Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Mempertahankan Loyalitas Konsumen Anda

5 Tips Mempertahankan Loyalitas Konsumen Anda Agar Bisnis Anda Semakin Berkembang
5 Tips Mempertahankan Loyalitas Konsumen Anda Agar Bisnis Anda Semakin Berkembang

Kepuasan pelanggan bisa menjadi tolak ukur apakah bisnis yang sedang anda jalankan saat sudah berjalan dengan baik atau tidak. Kepuasan pelanggan juga dapat mempengaruhi kelangsung hidup bisnis anda saat ini. Jika pelanggan puas dengan layanan produk ataupun jasa yang anda tawarkan.

Mendapatkan feedback atau testimoni yang positif dari customer bisa jadi menandakan bisnis yang anda jalani saat ini akan sukses dan berkembang. Selain feedback yang positif, hal yang menandakan bisnis anda berjalan dengan baik ialah saat customer tersebut datang kembali dan membeli atau menggunakan jasa yang anda tawarkan tentunya dan bukan tidak mungkin customer tersebut akan membawa customer baru lagi dikarenakan rekomendasi yang diberikan untuk membeli atau menggunakan produk ataupun jasa yang anda tawarkan.

Mendapatkan customer baru dan mempertahankan customer yang sudah ada merupakan hal yang penting untuk kelangsungan bisnis anda. Berusahalah untuk menjaga kepuasan dan loyalitas customer anda agar mereka tidak berpindah ke toko lain. Buat mereka selalu puas dengan produk atau layanan jasa yang anda tawarkan. 

Pada artikel kali ini Budak Duit sudah merangkum beberapa tips-tips yang dapat anda lakukan dalam proses bisnis anda untuk mempertahankan loyalitas dari komsumen anda saat ini. Adapun tips-tips nya sebagai berikut ini :


5 Tips Mempertahankan Loyalitas Konsumen Anda Agar Bisnis Anda Semakin Berkembang


Tips 1. Kualitas Pelayanan Yang Prima

Kualitas pelayanan yang prima atau disebut juga excellent service adalah segala cara atau upaya yang yang dilakukan untuk menyampaikan informasi, pelayanan dan produk yang kita tawarkan kepada konsumen dengan sebaik-baiknya sehingga dapat menjawab kebutuhan dan kepuasan dari konsumen itu sendiri dengan menggunakan komunikasi bisnis yang baik.

Konsep dasar pelayanan yang prima itu sendiri terdiri dari :

  • Attitude atau sikap merupakan penilaian pertama yang kita dapatkan saat melayani konsumen pertama kali. Buatlah kesan yang baik melalui sikap dan perilaku kita saat melayani konsumen yang berbelanja atau menggunakan jasa yang kita tawarkan, seperti sikap dan perilaku yang ramah, sopan, berpikir posifif, energi yang sehat dan membuat nyaman konsumen itu sendiri.
  • Attention atau perhatian adalah dimana kita berusaha untuk mendengarkan, mengamati dan mencermati apa yang konsumen butuhkan saat datang ke toko kita. Salam salam terlebih dahulu dan berikan bantuan, seperti "Halo Bapak/Ibu Ada Yang Bisa Kami Bantu?". Pastikan anda memahami kebutuhan dari konsumen anda dan pahami juga produk yang anda jual tentunya. Berikan perhatian lebih saat customer menunjukkan niat untuk membeli ataupun sekedar bertanya-tanya.
  • Action atau tindakan adalah hal nyata yang kita lakukan untuk memberikan pelayanan yang prima terhadap konsumen kita. Action atau hal nyata yang bisa kita lakukan, seperti menemani customer dan menjawab segala pertanyaannya, mencatat pesanananya, mempacking dan mengirimkan pesanannya tepat waktu, menyediakan dan memberikan produk atau pelayanan terbaik yang kita miliki dan selalu mengucapkan terima kasih kepada konsumen kita.

Dengan kualitas atau pelayanan yang prima yang kita tawarkan kepada konsumen akan sangat berguna untuk membangun kepercayaan dan loyalitas konsumen serta citra positif dan kualitas brand yang kita miliki di mata konsumen.


Tips 2. Membangun Dan Menjaga Hubungan Yang Baik Dengan Konsumen

Mendapatkan konsumen baru merupakan tujuan dari semua bisnis usaha, tetapi mempertahankan loyalitas dan hubungan yang baik dengan konsumen adalah suatu tantangan tersendiri bagi para pelaku bisnis atau usaha. Buatlah sebuah rencana bagaimana kamu dapat mengelola hubunganmu dengan para konsumen yang kamu miliki saat ini agar bisnismu tetap berkembang dan menjaga agar para pelangganmu tidak pergi ke toko lain atau bisnis lain.

Untuk membangun hubungan yang baik antara usaha bisni anda dan konsumen membutuhkan usaha yang tulus dan berikut ini beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mengelola dan membangun hubungan yang baik dengan konsumen anda, seperti :
  • Komunikasi yang baik dengan tim sales. Cari tahu informasi dan hal-hal penting apa yang anda bisa dapatkan dari tim sales terkait dengan kebutuhan-kebutuhan konsumen anda saat ini. Cobalah untuk membuat sesi analisa pasar secara rutin dengan tim sales anda dan jadilah pendengar yang baik.
  • Segementasikan pelanggan anda. Setiap orang atau konsumen ada pasti memiliki banyak perbedaan. Cobalah untuk temukan persamaan dari setiap konsumen yang anda miliki berdasarkan kriteria tertentu, seperti jenis kelamin, umur, wilayah dan sebagainya. Kemudia buatlah strategi untuk memenuhi kebutuhan masing-masing segmen agar terciptanya kepuasan pelanggan dan hubungan yang baik. Contoh segmentasi berdasarkan umur mulai dari umur 20-30 tahun identik dengan kaum milenial, kamu bisa coba tawarkan atau bangun hubungan yang baik dengan cara-cara kekinian untuk melakukan pendekatan segmen umur kaum milenial tersebut.
  • Buat template standar komunikasi dengan konsumen. Tujuan membuat template standar ialah untuk menyamakan dan menyerderhanakan komunikasi kita dengan konsumen dengan tujuan mengemat waktu dan stadarisasi. Luangkanlah waktu untuk membuat template sapaan, template penyampaian informasi promosi ataupun template untuk melakukan survei.
  • Tentukan siklus hidup konsumen atau customer journey. Cobalah luangkan waktu anda untuk menentukan siklus hidup berdasarkan segmen-segmen pelanggan yang sudah anda buat sebelum nya. Dengan adanya penentuan siklus hidup konsumen nantinya dapat dijadikan acuan kapan tiba saatnya anda untuk mulau memikirkan cara untuk mendatangkan konsumen-konsumen baru.
  • Dengarkan feedback dan testimoni dari konsumen. Inti dari prinsip mengelola hubungan yang baik dengan konsumen ialah mendengarkan langsung feedback dan testimoni dari konsumen itu sendiri. Dengan adanya feedback dan testimoni dari customer kita akan mengetahui kelebihan dan kekurangan dari produk atau jasa yang kita tawarkan kepada konsumen. Siapkan solusi-solusi apa yang nantinya akan kita lakukan untuk menjaga kepuasan dari konsumen kita untuk menjaga dan membangun hubungan yang lebih baik lagi.
Kunci dari menjaga dan membangun hubungan yang baik dengan konsumen ialah dari tindakan real yang anda lakukan atau bisni anda lakukan, bukan dari data-data yang anda miliki atau temukan.

Tips 3. Menjaga dan Optimalkan Kualitas Produk 

Penting bagi suatu usaha atau bisnis untuk tetap konsisten menjadi kualitas produk yang mereka tawarkan kepada konsumen. Selalu pastikan produk yang anda tawarkan ke konsumen dalam kondisi baik dan memenuhi standarisasi yang sudah ditetapkan. Produk dengan standar kualitas yang baik akan membangun kepercayaan dari konsumen dan meningkatkan citra serta kekuatan bisnis dari perusahaan itu dimata pasar.

Seperti yang kita tahu tidak ada produk yang diciptakan benar-benar sempurna atau seratus persen memenuhi harapan dari konsumen kita. Selalu lakukan optimalisasi atau development lanjutan dari produk-produk yang kita miliki berdasarkan masukan-masukan yang kita terima dari konsumen. pengembangan berkelanjutan dengan inovasi-inovasi baru yang menjawab kebutuhan dari konsumen akan membantu kita untuk tetap bersaing di pasar bisnis.

Suatu perusahaan atau bisnis biasanya memiliki Quality Assurance (QA). Tugas utama seorang QA adalah memastikan kualitas dari produk-produk terjaga dengan baik dan tidak ada cacat produksi sebelum produk tersebut sampai ke tangan konsumen. Selain membantu mengawasi dan menjaga kualitas dari produk, tugas seorang QA lainnya ialah mengumpulkan data-data nyata tentang apa yang diinginkan konsumen langsung dari sumbernya dan mengidentifikasinya sebagai masukan untuk meningkatkan kualitas produk perusahaan itu sendiri.

Tips 4. Berikan Penawaran Dan Program Yang Menarik Ke Konsumen

Pepatah "Pembeli adalah raja" sudah menjadi jargon kebanyakan suatu usaha atau bisnis. Karena pembeli atau konsumen suatu usaha atau bisnis dapat bertahan. Sudah selayaknya suatu bisnis melayani konsumen-konsumennya dengan optimal dengan memberikan penawaran dan program-program menarik untuk meningkatkan loyalitas dan kepuasan dari konsumen itu sendiri.

Adapun beberapa program menarik yang bisa anda tawarkan kepada konsumen untuk meningkatkan loyalitas konsumen itu sendiri adalah sebagai berikut :
  • Kartu keanggotaan atau Membership card dimana konsumen akan mendapatkan promo-promo menarik jika mempunyai kartu ini.
  • Loyalty Point ialah dimana konsumen akan mendapatkan point jika berbelanja di toko anda dalam jumlah nominal yang sudah ditetapkan dan point tersebut bisa digunakan oleh konsumen sebagai potongan harga atau ditukar dengan hadiah atau product gift.
  • Berikan potongan harga berupa diskon jika konsumen sudah berbelanja dalam jumlah tertentu ataupun program cashback belanja.
  • Berikan hadiah ke konsumen-konsumen anda yang paling loyal dalam periode waktu tertentu.
  • Program yang mengajak konsumen untuk berpartisipasi dalam gerakan tertentu seperti jika berberlanja ditoko anda sebagian uangnya akan disumbangkan ke yayasan yatim piatu, gerakan go green, sumbangan pembangunan rumah ibadan dan sebagainya.

Tips 5. Buat Survey Kepuasan Pelanggan

Siapkan beberapa pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan kualitas produk ataupun jasa yang anda tawarkan dan kualitas dari pelayanan untuk customer itu sendiri saat berbelanja di toko anda. Rangkumlah pertanyaan-pertanyaan tersebut ke dalam sebuah form survey.

Mintalah kesediaan waktu dari konsumen anda untuk mengisi survey tersebut sebagai feedback atau masukan untuk bisnis anda saat ini. Lakukan review dari feedback-feedback yang anda terima dan mulailah analisa hal-hal mana saja yang menjadi kekuatan bisnis anda dan hal mana saja yang menjadi suatu kelemahan bisnis anda.


Itulah beberapa tips yang sudah Budak Duit rangkum pada artikel kali ini. Semoga 5 tips mempertahankan loyalitas  konsumen anda dapat bermanfaat bagi usaha bisnis anda. Suatu usaha akan terus maju dan berkembang jika kita mampu menjaga kualitas produk ataupun kualitas pelayanan yang kita tawarkan. Terima kasih


Posting Komentar untuk "5 Tips Mempertahankan Loyalitas Konsumen Anda"