Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Instrumen Investasi Yang Paling Aman Dan Menguntungkan

5 Instrumen Investasi Yang Paling Aman Dan Menguntungkan Di Tahun 2021
5 Instrumen Investasi Yang Paling Aman Dan Menguntungkan Di Tahun 2021

Apa Itu Investasi?

Secara umum pengertian dari investasi ialah dimana kita sebagai orang yang memiliki aset atau dana,  menamankan aset atau dana yang kita miliki ke suatu perusahaan atau perorangan dalam jangka waktu tertentu dengan tujuan untuk mendapatkan timbal balik dari aset atau dana yang kita tanamkan.

Banyak orang-orang yang sudah bekerja keras dan mengumpulkan uang sebanyak mungkin tetapi mereka bingung uang tersebut akan digunakan untuk apa. Akhirnya uang yang mereka kumpulkan hanya menjadi dana yang mengendap di rekening bank begitu saja. Biapun menabung tergolong sebagai salah satu investasi dimana kita akan mendapatkan timbal balik berupa bunga bank, akan tetapi keuntunugan persentasi yang didapatkan dari bunga bank sama sekali tidak menggiurkan. 

Pada artikel kali ini Budak Duit sudah merangkum beberapa instrumen investasi yang aman dan menguntungkan  di tahun 2021 ini. Adapun beberapa instrumen investasi tersebut , seperti :


1. Investasi Diri Sendiri

Ilmu pengetahuan dan teknologi akan terus berkembang dari waktu ke waktu tentunya. Selalu ada hal-hal baru yang ditemukan setiap detiknya di dunia yang luas ini. Meski saat ini anda memiliki kemampuan dan skill yang baik dibidang yang anda jalani saat ini dan berhenti mempelajari hal-hal baru, itu sama saja seperti tinggal menunggu waktu saja sampai anda digantikan oleh generasi-generasi yang baru dan update.

Kegiatan seperti belajar, membaca buku, ikut pelatihan-pelatihan dan seminar ialah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk berinvestasi terhadap diri sendiri. Berinvestasi ke diri sendiri akan meninggkatkat skill, pengetahuan dan value mu di dunia kerja tentunya. Berinvestasi diri sendiri ialah investasi yang paling aman karena dan paling menguntungkan di kehidupan ini. Sejatinya tidak ada ilmu yang tidak berguna.


2. Investasi Emas

Dari zaman dulu sampai sekarang emas merupakan logam mulia yang sangat terkenal dan diminati semua orang di segala penjuru dunia. Emas selalu digambarkan sebagai lambang kejayaan dan kekayaan. Di zaman moderin ini emas sendiri lebih dikenal sebagai salah satu instrumen investasi yang menjanjikan, aman dan menguntungkan. Karena seperti yang kita tahu harga emas itu sendiri selalu mengalami kenaikan dari waktu ke waktu. Investasi emas merupakan investasi jangka panjang, sehingga kita baru bisa menikmati hasil nya dalam waktu 5 tahun sampai 10 tahun keatas.

Adapun beberapa keuntungan dari investasi emas, diantaranya seperti :

  • Mudah dicairkan
  • Bersifat global sebagai mata uang dunia
  • Tidak terpengaru inflasi atau kondisi buruk ekononi negara
  • Bebas pajak
  • Melindungi kekayaan dari penyusutan


3. Investasi Reksadana

Reksadana adalah dana yang dikumpulkan oleh Manager Investasi (MI) dari para investor dan masyarakat dengan tujuan ditempatkan ke dalam portofolio efek. Reksadana merupakan salah satu instrumen investasi yang bisa anda pilih jika tidak memiliki banyak waktu dan pengetahuan yang terbatas tentang dunia investasi. Anda tidak perlu khawatir akan resiko kerugian dari investasi, karena reksadana sendiri dikelola oleh Manajer Investasi yang berpengalaman dan terpercaya. Adapun beberapa jenis-jenis  reksadana, seperti :
  1. Reksa Dana Pasar Uang (Money Market Funds)
  2. Reksa Dana Pendapatan Tetap (Fixed Income Funds)
  3. Reksa Dana Saham (Equity Funds)
  4. Reksa Dana Campuran (Discretionary Funds)


4. Obligasi

Obligasi merupakan salah satu instrumen yang cukup populer beberapa tahun ini dan sering didengungkan atau direkomendasikan oleh para infulencer. Pengertian dari obligasi adalah surat pernyataan utang dari penerbit obligasi terhadap pemegang obligasi atau orang yang meminjakan dananya ke penerbit obligasi. Sederhananya ada 2 pihak yaitu pihak yang berhutang (penerbit obligasi) dan pihak pemberi hutang (pemegang obligasi).

Didalam surat obligasi sendiri biasanya dicantumkan nominal uang yang dipinjamkan berserta jatuh temponya dan bunga (kupon) yang mesti dibayarkan yang merupakan kewajiban dari penerbit oblikasi atau pihak yang berhutang. 

Biarpun return dari obligasi itu sendiri kisarannya hanya dibawah 10 persen. Akan tetapi rasa aman dan nyaman  yang ditawarkan dari investasi ini, sangat cocok bagi anda yang baru terjun ke dunia investasi  dan ingin menghindari resiko rugi di investasi pertama anda.

5. Surat Berharga Negara (SBN)

Surat Berharga Negara atau SBN adalah Surat Utang Negara (SUN) dan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) yang diterbitkan oleh pemerintah. Surat-surat berharga  tersebut aialah surat yang berisi pengakuan hutang negara kepada pemegang surat tersebut baik dalam mata uang rupiah maupun valuta asing yang dijamin pembayaran bunga dan pokoknya oleh Negara Republik Indonesia, sesuai dengan masa berlaku dari surat berharga tersebut.

Uang yang kamu investasikan ke negara ataupun yang kamu utangkan ke negara, nantinya akan digunakan untuk kepentingan pembangunan-pembangunan proyek yang anda di negara Indonesia. Karena dijamin oleh negara, tentunya uang yang kamu investasikan akan kembali ditambah dengan bunganya. Selain mendapatkan keuntungan, tentunya kamu juga ikut andil dalam membantu pembangunan negara Indonesia.

Tiap SBN memiliki suku bunga dan tingkat pengembalian yang berbeda-beda. Contohnya SBR002 dimana kamu akan menerima bunga 7.5% dari uang kamu invesasikan. Misalnya kamu menginvestasikan uang yang kamu miliki sebesar Rp. 10 juta, maka kamu akan mendapatkan keuntungan sebesar Rp. 750 ribu per tahunnya.


Sekian dulu artikel Budak Duit kali ini mengenai "5 Instrumen Investasi Yang Paling Aman Dan Menguntungkan Di Tahun 2021". Semoga menambah wawasan dan pengetahuan anda jika ingin terjun ke dunia investasi di tahun 2021 ini. Tinggalkan pesan dan komentar positif kalian jika merasa terbantu dan suka dengan artikel kali ini. Terima kasih sudah membaca!


Posting Komentar untuk "5 Instrumen Investasi Yang Paling Aman Dan Menguntungkan"