Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Melakukan Investasi Diri Sendiri

Investasi Diri Sendiri : Manfaat dan Cara Melakukan Investasi Ke Diri Sendiri
Investasi Diri Sendiri : Manfaat dan Cara Melakukan Investasi Ke Diri Sendiri


Apa Itu Investasi Diri Sendiri?

Investasi adalah proses dimana kita menyimpan atau menempatkan dana dalam periode tertentu untuk mendapatkan hasil berupa keuntungan ataupun peningkatan dari nilai investasi itu sendiri.

Dapat kita simpulkan investasi diri sendiri adalah dimana kita menempatkan dana, waktu dan tenaga untuk menambah value dari diri kita sendiri untuk mendapatkan keuntungan. Value yang dimaksud adalah peningkatan skill atau keahlian, networking, public speaking dan sebagainya, sedangkan keuntungan yang kita dapatkan ialah ilmu pengetahuan baru, promosi jabatan, mendapatkan relasi bisnis dan sebagainya.


Apa Manfaat Investasi Diri Sendiri?

Banyak sekali manfaat dan hal-hal positif yang bisa kamu dapatkan dengan melakukan investasi ke diri sendiri, seperti :
  • Menambah dan memperluas pengetahuanmu
  • Menambah rasa percaya diri
  • Membantu menemukan potensi dan bakat-bakat yang kamu miliki
  • Menambah value dan skill mu didunia kerja
  • Menambah relasi dan networking
  • Menambah kreativitas
  • Bekal untuk masa depan untuk meraih cita-cita dan kesuksesan

Cara Berinvestasi Ke Diri Sendiri Ala Generasi Milenial

1. Mendengarkan Podcast

Mungkin sebagian besar dari kamu saat ini sudah mendengar dan mengetahui apa itu Podcast.  Iya ! Podcast adalah konten siaran non-streaming yang disampaikan dalam bentuk audio yang disebarkan melalui media digital. Podcast bisa dibilang sudah sangat popupler di mancanegara, seperti Amerika, UK, dan Australia maupun di negara-negara Asia. 

Melalui Podcast kamu bisa mendapatkan pengetahuan-pengetahuan baru dan informasi menarik hanya dari perangkat smartphone yang kamu miliki. Kamu bisa mendengarkan Podcast kapanpun dan dimanapun kamu mau, seperti mendengarkannya saat jam istirahat kuliah atau kantor, di transportasi umum saat jam pulang/berangkat kuliah atau kerja, saat santai dirumah atau jam-jam sebelum tidur dan sebagainya untuk mengisi waktu luangmu dengan hal yang bermanfaat dan tidak membosankan. Banyak sekali topik-topik Podcast yang bisa didengarkan untuk membangun dan mengembangkan diri kamu saat ini, seperti bisnis, investasi, personal development dan sebagainya.

Adapun beberapa aplikasi Podcast yang dapat kamu dengarkan seperti :
  • Inspigo
  • Anchor
  • Apps Coast
  • Temanmacet
  • Spotify
  • Youtube

2. Menonton Youtube

Platform Youtube memang lebih dikenal dan kebanyakan berisi channel-channel yang kontennya berisi hal-hal yang bersifat entertaiment atau hiburan. Namum tidak sedikit juga yang berkaitan dengan hal-hal yang edukatif dan informatif seperti ilmu pengetahuan, pengembangan diri, investasi dan sebagainya. 

Kamu dapat menemukan hal-hal baru dari Youtube dengan tampilan video dan audio yang lebih menarik yang belum tentu kamu dapatkan dari buku-buku pelajaran konvensional yang bisa membantumu untuk menambah pengetahuan baru, menggali diri, menentukan tujuan hidup dan juga potensi untuk mengembangkan diri.

3. Webinar (Seminar Online)

Di zaman era teknologi dan informasi seperti sekarang ini banyak sekali instansi-instansi pemerintah, perusahaan dan pendidikan yang menyelenggarakan webinar untuk menjangkau audiensnya dalam ruang lingkup yang luas. Webinar itu sendiri adalah suatu seminar, presentasi, pengajaran, penyampaian informasi ataupun workshop yang dilakukan secara online melalui aplikasi ataupun media digital.

Berbeda dengan seminar konvensional pada umumnya dimana kamu perlu mendatangi langsung suatu tempat atau lokasi yang sudah ditentukan. Dengan webinar kamu hanya perlu standby didepan Pc/laptop atau perangkat mobile (tablet/smarphone) yang kamu milki pada waktu yang telah ditetapkan dan terhubung dengan webinar tersebut dengan bantuan koneksi internet. Hal ini tentunya mempermudah kamu untuk menambah pengetahuan dengan mengikuti webinar dimanapun kamu mau.

4. Kuliah Online

Melanjutkan pendidikan dengan kuliah lagi merupakan suatu hal yang bijaksana, karena tidak ada kata selesai untuk belajar. Jika kamu saat ini sudah berkeja tetapi ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, mungkin kamu bisa mencoba sistem kuliah online. 

Sistem kuliah online akan sangat membantu kamu untuk melanjutkan pendidikan tanpa perlu berhenti dari pekerjaanmu saat ini, karena sistem pembelejarannya dilakukan secara online dan hampir tidak ada tatap muka langsung sehingga kamu tidak perlu lagi ke kampus. 

Adapun beberapa Universitas terkenal sudah sudah menyelengarakan sistem kuliah online, seperti :
  1. Universitas Bina Nusantara ( Binus )
  2. Universites Mercubuana
  3. Institut Teknologi Bandung ( ITB)
  4. Universitas Indonesia
  5. Universitas Al-Azhar Indonesia

5. Program Sertifikasi Online

Memiliki keterampilan tambahan ataupun kemampuan khusus dalam suatu hal, tentunya akan menambah nilai jualmu di dunia kerja. Kamu akan mendapatkan perkerjaan lebih mudah ataupun kesempatan mendapatkan promosi lebih tinggi dibandingkan orang-orang lain yang pendidikannya selevel dengan pendidikan mu saat ini.Saat ini banyak sekali program-program yang kamu bisa pilih untuk meningkatkan kemampuanmu yang kamu saat ini ataupun menambah kemampuan-kemampuan baru lainnya.

Kamu bisa mulai mencari program-program sertifikasi yang satu jalur dengan background pendidikanmu saat ini ataupun pekerjaan yang sedang kamu geluti. Kamu bisa mencoba program sertifikasi online dimana pembelajaran dan tes-tes keahliannya dilakukan secara online yang memudahkan kamu mengaksesnya kapanpun kamu dan dimanapun kamu berada, sehingga tidak menggangu aktivitas utamamu sehari-hari. 

Setelah kamu berhasil mengikuti dan menyelesaikan segala kegiatan pembelajaran dan tes-tes yang dilakukan untuk menguji pengetahuan mu, kamu akan mendapatkan sertifikat sebagai bukti bahwa kamu sudah berhasil menjalani program sertifikasi tersebut dan tentunya sertifikat tersebut bisa kamu lampirkan di CV atau surat lamaran kerja mu nanti. 



Sekian dulu artikel dari Budak Duit kali ini tentang "Investasi Diri Sendiri : Manfaat dan Cara Melakukan Investasi Ke Diri Sendiri ". Semoga artikel kali ini dapat membantu kamu untuk bisa mengembangkan diri kamu saat ini untuk meraih kesuksesan karir dan kesuksesan finansial dimasa depan. Terima kasih

Posting Komentar untuk "Cara Melakukan Investasi Diri Sendiri"