Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Cara Merdeka Secara Finansial?


Bagaimana Cara Merdeka Secara Finansial?
Bagaimana Cara Merdeka Secara Finansial?

Finansial atau dalam bahasa inggris finance adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan keuangan. Kata merdeka sendiri berasal dari bahasa sanskerta maharddhika yang memiliki arti kaya, sejahtera dan kuat ataupun didalam bahasa Indonesia memiliki makna bebas atau independen. 

Dari hal-hal diatas dapat kita simpulkan bahwa merdeka secara finansial ialah disaat kondisi seseorang tidak perlu khawatir lagi akan kondisi finansialnya. Seseorang bisa dikatakan sudah merdeka secara finansial, saat orang tersebut sudah bebes dari hutang, memiliki passive income, mempunyai dana darurat, memiliki asuransi, tabungan atapun sudah memiliki dana pensiun sehingga tidak perlu khawatir akan kondisi keuangannya dimasa depan.

Adapun beberapa ciri-ciri seseorang belum merdeka secara finansial, seperti :

  • Sulit mengelola keuangan, berapapun gaji yang diterima selalu terasa kurang
  • Selalu dirudung masalah hutang
  • Tidak bisa berinvestasi ataupun memiliki dana darurat
  • Selalu khawatir akan kondisi finansial dimasa depan atau setelah pensiun nantinya
Untuk mencapai kemerdekaan secara finansial itu sendiri dibutuhkan konsistensi, disiplin serta komitmen yang tinggi untuk merubah kebiasaan yang lama dan memulai kebiasaan baru untuk kondisi finansial yang lebih baik dan tentunya merdeka secara finansial.

Pada artikel kali ini Budak Duit sudah  merangkum beberapa tips jitu yang bisa kamu lakukan untuk mencapat kemerdekaan secara finansial dan memiliki hidup yang lebih baik. Adapn beberapa tips jitu tersebut, diantaranya :

1. Lunasi Semua Hutang

Melunasi hutang merupakan kewajiban bagi siapa saja yang berhutang, baik itu berhutang ke orang, pinjaman online ataupun bank. Jangan sampai kamu mengalami gagal bayar yang bisa mengakibatkan namanu masuk dalam daftar blacklist Bank Indonesia (BI). Dikarenakan jika hal tersebut terjadi, maka kamu akan kesulitan nantinya dimasa depan jika kamu ingin mengajukan pinjaman ke bank, KPR dan sebagainya.  
Dengan melunasi hutang kamu akan terhindar dari biaya bunga yang mesti kamu bayarkan terus-menerus. Melunasi hutang juga akan membuat perasaanmu lebih tentang dan tidak perlu merasa khawatir uangmu habis jika gajian datang atau ditagih oleh debt collector

2. Kurangi Belanja Konsumtif

Jika sudah mengurangi atau melunasi hutang-hutang yang kamu miliki, langkah selanjutnya ialah memulai untuk mengurangi biaya-biaya konsumtif. Adapun beberapa biaya konsumtif yang biasa kita keluarkan, seperti belanja barang yang tidak diperlukan saat ini, jajan dan ngopi, top-up untuk game dan sebagainya. Dengan mengurangi biaya-biaya konsumtif tentunya kamu dapat menyisihkan uang lebih dari biasaya dan bisa kamu alihkan untuk ditabung ataupun di investasikan.

3. Mengelola Pengeluaran Dan Membuat Anggaran

Agar cash flow kamu tetap aman dan sehat, mulailah untuk membuat anggaran belanja mingguan ataupun bulanan. Dengan adanya anggaran keuangan diharapkan kamu dapat mengontrol dan mengelola segala pengeluaran yang kamu keluarkan setiap bulannya. Dengan adanya anggaran keuangan kamu bisa lebih fokus dan mengetahui cara untuk mengontrol keuanganmu.

4.Mempunyai Dana Darurat

Pengertian dari dana darurat sendiri ialah uang yang dapat kamu ambil sewaktu-waktu jika suatu saat ada kebutuhan mendesak dan bersihat urgensi ataupun tidak dapat disangka-sangka. Danar darurat sendiri memiliki ciri-ciri tidak dapat di ganggu gugat, disisihkan setiap bulan dan dapat dicairkan sewaktu-waktu. 

Jika kamu sudah mengetahui apa itu dana darurat dan fungsinya, mulailah untuk menyisihkan uang yang kamu dapatkan setiap bulannya. Sisihkankan 5-10% yang yang kamu dapatkan setiap bulannya untuk dikumpulkan menjadi dana daruratmu jika dibutuhkan sewaktu-waktu. Dana darurat juga sangat penting jika kamu belum memiliki asuransi.

5. Menabung

Menabung adalah salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk mengelola keuanganmu dengan cara menyisihkan sebagian uang dari pengahasilanmu dengan tujuan untuk menyimpan dana cadangan di masa depan. Kenyataannya sampai saat ini bagi sebagian orang, menabung secara konsisten bukanlah kebiasaan mudah yang bisa dilakukan semura orang walaupun sudah mengetahui banyak manfaat yang bisa didapatkan dari kebiasaan menabung itu sendiri. 

Mulailah menabung dan sisihkan 10 persen sampai 30 persen tiap bulannya dari penghasilan yang kamu dapatkan secara rutin tiap bulannya. Mulailah dengan konsisten agar nantinya menabung akan menjadi hal biasa dan rutin untuk kamu lakukan.

6. Mulai Berinvestasi

Secara umum pengertian dari investasi adalah dimana seseorang menanamkan modalnya pada suatu perusahaan dalam waktu tertentu dengan tujuan mendapatkan keuntungan timbal balik dari modal yang sudah ia tanamkan. Berinvestasi dapat kamu lakukan jika kamu sudah memiliki pendapatan yang tetap dan sudah bisa menabung dengan rutin. 

Mulailah untuk menyisihkan 20 persen dari pendapatanmu untuk berinvestasi. Kenapa 20 persen? simple saja dengan investasi yang kecil kamu akan mendapatkan keuntungan yang kecil juga dan mungkin tidak akan menutupi biaya admin dari investasi yang kamu lakukan. Dengan modal yang cukup banyak hasil timbal balik yang kamu dapatkan tentunya akan banyak juga. 

7. Melindungi Semua Aset Yang Dimiliki

Setiap individu atau perusahaan pastinya memiliki aset sebagai modal dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Apa itu aset? Aset secara umum ialah modal ataupun harta yang dimiliki seseorang ataupun perusahaan bahkan negara pun memiliki aset. Mulailah untuk mendata semua aset-aset yang kamu miliki saat ini dan klasifikasikan aset-aset tersebut agar kamu tau bagaimana cara-cara untuk melindunginya. 

Adapun beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk melindungi aset yang kamu miliki, diantaranya :
  • Data dan buat dokumen kepemilikan ataupun sertifikat dari aset-aset yang kamu miliki 
  • Menyimpan aset-aset ataupun dokumen-dokumen berharga yang kamu miliki ke tempat yang dirasa aman, contoh brankas, safe deposit box 
  • Asuransikan aset anda (baik diri sendiri ataupun keluara dan aset-aset berupa benda mati)

8. Menyiapkan Dana Pensiun

Dana pensiun adalah dana khusus yang dikumpulkan saat dimana kita masih aktif bekerja dan memili pendapatan dengan tujuan dana yang dikumpulkan tersebut akan memberikan kita manfaat jikalau kita sudah mencapai usia pensiun sehingga berhenti berkerja, saat kita mengalami kecelakaan yang mengakibakan cacat atapun meninggal dunia.

Berdasarkan UU No. 11 tahun 1992, di Indonesia sendiri terdapat 3 jenis dana pensiun, diantaranya :
  1. Dana Pensiun Pemberi Kerja
  2. Dana Pensiun Lembanga Keuangan 
  3. Dana Pentiun Lembaga Keuntungan
Mulailah mencara informasi tentang lembaga-lembaga apa saja yang menyelengarakan dana pensiun dan daftarkan diri anda ke program dana pensiun, agar nantinya di hari tua nanti tidak perlu khawatir lagi tentang masalah finansial.

9. Pikirkan Diri Sendiri Terlebih Dahulu

Ada sebuah penelitian menemukan bahwa seseorang yang sejahtera secara finansial lebih merasakan fokus dan memiliki emosi positif ketika fokus pada diri mereka sendiri saja. Banyak orang yang rela mengeluarkan uang hanya untuk menarik perhatian orang lain ataupun sebagai syarat sosial agar ia bisa masuk ke komunitas atau lingkaran sosial tertentu. 

Mulailah untuk fokus kepada dirimu sendiri dan jadilah apa adanya. Banyak tokoh-tokoh sukses yang fokus kepada dirinya sendiri dan tidak terpengaruh oleh cara pandang dunia dan zaman. 

10. Just Do It !

Jika kamu sudah membaca cara-cara diatas langkah teperting dari semua cara tersebut ialah melakukannya dan mengaplikasikannya di kehidupanmu saat ini. Rancanglah dan mulailah dari hal-hal sederhana yang dapat kamu lakukan untuk memperbaiki kondisi finansialmu dan mencapai tujuan akhir yaitu merdeka secara finansial.

Posting Komentar untuk "Bagaimana Cara Merdeka Secara Finansial?"