Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tokoh-Tokoh Dunia Yang Sukses Dan Bisa Memotivasimu Untuk Memiliki Pola Hidup Minimalis

Tokoh-Tokoh Dunia Yang Sukses Dan Bisa Memotivasimu Untuk Memiliki Pola Hidup Minimalis
Tokoh-Tokoh Dunia Yang Sukses Dan Bisa Memotivasimu Untuk Memiliki Pola Hidup Minimalis

Konsep hidup minimalis adalah konsep hidup dimana kamu hanya memiliki 'sedikit' barang dan menyisihkan barang-barang atau hal yang tidak kamu perlukan saat ini ataupun dalam jangka panjang. Hidup minimalis bukan tentang barang, perabotan rumah, design ruangan agar terlihat minimalis dan sebagainya. Hidup minimalis itu sendiri dapat kamu adopsikan kedalam gaya hidup kamu sendiri dengan slogan "Less Is More". 

Banyak tokoh-tokoh sukses dan terkenal yang berhasil menerapkan esensi gaya hidup minimalis dalam kehidupan sehari-harinya. Adapun beberapa tokoh yang bisa memotivasi kamu yang sedang mencoba atau tertarik dengan gaya hidup minimalis adalah sebagai berikut :

Tokoh Pertama. Steve Jobs Sang Pendiri Apple

Siapa yang tidak kenal dengan product Apple seperti  iPod, iPhone, iPad, & Mac? jawabannya hampir tidak ada. Seperti yang kita tahu memiliki produk Apple baik itu PC/Laptop atau Smartphone sudah menjadi standarisasi gaya hidup generasi muda milenial saat ini.

Steve Jobs yang kita tahu seorang revolusioner yang menjadi pendiri dan menjadi orang yang paling berpengaruh di Apple, sempat menjadikan dia sebagai daftar orang terkaya nomor 30 versi Forbes. Dibalik hartanya yang banyak ternyata Steve Jobs memiliki atau menganut gaya hidup minimalis atau sederhana, hal ini terbukti dari gaya berpakaiannya yang ikonik dan sama setiap harinya, yaitu menggunakan setelah kaos polos turtleneck warna hitam dengan celana jeans biru dan sepatu new balance. Sangat menginspirasi bukan? untuk gaya hidup seorang konglomerat atau orang terkaya nomor 30 di dunia versi Forbes saat itu.

Tokoh Kedua. Mark Zuckerberg CEO Facebook

Siapa yang tidak kenal dengan Mark Zuckerberg seorang pendiri media sosial Facebook yang sangat booming pada zamannya dan menjadi orang terkaya nomor 7 di dunia versi Forbes tahun 2020.

Sudah banyak yang tahu disamping kekayaannya itu ternyata Mark Zukerberg dan keluarganya saat ini memiliki gaya hidup yang sangat sederhana dan tidak mempunyai hasrat terhadap gaya hidup mewah sama sekali. Hal ini tercemin dari gaya hidup Mark itu sendiri seperti gaya berpakaian yang sehari-harinya hanya dengan setelan kaos polos, celana jeans dan sepatu kets ataupun kendaraan yang dia gunakan sehari-harinya hanya menggunakan Honda Fit atau yang lebih dikenal di Indonesia biasa disebut Honda Jazz.

Mark Zuckerberg dan keluarganya memilih untuk memiliki hidup yang nyaman dibandingkan memiliki hidup yang mewah, serta Mark Zuckerberg lebih fokus pada pekerjaan dan membangun komunitas dibandingkan fokus dengan apa yang ia dapatkan saat ini. Mark Zuckerberg menyimpulkan bahwa hidup minimalis atau berhemat bukanlah hidup hidup serba kekurangan, tetapi memaksimalkan segala yang ada untuk mencapai tujuan hidup yang sebenarnya, yaitu ketenangan jiwa dan kenyamanan.


Tokoh Ketiga. Ingvar Kamprad Pendiri IKEA

Bisa jadi kamu baru tahu Ingvar Kamprad ialah orang yang mendirikan IKEA dari artikel ini. Ingvar Kamprad, ialah seorang pemuda sederhana yang berasal dari provinsi kecil di selatan Swedia yang berhasil merintis toko furnitur kecil sampai menjadi sebesar saat ini dan dikenal dengan nama IKEA. 

Disamping kesuksesannya tersebut ternyata Ingvar Kamprad memiliki gaya hidup yang serba minimalis atau sederhana  dan juga rendah hati. Hal ini tercermin dari gaya hidup nya yang selalu terbang dengan pesawat kelas ekonomi, tinggal di hotel murah kala berpergian, masih setia dengan mobil volvo yang dibelinya 20 tahun lalu dan yang lebih mencengangkan lagi baju yang ia miliki saat ini kebanyakan di beli dari bazar baju bekas.Wow Bukan !

"Aku pikir, baju-bajuku semua nyaris dari toko baju bekas atau pasar murah. Ini adalah salah satu caraku menunjukkan contoh penghematan yang baik," kata Kampard kepada TV4, seperti dilansir dari The Guardian, Maret 2016. 

"Lagipula, itu sudah jadi kebiasaan orang Smaland untuk hidup hemat," ujarnya lagi. Smaland adalah kota perkebunan di selatan Swedia, tempat ia berasal. 


Tokoh Keempat. Keanu Reeves

Beralih dari Tokoh-tokoh kalangan pengusaha, kali ini ada dari kalangan selebriti Holywood, yaitu aktor aktor kawakan, Keanu Reeves. Keanu Reeves sendiri sudah membintangi banyak film-film besar dan terkenal, seperti Constantine (2005), River’s Edge (1986), Point Break (1991), A Scanner Darkly (2006), My Own Private Idaho (1991), The Matrix (1999) dan masih banyak lagi.

Keanu Reeves memiliki hidup yang sangat sederhana bahkan jauh dari kata mewah dibandingkan artis Hollywood lainnya. Ia tidak memilikin rumah mewah, mobil mewah ataupun hal-hal lainnya yang menunjukkan bahwa ia merupakan aktor yang terkenal dan sukses. Bahkan dalam kehidupan sehari-harinya yang masih melakukan banyak aktivitas dijalanan seperti makan di pinggir jalan, duduk di taman, mengendarai sepeda motor miliknya sesekali, dan selalu bepergian naik kereta api layaknya kehidupan orang biasa. 

Yang lebih mecengangkan lagi Keanu Reeves pernah membagikan honor yang ia terima dari kesuksesan film yang ia bintangi yaitu The Matrix, dimana ia membagikan uang sebesar Rp 1,2 Triliun kepada seluruh kru film tersebut. 

Keanu Reeves pernah berkata  "Uang bukan lagi menjadi sesuatu hal yang aku pedulikan. Uang yang kumiliki sudah cukup untuk menghidupiku berabad-abad lamanya. Jadi, lebih baik uang itu kubagikan ke orang-orang yang membutuhkan,” ucapnya.

Tokoh Kelima. Raditya Dika

Tentunya tidak afdol jika tidak membahas tokoh lokal yang sudah menerapkan kehidupan minimalis sebagai gaya hidup nya, ya tokoh lokal kali ini adalah seorang penulis, sutradara, komika dan juga seorang youtuber yang pernah memiliki jumlah subscriber terbanyak di Indonesia, tidak lain tidak bukan yaitu Raditya Dika. 

Seperti yang kita tahu suami dari Anissa Aziza dan bapak dari dua orang anak ini ternyata sudah menerapkan gaya hidup minimalis. Hal ini terbukti dimana ia mengaku menjual semua koleksi jam tangan mewah yang ia miliki saat itu dan menggunakan satu jam tangan saja dalam kehidupan sehari-harinya saat ini.  

Selain dari tindakannya menjual jam tangan, sebenarnya dalam penampilan sehari-harinya Raditya Dika sudah menerapkan gaya hidup minimalis, seperti lebih sering menggunakan kaos polos casual dengan celana pendeknya dan tidak lupa dengan topi polosnya. Menarik bukan!




Memiliki uang yang banyak, perabotan mewah yang selalu ada di tiap sudut ruangan, barang-barang branded, koleksi baju dan sepatu yang hypebeast tidak sepenuhnya memberikanmu kesenangan dan ketenangan jiwa. Kamu akan terus merasa tidak pernah cukup dan merasa puas terhadap segala sesuatu yang kamu miliki saat ini, hal itu bisa berdampak negatif ke kondisi finansial mu ataupun kesehatan jiwa mu.

Dengan menganut gaya hidup minimalis, kamu akan memaksimalkan seluruh barang yang kamu miliki saat ini, terhindar dari pola hidup minimalis, mengurasi stress, hidup terasa lebih bebas, menjadi lebih produktif dan tentunya merasa lebih bersyukur dengan apa yang kamu miliki saat ini.

Sekian dulu pembasan kali ini tentang tokoh-tokoh dunia maupun lokan yang sudah menerapkan esensi dari gaya hidup minimalis. Semoga bisa memotivasimu untuk memiliki pola hidup minimalis dan bisa mencapat kebahaian yang kamu inginkan dengan keadaan finansial yang lebih baik tentunya. Terima kasih, salam Budak Duit


Posting Komentar untuk "Tokoh-Tokoh Dunia Yang Sukses Dan Bisa Memotivasimu Untuk Memiliki Pola Hidup Minimalis"