Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Apa Itu Swing Trading Saham, Pengertian , Strategi, Kelebihan, Kelemahan Dan Tips Melakukan Swing Trading

Mengenal Apa Itu Swing Trading Saham : Pengertian , Strategi, Kelebihan, Kelemahan Dan Tips Melakukan Swing Trading
Mengenal Apa Itu Swing Trading Saham : Pengertian , Strategi, Kelebihan, Kelemahan Dan Tips Melakukan Swing Trading

Seperti yang kita tahu harga saham suatu selalu bergerak naik dan turun baik dalam jangka waktu pendek, jangka waktu menenang maupaun jangka waktu panjang. Pergerakan harga saham ini lah yang dimanfaatkan para trader untuk mendapatkan keuntungan dari capital gain ( selisih yang didapatkan dari harga jual dikurangi harga beli saham) jika para trader jeli dalam memantau pergerakan harga saham dan malapetaka yang mengakibatkan kerugian jika para trader tidak jeli atau melakukan kesalahan saat melakukan trading.

Ada banyak sekali strategi yang bisa anda gunakan dalam melakukan trading saham. Salah satu strategi yang dapat anda gunakan ialah Swing Trading Saham untuk mendapatkan keuntungan dalam jangka waktu pendek.


Apa Itu Swing Trading Saham?

Swing Trading Saham adalah strategi trading dengan memanfaatkan naik-turun pergerakan saham untuk mendapatkan keuntungan dalam jangka waktu pendek dimana para trader melakukan pembelian saham di swing low dan melakukan penjualan di swing high. Para trader lebih cenderung menggunakan analisa teknis untuk mencari saham dengan momentem naik-turun harga dalam jangka pendek. Swing Trading sendiri dapat menggunakan analisa fundamental dan teknis secara bersamaan.

Strategi Swing Trading

Strategi Swing Trading menuntut kejelian para trader dalam memantau situasi dan pergerakan harga suatu saham. Para trader hasil memilih saham-saham yang mempunyai trend bullish atau saham yang diprediksi akan mengalami kenaikan harga. Setelah memilih saham-saham dengan trend bullish, langkah selanjutnya ialah membeli saham tersebut dan melakukan hold sampai dengan jangka waktu kurang lebih seminggu atau persentase target profit sudah tercapai lalu menjualnya untuk mendapatkan capital gain.

Kelebihan dan Keuntungan Swing Trading 

Adapun beberapa kelebihan dan keuntungan dari strategi Swing Trading adalah :
  1. Strategi Swing Trading jauh lebih santai dibandingkan Scalping Trading atau One Day Trading karena ada tidak perlu memantau pergerakan naik dan turunya harga saham seharian penuh.
  2. Dalam jangka waktu beberapa hari, anda bisa mendapatkan persentase keuntungan sekitar 5 persen -20 persen.
  3. Memberikan sensasi fun walau tidak se-hype strategi Scalping Trading atau One Day Trading
  4. Resiko mengalami kerugian lebih rendah dibandingkan strategi Scalping Trading atau One Day Trading

Kelemahan dan Kerugian Swing Trading

Adapun beberapa kelemahan dan kerugian dari strategi Swing Trading adalah :
  1. Karena jangka waktu swing trading kurang lebih seminggu, kemungkinan terpapar kerugian lebih lama dibandingkan Scalping Trading atau One Day Trading
  2. Swing trading bisa menjadi trading paling sulit karena tidak adanya indikator pasti yang menunjukkan kapan harga saham berada di bottom dan kapan harga saham berada di puncak.
  3. Mudah terpengaruh trend berita negatif atau fear, contohnya dalam beberapa hari harga saham mengalami kenaikan seperti yang kita prediksikan, akan tetapi tiba-tiba berbalik saat Bank Dunia mengumumkan kebijakan baru.
  4. Menimbulkan sifat jenuh saat anda hanya bisa memantau harga saham tapi tidak bisa ikut trading lagi karena anda masih menunggu modal anda balik.

Tips Swing Trading

Jika anda tertarik untuk menggunakan strategi Swing Trading, ada beberapa tips yang dapat anda gunakan untuk memperoleh keuntungan yang konsisten. Adapun beberapa tipsnya adalah :
  1. Carilah saham-saham yang mempunyai potensi mengalami uptrend dalam waktu kurang lebih satu minggu kedepan
  2. Pilihlah saham-saham yang mempunyai fluktuatif bagus
  3. Hindari saham-saham gorengan (saham yang mengalami kenaikan tidak wajar)
  4. Manfaat dengan baik momen-momen saat harga saham breakout dan resisten
  5. Faktor Fun, Greed dan Fear masih menjadi tantangan tersendiri bagi para trader yang menggunakan strategi Swing Trading

Kesimpulan 

Strategi Swing Trading sangat mudah dipahami dan sederhana sehingga strategi ini sangat cocok untuk para pemula yang baru terjun di dunia investasi saham ataupun para profesional. Swing trading sangat cocok untuk anda yang ingin mendapatkan keuntungan dalam jangka waktu pendek tetapi tidak mempunyai waktu yang cukup banyak untuk memantau pergerakan naik-turun harga saham seharian penuh.


Sekian dulu artikel Budak Duit kali ini tentang Strategi Swing Trading Saham. Semoga artikel kali ini menambah ilmu pengetahuan dan wawsan baru bagi anda dalam melakukan trading saham. Jangan lupa untuk memberikan komentar positif, jika kamu suka dengan artikel ini. Terima kasih sudah membaca!.

Posting Komentar untuk "Mengenal Apa Itu Swing Trading Saham, Pengertian , Strategi, Kelebihan, Kelemahan Dan Tips Melakukan Swing Trading"