Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Ide Passive Income Ditengah Pandemi COVID-19 Untuk Mendapatkan Penghasilan Tambahan

5 Ide Passive Income Ditengah Pandemi COVID-19 Untuk Mendapatkan Penghasilan Tambahan
5 Ide Passive Income Ditengah Pandemi COVID-19 Untuk Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Pandemi virus Corona atau yang biasa disebut COVID-19 sampai saat ini belum menunjukkan adanya penurunan kasus jumlah orang yang terinfeksi. Banyak dampak yang dirasakan akibat adanya pandemi virus Corona atau COVID-19, salah satu dampaknya ialah dari segi finansial perorangan. Banyak orang yang mungkin kehilangan perkerjaanya saat ini dan mesti menggangur sampai mendapatkan perkerjaan baru, ada juga yang masih bekerja tapi mengalami pemotongan gaji dikarenakan omset perusahaan yang menurun saat pandemi ataupun biaya pengeluaran sehari-hari yang cenderung bertambah dimasa pandemi saat ini.

Kondisi diatas tentunya membuat kita harus memutar otak untuk mendapatkan penghasilan tambahan agar kondisi finansial kita tetap terjaga dan tetap bisa survive dimasa pandemi. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan disaat seperti ini ialah mencari pendapatan tambahan dari passive income.


Apa Itu Passive Income?

Passive income atau pendapatan pasif adalah pendapatan yang anda dapatkan dari suatu kegiatan ekonomi tanpa perlu terlibat kegiatan aktif untuk mendapatkannya. Anda bisa mendapatkan pendapatan dari passive income dalam keadaan apapun, bahkan ketika anda tertidur passive income akan tetap terus menghasilkan untuk anda. Inti dari passive income sendiri adalah dimana kita membuat uang atau modal yang kita miliki bekerja untuk menghasilkan uang kembali untuk kita.

Mungkin saat ini kamu bingung untuk mendapatkan passive income tanpa harus mengeluarkan uang sepeserpun dari kantong anda. Pada artikel kali Budak Duit sudah merangkum beberapa ide yang dapat kamu lakukan untuk mencadatkan passive income dimasa pandemi COVID-19 seperti yang terjadi saat ini. Adapun beberapa ide untuk mendapatkan passive income adalah sebagai berikut ini :


1. Membuat Blog atau Website

Jika kamu memiliki hobi menulis seperti menuangkan ide-ide dalam bentuk tulisan, membagikan pengalaman pribadi, berbagi tips-tips menarik ataupun hal-hal lainnya yang dapat dituangkan dalam bentuk tulisan atau article, membuat blog atau website akan sangat cocok untuk dirimu. Dengan membuat blog atau website, kamu menyalurkan hobi menulis mu sekaligus mendapatkan juga pengahasilan dari blog atau website yang sudah kamu buat. 

Adapun beberapa penghasilan yang bisa kamu dapatkan sebagai berikut ini :

  • Memendapatkan Penghasilan Dari Google Adsense
  • Affiliate Marketing
  • Menawarkan Jasa
  • Memasang Iklan (Diluar Adsense)
  • Melakukan Review Produk ataupun Jasa
  • Endorsement
  • dan sebagainya

2. Menjadi Konten Kreator

Cobalah untuk memanfaatkan gadget yang kamu miliki saat ini. Kamu bisa mencoba membuat beberapa video sederhana seperti vlog kegiatan sehari-hari, video challenge, review makanan, tour room, tutorial dan video kreatif lainnya yang dapat kamu buat dimasa pandemi seperti sekarang ini. Sebisa mungkin buatlah video yang menarik dan bermanfaat bagi orang-orang yang menonton video kamu.

Untuk editing pun kamu tidak usah terlalu pusing, karena di playstore banyak sekali aplikasi gratis yang dapat kamu gunakan untuk mengedit video yang kamu buat dan tidak terlalu susah kok untuk editing video di perangkat smartphone.

Unggah konten video yang sudah kamu buat ke platform video seperti Youtube. Setelah mendapatkan viewers dan subscriber yang cukup, kamu bisa mendaftarkan channel Youtube yang kamu miliki ke Google Adsense untuk mendapatkan bayaran dari setiap iklan yang muncul disetiap video yang kamu buat dan tentunya itu akan menjadi passive income mu nanti.


3. Menjadi Resseler

Istilah resseler ikut booming seiring mulai terkenalnya toko online dan marketplace. Pengertian resseler itu sendiri ialah orang-orang yang membeli barang atau memasarkan barang dari pihak pertama (supplier) dan menjualnya kembali ke pihak ke tiga (customer). 

Kamu dapat menjadi resseler walaupun tidak mememiliki modal sama sekali, kamu hanya perlu mencari barang-barang yang menarik dan laku untuk dijual kembali di marketplace-marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, Blibli dan sebagainya. Jangan lupa untuk meminta izin terlebih dahulu ke penjual pertama sebelum kamu memasarkan atau mengiklankan produk-produk yang mereka miliki. Kamu bisa mengambil keuntungan dari selisih harga yang kamu dapatkan dari penjual pertama dengan harga yang kamu jual ke customer atau orang ketiga.


4. Freelance

Biarpun freelance sebagian besar dikaitkan dengan active income, ternyata ada beberapa kegiatan freelancing yang dapat menghasilkan passive income, seperti beberapa kegiatan berikut :

  1. Membuat design blog/website dimana nantinya design blog/website yang kamu buat bisa dijual kebeberapa orang nantinya yang membutuhkan atau tertarik dengan design-design yang sudah kamu buat dan tentunya akan menjadi passive income mu.
  2. Menjadi konsultan IT, konsultan bisnis, konsultan finansial dan sebagainya jika kamu memiliki pengalaman dan pernah terjun ke bidang tersebut.
  3. Jasa berlangganan atau subscriptions seperti jasa pemeliharaan web, jasa SEO, IT security, hosting website dan jasa laiinya yang mengharuskan pelanggan yang kamu miliki untuk membayar sejumlah uang untuk tetap bisa menggunakan jasa yang kamu tawarkan.


5. Membuat Aplikasi Android

Jika kamu seorang yang mengerti bahasa pemrograman khususnya pemrograman android kamu bisa memanfaatkan skill yang kamu miliki untuk mendapatkan passive income dari Google Playstore. Kamu hanya perlu membuat satu aplikasi android dan mengunggahnya playstore. Kamu akan mendapatkan bayaran saat ada orang yang mendownload dan menggunakan aplikasi yang sudah kamu unggah di Google Playstore. 

Bayaran akan didapatkan dari setiap iklan yang muncul diaplikasi yang kamu miliki. Kamu akan mendapatkan bayaran rutin selama aplikasi yang sudah kamu buat masih ada di playstore dan tentunya ini akan menjadi passive income.


Sekian dulu pembahasan Budak Duit kali ini, semoga 5 ide passive income diatas dapat menjadi referensi bagi anda yang ingin mencari pendapatan tambahan di era pandemi seperti saat ini. Terima kasih

Posting Komentar untuk "5 Ide Passive Income Ditengah Pandemi COVID-19 Untuk Mendapatkan Penghasilan Tambahan"