Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Kata-Kata Motivasi Bijak Finansial Dari Tokoh-Tokoh Terkenal

5 Kata-Kata Motivasi Bijak Finansial Dari Tokoh-Tokoh Terkenal
5 Kata-Kata Motivasi Bijak Finansial Dari Tokoh-Tokoh Terkenal

1. "Anda tidak pernah tahu siapa yang berenang telanjang sampai air pasang surut". - Warren Buffett

Anda tidak bisa menghakimi orang yang kaya dan miskin dari tampilan luarnya saja. Mempunyai mobil bukan berarti ia lebih kaya dan bahagia daripada orang yang memiliki motor. Bisa saja orang yang memiliki mobil tersebut membelinya dengan kredit atau berhutang, dimana ia setiap bulan harus bekerja keras dan mengurangi kualitas hidup sehari-hari untuk melunasi cicilan mobil tersebut tiap bulannya. Sedankan di pengendara motor membeli motor secara cash dan ia masih memiliki sisa uangnya untuk ditabung ataupun di investasikan dan secara rutin masih bisa traveling dengan rutin setiap tahunnya.


2. “Jangan pernah menghabiskan uang Anda sebelum Anda mendapatkannya”. - Thomas Jefferson

Seuaikan apa yang ingin anda miliki dengan kemampuan anda untuk mendapatkannya. Banyak orang yang tidak tahu dan paham tentang kemampuan finansialnya sehingga menghalalkan untuk berhutang untuk membeli dan mendapatkan barang-barang yang ia impikan. Hutang dan bunganya akan terus menggerogoti anda terus-menerus sampai anda jatuh kedalam jurang kemiskinan karena tidak sanggup untuk melunasinya. Dapatkanlah barang-barang yang anda inginkan sesuai dengan kemampuan finansial anda saat ini dan bekerjalah lebih keras untuk mendapatkannya, bukan mengandalkan cara instant dengan berhutang.

3. “Ada perbedaan besar antara menghasilkan banyak uang dan menjadi kaya”. - Marlene Dietrich

Bekerja keras dan mengasilkan uang yang banyak belum tentu akan membuat kamu menjadi kaya. Mari kita analogikan dengan contoh 2 orang pegawai swasta yang bekerja di perusahaan yang sama tetapi memiliki jabatan dan gaji yang berbeda.

Contoh Pertama :
Jhon bekerja sebagai Manager di perusahaan A dengan gaji bulanan Rp.10.000.000. Kehidupan jhon yang serba mewah dan kewajiban dia untuk men-treatment atasannya agar karirnya lancar membuat Jhon mengeluarkan banyak uang dan setiap bulannya ia hanya memiliki sisa uang Rp. 2.000.000 saja.  
Contoh Kedua: 
Mike juga bekerja di perusahaan A sama dengan jhon, akan tetapi ia seorang supervisor dan memiliki gaji sebesar Rp.7.000.000 setiap bulannya. Mike mempunyai kehidupan yang sederhana setiap harinya dan sesekali mentraktir bawahannya untuk makan siang bersama setiap awal bulan. Setiap bulannya Mike mampu menyisihkan uangnya sebesar Rp.4.000.000 untuk ia alokasikan untuk ditabung dan diinvestasikan. 

Dari contoh diatas mungkin anda bisa menbedakan siapa yang menghasilkan banyak uang dan siapa yang kan menjadi kaya nantinya di masa mendatang.  


4. "Uang biasanya ditarik, bukan dikejar". - Jim Rohn

Uang ditarik adalah dimana kita sudah bisa membuat uang datang sendiri kepada kita dan bukan kita yang mengejar uang tersebut. Maksudnya ialah belajar dan mulailah berinvestasi dari sekarang. Dengan berinvetasi anda akan mengasilkan pendapatan pasif yang dimana anda tidak butuh usaha aktif untuk mendapatkan uang tersebut. Dengan adanya pendatapatan pasif dari investasi walaupun anda tidur sekalipun, anda tetap mendapatkan penghasilan dari investasi yang anda miliki. Memiliki pendapatan pasif adalah salah satu syarat untuk mencapai kebebasan finansial. Dimana anda sudah bisa membuat uang bekerja untuk anda dan mengcover biaya hidup anda sehari-hari.


5. “Fakta sederhana yang sulit dipelajari adalah bahwa waktu untuk menabung adalah saat Anda punya”. - Joe Moore

Tentunya kalian mengetahui bahwa faktanya menabung adalah hal yang paling simple dan mudah dilakukan oleh seluruh orang di dunia baik anak-anak sampai dengan orang biasa. Mungkin kamu merasa sulit untuk menabung saat memiliki uang dan merasa ingin mencoba menabung saat kamu tida memiliki uang.

Menabung ialah dimana kita menyisihkan sebagian uang yang kita hasilkan atau miliki dengan tujuan uang tersebut bisa dipakai dimasa depan untuk hal-hal yang tidak terduga atau hal yang kita inginkan dan  tidak bisa kita miliki saat ini. Menabung memiliki manfaat untuk memperbaiki kondisi finansialmu dan menjauhkan mu dari pola hidup konsumtif dan membuat dirimu terhindari dari hutang dan bunganya. 



Sekian dulu artikel Budak Duit kali ini mengenai " 5 Kata-Kata Motivasi Bijak Finansial Dari Tokoh-Tokoh Terkenal " . Semoga bisa menjadi motivasi tersendiri bagi anda untuk mengelola finansial anda menjadi lebih baik lagi dari waktu ke waktu. Tinggalkan komentar dan pesan jika kamu suka dengan artikel ini. Terima kasih sudah membaca!.

Posting Komentar untuk "5 Kata-Kata Motivasi Bijak Finansial Dari Tokoh-Tokoh Terkenal"