersama pasangan dengan aktivitas yang lebih hemat, seperti jalan-jalan di taman, masak di rumah, nonton film bersama di laptop, sharing dan hal-hal lainnya yang menurutmu perlu dicoba tetapi tidak membutuhkan uang yang terlalu banyak.

Membangun chemistry tidak harus selalu keluar nonton bioskop dan makan malam mewah. Kamu bisa coba habiskan waktu bersama di rumah dengan obrolan-obrolan santai ataupun sharing rencana-rencana yang ingin kalian lakukan berdua kedepannya. Hal ini tentu sangat berguna sebelum membangun bahtera rumah tangga bersama nantinya.

5. Mencicil Kebutuhan Pernikahan

Sembari menabung, mulailah untuk coba mencicil kebutuhan pernikahan yang bisa penuhi. Hal ini tentu bertujuan untuk persiapan sedari dini dan tidak menumpuk menjelang hari-H. Cicilkan kebutuhan pernikahanmu setiap bulannya, seperti membeli baju , sepatu, aksesoris ataupun membayar uang muka lebih awal untuk sewa gedung. Sesuaikan hal-hal yang bisa kamu cicil dengan budget atau pendapatan yang kamu miliki dan tidak berlebihan.

Posting Komentar untuk "5 Strategi Menabung Untuk Biaya Pernikahan Ala Budak Duit"