Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Sederhana Blog Di Approve Google Adsense

5 Cara Sederhana Blog Di Approve Google Adsense Dalam Dua Bulan Ala Budak Duit
5 Cara Sederhana Blog Di Approve Google Adsense Dalam Dua Bulan Ala Budak Duit


Waktu zaman SMA dulu pasti ada pernah mendapatkan tugas-tugas dari mata pelajaran ilmu kompter yang berhubungan dengan teknologi, komputer dan internet. Salah satu tugas yang pernah saya dapatkan ialah membuat blog sederhana. Blog yang saya buat pertama kali sebagai syarat untuk mendapatkan nilai ialah blog yang isinya tentang jokes-jokes lucu dan sama sekali tidak ada kaitannya dengan ilmu pengetahuan sama sekali, sungguh terlalu bukan !. Ok Skip-skip!

Mungkin kebanyakan orang saat ini sudah tau apa itu website atau blog. Bisa dibilang website atau blog sederhananya ialah kumpulan halaman-halaman elektronik yang berisi tulisan, gambar ataupun video yang berisi informasi tertentu. Dulu nya kebanyakan orang menggunakan blog atau website personal untuk sekedar iseng, tempat curhat, tempa menuangkan pikiran ataupun sekedar menyalurkan hobi dan masih banyak sekali orang yang menyadari bahwa dari blog itu bisa menghasilkan uang juga.

Perlahan-lahan banyak orang-orang yang sukses dan menghasilkan uang hanya dengan membuat blog dan mengisinya dengan artikel-artikel sesuai dengan tema blog itu sendiri. Dikarenakan banyak kisah sukses tersebut banyak orang yang tertarik untuk membuat blog mereka sendiri dengan berbagai macam tujuan tentunya dan kebanyakan untuk mendapatkan uang atau penghasilan dari blog yang mereka buat. 

Saya sendiri termasuk salah satu orang yang tertarik untuk membuat blog dan mejadi seorang blogger lagi. adapun beberapa alasan saya untuk ngeblog lagi seperti :
  • Pandemi yang membuat terkurung didalam rumah dan tidak bisa traveling
  • Ingin mencari pendapatan tambahan atau passive income
  • Lagi tertarik dan ingin menekuni dunia investasi, makanya saya ambil niche atau tema blog tentang finansial
  • Hobby ngeblog dan suka membuat blog tapi kurang konsisten
  • Mencoba menantang diri sendiri untuk membuat blog dan konsiten
  • Terlanjur mengeluarkan uang untuk sewa domain tiga tahun dan membeli template mas sugeng.id
  • Terlanjur beli laptop baru untuk ngeblog
Akhirnya dibulan november saya pun membuat blog ini dan mulai menulis kembali dan mencoba untuk fokus ke dalam satu niche atau tema, yaitu membahas tentang dunia finansial seperti investasi, kebebasan finansial, hidup minimalis dan sebagainya. 

Finally ! setelah dua bulan ngeblog akhirnya saya memberanikan diri untuk mendaftarakan blog saya ke Google Adsense dan tidak butuh waktu lama atau hanya dalam waktu kurang dari 24 jam, akhirnya saya mendapatkan email dari Google Adsense bahwa blog saya sudah di approve. Setelah di approve saya hanya perlu melakukan beberapa konfigurasi dan menempatkan script-script iklan yang sudah disiapkan di halaman Google Adsense untuk di copas dan ditempatkan di blog yang saya miliki.

Pada artikel kali ini saya akan membahas cara-cara sederhana yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan peluang website atau blog anda di approve oleh Google Adsense. Cara yang akan saya jelaskan ini ialah cara-cara sederhana dan bersifat non-teknis dan berdasarkan pengalaman saya mendaftarkan blog Budak Duit ini dan di approve tanpa ada kendala sedikit pun. 

5 Cara Sederhana Blog Di Approve Google Adsense Dalam Dua Bulan Ala Budak Duit

Adapun beberapa cara yang saya tempuh selama kurang lebih dua bulan untuk di approve Google Adsense, adalah sebagai berikut :

1. Menentukan Niche atau Tema Blog

Yang pertama kali anda pikirkan pada saat membuat blog ialah menentukan niche atau tema dari blog yang ingin anda buat. Dengan adanya tema atau niche akan membuat anda lebih fokus untuk membuat suatu konten ataupun artikel dan tentunya blog yang anda miliki tidak kelihatan seperti blog 'gado-gado'. Google Adsense sendiri lebih menyukai blog yang terlihat profesional dan mempunyai tema yang jelas, dikarenakan dengan adanya tema blog yang jelas Google Adsense lebih mudah untuk menentukan kategori iklan-iklan apa saja yang bisa di munculkan di blog anda nantinya. Untuk membantu anda memilih niche atau tema blog, anda bisa membaca artikel berikut ini sebagai referensi "5 Tema Blogger Yang Menghasilkan Uang Terbanyak Di Google Adsense".

2. Pilih Platform Blog : Blogger atau Wordpress

Blogger atau Wordpress? pertanyaan itu sering ditanyakan oleh orang-orang yang baru memulai untuk menjadi seorang blogger atau penulis blog. Blogger atau Wordpress memiliki kelemahan dan kelebihan masing-masing. Saya pribadi saat ini lebih suka menggunakan platform Blogger.com dengan beberapa alasan seperti :
  • Pembuatan, konfugurasi dan customisasi yang mudah dan tidak menghabiskan waktu yang lama untuk mengotak-atik blog
  • Template yang tersedia banyak dan mudah didapatkan, mulai dari yang gratis hingga yang berbayar.
  • Modal Domain saja dan tidak membutuhkan hosting, sehingga biaya yang kamu keluarkan lebih sedikit dibandingkan menggunakan Wordpress
  • Cocok untuk pemula seperti saya yang hanya fokus untuk membuat konten dan melakukan sedikit customisasi
  • Dari dulu terbiasa menggunakan blogger dan hampir tidak pernah terlalu jauh menggunakan Wordpress
Biarpun saat ini blog Budak Duit menggunakan platform Blogger.com tidak menutup kemungkinan kedepannya akan menggunakan platform Wordpress jika traffic sudah cukup banyak.

3. Membeli Domain Dan Membeli Template Premium

Menggunakan domain berbayara seperti domain TLD atau Top Level Domain tentunya akan membuat blog atau website kita lebih terlihat meyakinkan dan profesional dan tentunya menambah kesempatan bloh untuk di approve Google Adsense lebih besar dibandingkan menggunakan domain bawaan dari Blogger ataupun Wordpress ataupun domain gratisan. Beberapa domain yang paling sering digunakan blogger indonesia ialah .com, .id dan co.id. Untuk domain blog Budak Duit saya memilih untuk menggunakan domain .id dikarenakan blog Budak Duit lebih fokus  menargetkan visitor dari Indonesia saja, karena saya pikir domain .com lebih cocok untuk blog universal dan sedangkan domain .co.id memiliki syarat yang rumit, yaitu dengan verifikasi KTP.

Untuk template blog sendiri saya mengeluarkan beberapa ratus ribu rupiah untuk membeli template blogger premium VioMagz dari Sugeng.id dikarenakan testimoni yang positif dari beberapa blogger yang sudah lebih dulu membeli template tersebut. Template VioMagz dari Sugeng.id sangat terbukti dan manjur untuk blog yang saya miliki saat ini, yaitu blog Budak Duit. Adapun beberapa alasan saya menggunakan ataupun membeli blog premium, sementara saya bisa mencari yang gratisan ialah berdasarkan pengalaman-pengalaman saya yang sudah-sudah, seperti :
  1. Blog gratisan cenderung tidak sempurna dan ada beberapa fitur yang dikunci atau di non-aktifkan
  2. Blog gratisan tidak ada update dan support jika ada kendala atau bug
  3. Kendala-kendala yang ditemukan dari setiap blog yang anda coba tentunya akan membuat anda terus melakukan gonta-ganti template dan tentunya membuang banyak waktu anda
  4. Banyak blog gratisan yang tidak SEO Friendly dan Tidak Responsive untuk tampilan mobile ataupun desktop
Jika kamu serius untuk membuat dan mengelola blog dengan tujuan mendapatkan penghasilan dari blog yang kamu miliki, tidak ada salahnya untuk berinvestasi di awal dengan mengeluarkan sedikit uang.

4. Konsisten ! Satu Hari Satu Artikel

Sudah banyak sekali blog yang saya buat dari dulu sampai sekarang. Namun dari semua blog yang saya buat dulu, belum ada satupun yang sampai ke tahap berhasil di approve oleh Google Adsense. Ada beberapa hal yang menyebabkan ditolaknya blog-blog yang saya miliki dan salah satunya ialah tidak konsisten. Tidak konsisten yang dimaksud ialah isi blog yang campur-campur dan posting artikel yang jarang.

Program Google Adsense lebih menyukai blog-blog yang rajin memposting minimal satu hari satu artikel. Hal ini tentunya saya terapkan ke blog Budak Duit dimana saya terus memposting minimal satu hari satu artikel ataupun jika ada waktu luang dan pikiran sedang fresh, dalam satu hari saya bisa posting dua sampai tiga artikel. Dengan konsisten memposting satu artikel satu hari, maka dalam waktu dua bulan anda akan memiliki  50 sampai dengan 60 artikel dan tentunya menambah peluang anda untuk di approve dalam program Google Adsense.

5. Tidak Copy Paste ! 

Memiliki konten-konten artikel yang original merupakan salah satu point penting agar blog atau website yang anda daftarkan di approve oleh Google Adsense. Alasan paling klise dan paling sering dialami blogger jika blog atau website yang ia daftarkan ke Google Adsense ialah konten-konten di blog nya yang tidak original atau copy paste dari blog atau website lain. 

Jika memang anda sedang tidak ada ide untuk membuat suatu artikel, anda dapat menggunakan konsep ATM atau Amati Tiru Modifikasi. Menggunakan konsep ATM dinilai lebih terhormat dibandingkan melakukan copy paste secara mentah-mentah. Melakukan copy paste sama saja mencuri konten , ide atau karya dari blogger lain dan tidak menghargai mereka sesama blogger. 

Konten-konten yang original akan menunjukkan ciri khas dari blog dan gaya penulisan anda sendiri dan tentunya hal tersebut lebih di sukai oleh Google Adsense. Jadi usahakanlah untuk membuat konten-konten original untuk diposting di blog yang anda miliki.


Sekian dulu artikel kali ini mengenai "5 Cara Sederhana Blog Di Approve Google Adsense Dalam Dua Bulan Ala Budak Duit". Semoga dapat membantu anda dan menambah pengetahuan anda jika anda tertarik untuk membuat blog dan menjadi seorang blogger dengan tujuan mendapatkan penghasilan dari blog tersebut. Tinggalkan pesan dan komentar jika kalian suka dan merasa terbantu dengan artikel ini. Terima kasih sudah membaca!.

1 komentar untuk "5 Cara Sederhana Blog Di Approve Google Adsense"

  1. Makasih masukannya. Terkadang kendalanya adalah malasnya dalam membuat postingan artikel.

    BalasHapus