Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Kunci Kebebasan Finansial ala Robert Kiyosaki

10 Kunci Kebebasan Finansial ala Robert Kiyosaki Beserta Tips Untuk Meraihnya
10 Kunci Kebebasan Finansial ala Robert Kiyosaki Beserta Tips Untuk Meraihnya

Mungkin anda sudah mengenal atau baru tahu siapa itu Robert Kiyosaki. Beliau adalah seorang investor, pengusaha, motivator dan juga seorang penulis. Sampai saat ini beliau sudah menulis 15 buku yang secara akumulatif telah terjual lebih dari 26 juta buah buku di seluruh dunia.3 dari 15 buku yang sudah ditulis dan diterbitkan yaitu Rich Dad Poor Dad, Rich Dad's CASHFLOW Quadrant, dan Rich Dad's Guide to Investing menjadi buku terlaris secara berturut-turut di The Wall Street Journal, USA Today serta New York Times.

Salah satu bukunya yang berjudul Rich Dad Poor Dad merupakan salah satu buku terbaik di dunia dan menjadi bestseller. Di buku tersebut Robert Kiyosaki mengulas tentang kebebasan finansil yang wajib dimiliki oleh setiap orang untuk dapat menjalani hidup dengan baik tanpa perlu khawatir akan kondisi keuangan ataupun finansial mereka.

Kebebasan finansial sudah menjadi sebuah impian hampir seluruh orang di dunia saat ini. Dengan memiliki kebebasan finansial anda bisa memiliki hidup yang tentang dan nyaman tanpa perlu khawati akan kondisi finansial dan keuangan, bahkan sekalipun anda memutuskan untuk resign ataupun pensiun karena seluruh biaya anda sehari-hari sudah bisa di cover oleh pendapatan pasif yang anda miliki.

Pada artikel kali ini memberikan kunci-kunci rahasia kebebasa finansial ala Robery Kiyosaki yang dirangkum dari bukunya yang berjudul Rich Dad Poor Dad  yang ditulisannya berdasarkan pengalaman beliau semasa menjadi sebagai pengusaha, investor, motivator dan menjadi salah satu pakar finansial yang terkemuka di dunia, berikut adalah kunci-kunci dan tips kebebasan finansial dari Robert Kiyosaki:


10 Kunci Kebebasan Finansial ala Robert Kiyosaki Beserta Tips Untuk Meraihnya


1.Mengambil tanggung jawab penuh.

Pada poin ini, Robert Kiyosaki mengungkapkan bahwa setiap orang harus berani dan bertanggung jawab atas neraca keuangan mereka sendiri. Anda bertanggung jawab penuh dari setiap keputusan-keputusan finansial yang anda lakukan dan pastinya sudah tau bahwa apapun keputusan yang anda ambil nantinya akan berpengaruh terhadap kondisi finansial anda di masa depan nantinya. Sebagai contoh : Jika saat anda mempunyai sejumlah uang dan memutuskan untuk membeli sebuah mobil, tentunya hasilnya dimana depan akan berbeda jauh dibandingkan anda membeli sebuah rumah atau tanah. Perbedaannya ialah dimana harga mobil akan terus turun dan menyusut dari tahun ke tahun, sedangkan harga rumah dan tanah cenderung akan mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. 


2. Mengontrol Pengeluaran

Seperti yang anda tahu, saat ini kita hidup di zaman yang serba konsumtif. Banyak sekali tantangan-tantangan yang kita untuk mengendalikan pengluaran kita di zaman komsumtif sekarang ini. Anda perlu belajar untuk mengatur pengeluaran sehari-hari karena pengeluaran tersebut sangat berpengaruh terhadap kesehatan neraca keuangan anda nantinya. Berpikirlah berulang kali sebelum anda memutuskan menghabiskan uang anda untuk membeli sesuatu. Anda akan merasa cukup berat dimasa-masa awal. Akan tetapi nantinya anda akan terbiasa untuk mengendalikan pengeluaran anda dan tentunya akan berdampak positif pada impian anda untuk menuju kebebasan finansial yang anda idam-idamkan.


3. Anggaran Keuangan Itu Sangat Penting

Cobalah untuk membuat anggaran keuangan anda dan mulailah menggunakan uang anda sesuai dengan anggaran yang telah anda buat. Anggaran keuangan sangat penting untuk mencapai kekebasan finansial anda di masa depan. Dengan adanya anggaran keuangan , anda akan mengetahui batasan-batasan dalam mengelola pendapatan dan mengontrol pengeluaran anda. Dengan andanya anggaran keuangan , anda dapat dengan mudah dan efisien dalam mengontrol neraca keuangan anda untuk mencapai kebebasan finansial yang anda inginkan.


4. Bayarlah Diri Anda Sendiri Dengan Menabung

Sisihkanlah sebagian pendapapatan anda untuk ditabung. Adapun tujuan menabing adalah untuk membuat diri anda semaki kaya dan mencegah anda menjadi miskin. Menabung adalah hal sederhana yang bisa dilakukan oleh semua orang di dunia. Dengan menabung berarti anda sedang berinvestasi terhadap masa depan anda nantinya. Dengan menabung pula akan mengindarkan anda dari sifat-sifat konsumtif ataupun terlilit hutang nantinya.


5. Hindari Berhutang

Hutang adalah salah satu hal negatif yang mempengaruhi kesehatan neraca keuangan anda. Hutang dan bunga yang mesti anda bayarkan akan menggerogoti impuan anda untuk mencapai kebebasan finansial. Dengan memiliki hutang akan membuat anda khawatir setiap harinya karena hutang tersebut adalah kewajiban yang mesti anda lunasi. Usahakan jangan menggunakan hutang untuk membeli barang-barang konsumtif karena efek negatif terhadap kondisi neraca keuangan anda akan menjadi berkali-kali lipat. Berusahalah sebisa mungkin untuk terhindar dan bebas dari hutang. Berkomitmenlah untuk hidup tanpa memiliki hutang. Bebas dari hutang merupakan salah satu syarat untuk mencapai kebebasan finansial yang anda idam-idamkan.

6. Dana Darurat

Dana darurat ialah dana yang tidak bisa diganggu-gugat untuk keperluan apapun selain hal-hal yang bersifat mendesak atau urgent. Banyak sekali orang yang belum paham akan perlunya dana darurat sehingga jika terjadi sesuatu hal yang darurat, seperti mengalami kecelakaan dijalan dan butuh dilakukan operasi mereka ataupun kerabatnya akan kebingungan untuk mendapatkan uang dengan cepat untuk membayar administrasi dan uang muka untuk membayar rumah sakit dan biaya operasinya. 

Anda tentunya tidak menginginkan hal tersebut terjadi pada anda dan memutuskan untuk berutang yang tentunya akan menjadi beban tambahan nantinya. Jika anda masih produktif dan memiliki pendapatan yang stabil, mulailah untuk menyisihkan uang anda untuk disimpan menjadi dana darurat. Dengan adanya dana darurat akan membuat hidup anda menjadi lebih tenang dalam menjalani hidup sehari-hari. Cobalah untuk membuat rekening baru untuk menyimpan dana darurat anda secara rutin.


7. Jangan Berhenti Belajar

Dunia itu seperti universitas kehidupan, jadi selama kita masih hidup dan belum lulus dari dunia ini kita perlu terus belajar dan menambah pengetahuan baru setiap harinya. Untuk mencapai kebebasan finansial, anda perlu belajar bagai mana industri keuangan itu berkerja. Anda bisa memulai dengan mempelajari satu topik dahulu, misalnya belajar tentang membuat dan mengatur anggaran rumah tangga. Jika sudah paham dan cukup menguasai satu topik, anda bisa memulai untuk mempelajari topik-topik lainnya. Sehingga pengetahuan anda terus bertambah dan semakin pintar dalam mengelola neraca keuangan anda.


8. Memiliki Rencana dan Tujuan Keuangan

Memiliki tujuan keuangan akan membuat anda lebih fokus untuk mencapai tujuan keuangan yang sudah anda tetapkan. Mulailah untuk membuat rencana keuangan terlebih dahulu untuk mencapai kebebasan finansia. Jika anda ingin menpunyai suatu usaha bisnis, maka mulailah untuk mengumpulkan modalnya terlebih dahulu, rencana bisnis yang akan anda jalankan dan mulailah untuk membuat perusahaan anda. Apabila anda ingin menjadi investor maka mulailah untuk belajar tentang instrumen-instrumen investasi yang sesuai dengan profil resiko anda.

Memiliki rencana dan tujuan keuangan yang jelas akan membuat anda lebih mudah mengenali kemampuan terbaik anda untuk mencapai kekebasan finansial. Rencana dan tujuan keuangan membuat anda lebih fokus dan termotivasi untuk menjalani hidup sesuai dengan yang anda impikan.


9. Perluas Network Marketing

Memperlua Network marketing membutuhkan biaya yang rendah dibandingkan membuka bisnis atau perusahaan yang cenderung membutuhkan modal investasi yang cukup besar. Dibutuhkan banyak waktu dan modal berupa uang untuk membuat bisnis baru. Oleh karena itu mulailah dengan melatih dan memperluan network marketing untuk melatih kemampuan bisnis anda dan sebagai dasar untuk berpindah dari seorang karyawan biasa menjadi seorang pengusaha. Memiliki network marketing adalah salah satu modal untuk mencapai kebebasan finansial. Network marketing akan memberikan anda pendapatan pasif walaupaun anda sedang beristirahat atau menjalankan hobby anda sekalipun.


10.Hidup Sederhana atau Hidup Minimalis

Perkembangan dunia semangkin cepat dan semakin rumit dari waktu ke waktu dengan adanya berbagai desakan untuk mendapatkan uang sebanyak-banyaknya untuk memenuhi kebutuhkan hidup kita sehari-hari. Kebutuhan akan uang yang banyak demo menopang gaya hidup kita akan mengganggu kualitas kehidupan kita sehari-hari. Gaya hidup yang serba mewah akan menyesatkan hidup anda dan mungkin saja membuat anda jatuh ke dalam jurang kemiskinanan dan membuat semangat hidup anda berkurang dan bahkan menyebabkan depresi.  Tentunya anda tidak mau hal tersebut terjadi pada diri anda. Anda perlu menyederhanakan hidup dan berfikir dengan terbuka. Hilangkan gaya hidup mewah yang terus menuntut anda untuk menghasilkan uang banyak terus-menerus.

Kunci utama dari kebebasan finansial itu sendiri sangat sederhana, yaitu mengubah semua pendapatan kita untuk bekerja dan mengahsilkan pendapatan pasit ataupun pendapatan portofolio. Jadi biarkan uang bekerja untuk kita. Dengan prinsip ini akan membuat anda lebih mudah untuk mencapat kebebasan finansial yang anda idam-idamkan dalam hidup.


Sekian dahulu artikel budak duit kali ini mengenai "10 Kunci Kebebasan Finansial ala Robert Kiyosaki Beserta Tips Untuk Meraihnya". Semoga dapat membantu menambah wawasan anda dan tentunya membantu anda untuk meraih kebebasan finansial dalam hidup anda secepatnya. Jika anda suka dengan artikel ini jangan lupa tinggalkan komentar-komentar positif anda. Terima kasih sudah membaca!.

Posting Komentar untuk "10 Kunci Kebebasan Finansial ala Robert Kiyosaki"