Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Passive Income Dan Active Income Serta Perbedaannya

Pengertian Passive Income Dan Active Income Serta Perbedaannya
Pengertian Passive Income Dan Active Income Serta Perbedaannya

Sejatinya dari zaman dahulu kala sampai dengan sekarang, manusia perlu bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Di zaman dahulu kala sebelum adanya alat pembayaran yang sah atau yang kita sebut saat ini dengan uang, masyarakat memenuhi kebutuhannya dengan melakukan barter atau saling bertukar barang yang ia miliki dengan barang yang ia butuhkan, contohnya seperti menurkar beberapa kilo beras dengan satu ekor ayam. 

Saat sudah adanya alat pembayaran sah atau uang, tradisi barter pun berkurang atau sangat jarang dilakukan. Dengan adanya uang , masyarakat memenuhi kebutuhannya dengan membelinya dari orang lain menggunakan uang yang ia miliki. Uang tersebut dihasilkan dengan bekerja dengan membuka usaha sendiri ataupun bekerja pada orang lain dengan menjadi karyawan dan mendapatkan penghasilan bulanan.

Semakin berkembangnya zaman dan teknologi, cara manusia untuk mengahasilkan uang pun makin beragam dan berbeda-beda. Dan mungkin sebagian dari anda pernah mendengar passive income dan active income akan tetapi belum benar-benar mengetahui artinya serta perbedaan dari kedua istilah tersebut. Oleh karena itu Budak Duit pada artikel kali ini akan membahas apa yang dimaksud dengan passive income dan apa yang dimaksud dengan active income.
 

Apa Itu Passive Income dan Active Income?

Passive income adalah pendapatan yang didapatkan seseorang hanya dengan melakukan aktivitas seminim mungkin dan tidak terlalu berperan aktif untuk mendapatkan penghasilan tersebut. Sederhananya walaupun anda sedang tidurpun anda tetap menghasilkan dan mendapatkan uang dari sumber-sumber passive income anda. Pendapatan passive income ini bisa anda dapatkan dari beberapa sumber seperti :
  1. Investasi : Saham, obligasi, reksadana, investasi emas dan sebagainya
  2. Afiliasi : Penulis blog, content creater, dan sebagainya
  3. Properti : Sewa apartemen, kost, kontrakan, sewa lahan dan sebagainya
  4. Royalti : Hak Cipta, hak paten, design dan sebagainya
Sedangkan active income adalah pendapatan yang anda dapatkan dari kegiatan aktif yang anda lakukan. Contohnya anda bekerja dengan profesi dan job desk dan mendapatkan penghasilan berupa gaji bulanan. Atau intinya anda mengorbankan waktu, tenaga dan pikiran serta berperan aktif untuk mendapatkan pendapatan active income.


Perbedaan Passive Income dan Active Income

Adapaun beberapa perbedaan antara passive income dan active income seperti :

  1. Active income memerlukan waktu, tenaga dan pikiran untuk mendapatkannya, contohnya seperti bekerja sehari-hari di suatu perusahaan dan sedangkan passive invome anda hanya perlu melakukan aktivitas yang minim selebihnya hanya perlu menunggu dan mengamati, contohnya seperti investor saham yang hanya aktif saat melakukan jual atau beli saham dalam beberapa ketukan jadi di perangkat smartphonenya.
  2. Normalnya anda perlu bekerja 5 hari dalam waktu satu minggu dan setiap harinya perlu bekerja selama 7 jam untuk mendapatkan active income berupa gaji. Sedangkan pendapatan dari passive income tidak ada batasan waktu dan hari, anda bisa tetap menghasilkan uang dalam kondisi apapun bahkan pada saat anda tidur.
  3. Pendapatan dari active income sudah bisa di prediksi dan sudah anda ketahui jumlah yang anda terima tiap bulannya dan sedangkan penghasilan dari passive income tidak bisa anda prediksi untuk besar kecilnya pendapatan yang anda terima.
  4. Active income biasanya diisi oleh orang-orang dengan profesi karyawan yang bekerja pada perusahaan ataupun orang yang bekerja sendiri di usaha yang ia miliki, sedangkan passive income biasanya diisi oleh orang-orang seperti investor, pemilik bisnis yang besar ataupun orang yang berprofesi sebagai kreator.
  5. Active income didapatkan dalam periode waktu yang tetap bisa harian, bulanan atau tahunan untuk mendapatkannya dan sedangkan passive income tidak tentu kapan anda akan mendapatkan hasilnya. 

Sekian dulu artikel dari Budak Duit kali ini mengenaik "Pengertian Passive Income Dan Active Income Serta Perbedaannya". Semoga menambah pengetahuan dan referensi anda. Tinggalkan pesan dan komentar positif jika kalian suka dengan artikel kali ini. Terima kasih sudah membaca

Posting Komentar untuk "Pengertian Passive Income Dan Active Income Serta Perbedaannya"