Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Apa Itu Investasi Emas, Jenis-Jenis Emas Dan Alasan Investasi Emas Sebagai Investasi Pilihan Terbaik

Mengenal Apa Itu Investasi Emas, Jenis-Jenis Emas Dan Alasan Investasi Emas Sebagai Investasi Pilihan Terbaik
Mengenal Apa Itu Investasi Emas, Jenis-Jenis Emas Dan Alasan Investasi Emas Sebagai Investasi Pilihan Terbaik

Dunia investasi itu sendiri sangat luas dan ada banyak sekali beragam investasi yang dapat memberikan anda keuntungan, salah satunya ialah investasi logam mulia seperti investasi emas yang harga nya sedang naik akhir-akhir ini. Investasi emas itu sendiri merupakan jenis investasi yang dianggap aman dan jarang sekali mengalami penurunan harga yang drastis dan disamping itu investasi emas biasanya tidak terpengaruh oleh inflasi. Oleh karena itu belakangan ini banyak orang yang tertarik dengan investasi emas


Apa Itu Investasi Emas?

Investasi emas merupakan kegiatan dimana kita menggunakan seluruh modal kita untuk diinvestasikan dengan membeli logam mulia berupa emas dan menyimpannya sampai harga emas itu mengalami kenaikan dan siap untuk dijual dengan tujuan memperoleh keuntungan.

Emas sendiri merupakan logam mulia yang berwana kuning gelap berkilau yang sejak zaman dahulu kala digunakan untuk membuat perhiasan seperti cincin, kalung, gelang, koin dan sebagainya. Emas merupakan simbol dari kekayaan dan dapat meningkatkan strata sosial bagi orang dan kebanggan tersendiri bagi orang yang menggunakannya.


Jenis-Jenis Emas Yang Bisa Dibeli Untuk Investasi

Ada berbagai macam jenis emas yang bisa anda pilih untuk dijadikan sebagai investasi Anda, seperti jenis-jenis emas berikut ini :


Emas Perhiasan

Jenis yang pertama adalah emas perhiasan yang biasa kita temui sehari-hari dan sering digunakan oleh kaum hawa dalam bentuk cincin, gelang, kalung, anting dan bentuk aksesoris lainnya. Banyak orang yang membeli emas perhiasan karena selain untuk investasi jangka panjang dapat juga digunakan sebagai perhiasan ataupun mas kawin pernikahan. Emas perhiasan itu sendiri dapat kita kategorikan sebagai investasi emas jangka panjang.


Emas Batangan

Emas batangan tergolong dalam investasi emas yang sangat aman dan stabil hargaya karena sifatnya yang memiliki bentuk tetap dan tidak berubah. Emas batangan ini sendiri  sangat mudah dijual kembali jika Anda membutuhkan uang dalam waktu singkat untuk kebutuhan yang mendesak. Emas batangan  bisa kategorikan sebagai investasi emas jangka pendek hingga investasi emas jangka panjang.


Koin Emas

Koin emas sendiri merupakan emas yang dibentuk seperti uang logam dan dulunya digunakan sebagai mata uang yang bernilai tinggi. Koin emas ini sendiri memliki sifat yang sama dengan emas batangan yang memiliki nilai yang stabil dan bisa digunakan sebagai mata uang antar negara.


Sertifikat Emas

Di era teknologi seperti ini selain kita bisa membeli emas dalam bentu fisik, kita juga dapat memiliki emas dalam bentung sertifikan emas sebagai tanda resmi kepemilikan emas disuatu bank atau lembaga tertentu. Sertifikat emas ini mempunyai keuntungan tersendiri dimana emas yang kita miliki tersimpan dengan aman ditempt kita membeli emas tersebut dan kita dapat dengan mudah menjual atau membelinya tanpa perlu langsung mengunjungi toko tersebut.


Alasan Kenapa Memilih Emas Sebagai Investasi Salah Satu Investasi Terbaik

Banyak masyarakat indonesia yang menjadi kan emas sebagai investasi jangka pendek maupun jangaka panjang yang meyainkan. Adapun beberapa kentungan dan alasannya adalah sebagi berikut ini :

Harga Yang Stabil dan Cenderung naik

Harga emas itu sendiri hampir tidak terpengaruh oleh gejolak ekonomi baik itu inflasi ataupun resesi. Dari tahun-ketahun harga emas itu sendiri cendung mengalami kenaikan meskipun tidak menutup kemungkinan harga emas itu bisa saja turun, tetapi penurunan harga emas jarang sekali terjadi. Jadi emas bisa kita simpulan sebagai investasi yang cukup aman dari segi harga.


Tidak Membutuhkan Modal Besar dan Dapat Dicicil Layaknya Menabung

Anda dapat memulai investasi emas dengan harga yang cukup terjangkau dan tidak membutuhkan modal yang banyak. Anda dapat memulai investasi ini dengan membeli emas dengan berat 0.5 gram dengan harga 500 ribuan saja (5/12/2020). Selain membeli dengan tunai, saat ini Anda dapat membeli emas dengan cara dicicil layaknya kita menabung untuk investasi sehingga investasi emas itu sendiri dapat menjangkau semua kalangan untuk mulai berinvestasi.


Mudah Diuangkan Atau Dijual

Investasi emas mempunyai salah satu kentungan dimana kita dapat dengan mudah mencairkan atau menjual emas tersebut jika ada kerperluan mendesak. Anda dapat menjualanya kembali di bank ataupun lembaga tempat anda membeli emas tersebut.


No Tax Atau Tidak Kena Pajak 

Berbeda dengan investasi lainnya seperti saham, reksadana ataupun instrument investasi lainnya dmana anda akan dikenakan pajak dari keuntungan yang anda dapatkan, investasi emas itu sendiri tidak dikenakan pajak sama sekali dari keunungan yang anda dapatkan.



Sekian dulu pembahasan budak duit mengenai investasi emas kali ini, semoga dapat membantu menambah pengetahuan dan referensi anda dalam memulai investasi untuk mencapai kebebasan finansial yang anda inginkan. Terima kasih


Posting Komentar untuk "Mengenal Apa Itu Investasi Emas, Jenis-Jenis Emas Dan Alasan Investasi Emas Sebagai Investasi Pilihan Terbaik"