Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Memulihkan Kondisi Keuanganmu Setelah Bercerai

7 Cara Memulihkan Kondisi Keuanganmu Setelah Bercerai
7 Cara Memulihkan Kondisi Keuanganmu Setelah Bercerai

Perceraian ialah proses dimana berakhirnya hubungan dua insan manusia antara laki-laki dan perempuan yang sebelumnya terikat oleh ikatan pernikahan. Perceraian itu sendiri ada dua jenis, yaitu cerai mati dimana salah satu pasangannya meninggal dan satu lagi cerai hidup dimana biasanya terjadi karena kegagalan dari pihak suami ataupun istri dalam menjalankan perannya masing-masing dalam hubungan rumah tangga. 

Ada beberapa dampak yang terjadi setelah melakukan perceraian ataupun pasca bercerai, salah satunya ialah dampak secara finansial atau keuangan dari masing-masing pihak. Kebanyakan orang khawatir akan kondisi finansial mereka setelah bercerai, dikarenakan anda tidak bisa bergantung lagi pada mantan pasangan anda. 

Pada artikel kali ini Budak Duit akan membahas beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk memulihkan kondisi keuanganmu setelah melakukan perceraian.


1. Mendata Semua Asset Yang Kamu Miliki Setelah Bercerai

Setelah melakukan proses perceraian di pengadilan biasanya akan ada pembagian harta jika cerai hidup dan harta warisan jika cerai mati. Mulailah untuk mendata aset-aset yang anda miliki saat ini agar nantinya kamu bisa memilah-milah dan merenanakan aset tersebut akan diapakan kedepannya, apakah masih bisa dipergunakan, disewakan ataupun dijual nantinya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.


2. Membuat Anggaran Keuangan

Perceraian akan membuat kamu tidak bisa bergantung lagi ke mantan pasanganmu, otomatis kamu harus membuat sendiri anggaranmu keuangan mu. Mulailah untuk mengecek pengeluaran mu dan berhemat. Sesuaikan pengeluaran mu sesuai dengan kondiri finansialmu saat ini. Seperti beralih ke rumah yang lebih kecil, mengurangi biaya belanja yang tidak perlu ataupun biaya-biaya lainnya sampai benar-benar kondisi finansialmu sudah membaik nantinya.


3. Mencari Pendapatan

Dengan adanya perceraian otomatis pendapatan yang kamu dapatkan biasanya akan berkurang atau mungkin tidak ada atau hanya bertahan dengan aset yang dimiliki saat ini. Carilah beberapa cara untuk mendapatkan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, seperti bisa mencari pekerjaan baru atau pekerjaan yang salarynya lebih dari saat ini, memulai untuk mencari passive income dengan investasi, menjual beberapa aset untuk modal usaha dan cara-cara lainnya yang menghasilkan.


4. Menabung dan Berinvestasi

Banyak orang berpikir saat sudah bercerai mereka akan sulit untuk menyisihkan uangnya untuk ditabung dan menabung atau berinvestasi bukan menjadi prioritas untuk saat ini. Faktanya kamu membutuhkan tabungan ataupun berinvestasi untuk masa depan finansial yang lebih baik dari saat ini. Mulailah sisihkan uang untuk ditabung atau diinvestasikan berapapun yang kamu bisa sisihkan saat ini agar kebutuhanmu dimasa depan dapat terpenuhi dengan baik.


5. Mengurangi Pengeluaran

Jika kamu tidak memiliki pendapatan yang lebih, baiknya kamu mulai untuk mengurangi atau menyesuaikan pengeluaran mu saat ini. Seperti mengurangi makan dan jajan diluar, kurangi belanja konsumtif, gunakan transportasi yang lebih hemat dan berbelanja sesuai dengan daftar kebutuhan yang sudah dibuat dan dianggarakan. Dengan pengeluaran yang sedikit otomatis akan membuat uang yang dapat kamu simpan lebih banyak.


6. Menjual Asset Yang Tidak Diperlukan 

Setelah kamu mendata asset yang kamu miliki, tentunya kamu ada gambaran untuk memaksimalkan setiap asset yang kamu miliki agar bisa lebih menghasilkan dibandingkan menambah pengeluaran untuk biaya pemakaian ataupun perawatannya. Contohnya jika kamu memiliki asset rumah, kamu bisa menjualnya ataupun bisa kamu sewakan dan berpindah ke rumah yang lebih kecil.


7. Menyewa Jasa Perencana Keuangan

Mungkin saja masih banyak pikiran yang kamu rasakan saat ini setelah melakukan proses perceraian, sehingga membuat kamu tidak bisa berpikir jernih saat ini untuk mengatur kondisi finansialmu. Kamu bisa menyewa jasa perencana keuangan untuk membantumu mengelola dan mengatur keuanganmu secara objektif dalam pengambilan keputusan agar kondisi finansialmu lebih baik dimasa depan.


Kita tidak bisa mengatur semua hal yang terjadi dalam hidup kita, salah contohnya ialah perceraian. Tapi kamu bisa mengatur kondisi finansial keuanganmu secara penuh untuk mencapai kondisi finansial yang lebih baik dari waktu ke waktu. 

Sekian dulu pembahasan Budak Duit kali ini mengenai cara memulihkan kondisi keuangan setelah bercerai, semoga artikel ini bisa membantu kamu untuk mencapai kondisi finansial yang lebih baik lagi pastinya. Terima kasih



Posting Komentar untuk "7 Cara Memulihkan Kondisi Keuanganmu Setelah Bercerai"