Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resolusi Finansial Bagi Kamu Yang Baru Bekerja Dalam Menyambut Tahun 2021 Untuk Mencapai Kebebasan Finansial

Resolusi Finansial Bagi Kamu Yang Baru Bekerja Dalam Menyambut Tahun 2021 Untuk Mencapai Kebebasan Finansial
Resolusi Finansial Bagi Kamu Yang Baru Bekerja Dalam Menyambut Tahun 2021 Untuk Mencapai Kebebasan Finansial
Dalam hitungan beberapa hari lagi kita sudah akan memasuki tahun yang baru, yaitu tahun 2021. Dalam menyambut tahun yang baru nanti, biasanya kebanyakan orang sudah menyiapkan resolusi-resolusi yang nantinya akan dilakukan di tahun yang baru untuk mencapai kehidupan yang lebih baik dari tahun sebelum nya salah satunya ialah resolusi keuangan. 

Pada artikel kali ini Budak Duit akan memberikan beberapa resolusi-resolusi keuangan yang dapat kamu terapkan untuk mencapai keadaan finansial yang lebih baik lagi dalam perjalanan mencapai kebebasan finansial yang kamu impikan. Adapun resolusi-resolusi finansial yang dapat kamu terapkan di tahun 2021 adalah sebagai berikut ini :

Resolusi Finansial 1. Mencatat Pengeluaran

Mulailah untuk mencatat setiap pengeluaran yang sudah kamu lakukan. Dengan mencatat semua pengeluaran, kamu dengan mudah melakukan evaluasi dan koreksi untuk semua pengeluaran yang sudah kamu lakukan. Dengan begitu anda akan bisa mulai melakukan filter terhadap pengeluaran kamu dan tentunya dapat menekan uang yang keluar. Finansial yang baik ialah bukan seberapa besar uang yang kamu dapatkan, melainkan seberapa banyak uang yang dapat kamu simpan.

Resolusi Finansial 2. Buat Anggaran Keuangan

Buatlah anggaran keuangan sesuai dengan kemampuan finansialmu saat ini. Kamu dapat memulainya dengan melakukan perincian pendapatan, pengeluaran, tabungan, investasi, anggaran untuk hiburan atau entertaiment dan sebagainya. Dengan memiliki anggaran keuangan dapat membantu kamu untuk mengelola keuanganmu untuk mencapat keadaan finansial yang lebih baik di tahun 2021.
 

Resolusi Finansial 3. Lunasi Utang Konsumtif

Lunasi segala hutang-hutang konsumtif yang kamu miliki saat ini. Sambut tahun yang baru dengan catatan yang baru terbebas dari kewajiban hutang. Sebisa mungkin ditahun yang baru ini hindarilah untuk berhutang demi membeli barang-barang atau kebutuhan yang bersifat konsumtif. Seperti yang kita tahu barang konsumtif nilainya selalu turun dari waktu ke waktu dan tentunya diberatkan juga dengan bunga yang harus kamu bayarkan dari hutang yang kamu miliki untuk membeli barang konsumtif tersebut.

Resolusi Finansial 4. Kurangi Pengeluaran Komsumtif

Setelah kamu berhasil untuk melunasi kewajiban konsumtif yang kamu miliki, langkah selanjutnya ialah mengurangi pengeluaran konsumtif itu sendiri. Mulailah untuk mengalihkan uang yang kamu miliki untuk ditabung ataupun dialihkan sebagai modal investasi.

Resolusi Finansial 5. Buat Satu Rekening Untuk Tabungan

Rekening tabung yang dimaksud saat ini ialah rekening tabungan yang memang khusus digunakan untuk menampung uang yang kita sisihkan dari gaji atau pendapatan yang kita dapatkan baik itu nanti dengan tujuan yang bermacam-macam, seperti untuk dana darurat, dana penikahan, dana pendidikan dan sebagainya. Kamu bisa menggunakan tabungan otomatis dimana setiap bulannya akan memotong saldo dari rekening payroll ( rekening khusus untuk menampung gaji atau pendapatan) secara otomatis sesuai dengan dana tabungan sudah ditentukan.

Resolusi Finansial 6. Cari Pendapatan Tambahan

Setiap orang pasti menginginkan mendapatkan pendapatan tambahan, dengan memiliki pendapatan tambahan anda akan memiliki uang lebih untuk ditabung atau diinvestasikan nantinya. Banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan pendapatan tambahan dari rumah setelah pulang kerja hanya dengan bermodal internet dan perangkat pc atau laptop, seperti menjadi penulis blog, menjadi resseler, freelance, admin toko online dan sebagainya.


Resolusi Finansial 7. Mulai Belajar Investasi

Orang yang sudah kaya atau mapan sekalipun perlu belajar investasi untuk tetap melindungai aset-aset yang ia miliki dari inflasi atau perubahan ekonomi. Mulailah temukan dan pelajari investasi yang anda minati bisa itu investasi tabungan, reksa dana, saham, obligasi dan sebagainya. Cari tahu keuntungan atau timbal balik keuntungan serta resiko kerugiannya. Memiliki pemahaman akan investasi juga akan membuat anda terhindar dari investasi-investasi bodong yang sedang marak saat ini.

Resolusi Finansial 8. Tingkatkan Skill

Semakin maju perkembangan jaman dan teknologi semakin menuntut kualitas dan sumber daya manusia nya juga. Pastikan selalu perbaharui dirimu dengan informasi dan asal terus skill mu agar tetap bersaing di dunia kerja. Dengan skill yang terasah bisa meningkatkan peluang dirimu mendapatkan promosi kenaikan jabatan tentunya. Untuk meningkatkan skill itu sendiri kamu bisa mengikuti seminar-seminar pelatihan online ataupun offline, aktif dalam forum-forum, ataupun kamu bisa upgrade dirimu dengan melanjutkan pendidikan ke tahap yang lebih tinggi. 

Resolusi Finansial 9. Berhenti Berhutang

Belilah barang sesuai dengan kemampuan finansialmu saat ini. Hindarilah berhutang apalagi untuk pembelian barang konsumtif. Bunga dari hutang serti deflasi dari barang konsumtif itu sendiri bukanlah hal yang baik untuk kesehatan finansialmu. 

Resolusi Finansial 10. Persiapkan Dana Pensiun Dan Asuransi

Semua orang pasti menginginkan masa pensiun yang nyaman, aman dan sejahtera serta tidak menjadi beban bagi keluarga nya di masa tua. Jika kamu menginginkan hal tersebut, mulailah untuk mempersiapkan dana pensiunmu sedari dini. Banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk mempersiapkan dana pensiun seperti menabung, berinvestasi untuk hari tua, mulai berwirausaha, ataupun memiliki asuransi untuk hari tua.  Jika usia mu saat ini berumur 20 an tahun , kamu akan memili waktu sekitar 20-30 tahun untuk mempersiapkan dana pensiun mu untuk hari tua nanti. Jangan sia-sia kan waktumu persiapkanlah mulai sekarang.





Posting Komentar untuk "Resolusi Finansial Bagi Kamu Yang Baru Bekerja Dalam Menyambut Tahun 2021 Untuk Mencapai Kebebasan Finansial"