Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Kegiatan Produktif Bikin Kamu Move On Dari Status "Kaum Rebahan"

 
10 Kegiatan Produktif Bikin Kamu  Move On Dari Status "Kaum Rebahan"
10 Kegiatan Produktif Bikin Kamu  Move On Dari Status "Kaum Rebahan" 

Apa Itu Kaum Rebahan?

Kaum rebahan adalah sebutan orang yang setiap harinya bermalas-malasan atau tidak produktif. Kaum rebahan biasanya berusia antara umur 20an-30an. Biasanya kaum rebahan menghabiskan waktunya untuk bermain game, menonton youtube berjam-jam, ataupun tidur seharian. 

Namun dimasa pandemi COVID-19 kaum rebahan mendapatkan kondisi yang istimewa dan berperan penting dalam mengurangi penyebaran COVID-19 itu sendiri dikarenakan kaum rebahan sangan anti sekali kegiatan diluar rumah. Walaupun dalam kondisi pandemi seperti saat ini mau tidak mau memaksa kamu menjadi kaum rebahan, sebenarnya banyak kegiatan yang dapat kamu lakukan untuk menjadi lebih produktif dan bahkan kegiatan-kegiatan tersebut bisa menghasilkan uang nantinya buat kamu.

Pada artikel berikut ini Budak Duit sudah merangkum beberapa kegiatan yang dapat kamu lakukan didalam rumah selama pandemi COVID-19.


1. Membuat dan Menulis Blog Atau Buku

Membuat suatu blog ataupun buku ialah hal yang hampir bisa dilakukan oleh semua orang asal mau memulai. Untuk membuat sebuah blog kamu bisa Blogger ataupun Wordpress dan sedangkan untuk membuat buku kamu bisa mulai menulis dilembaran kerta ataupun mengetiknya di word, google docs ataupun media lainnya yang membuat kamu nyaman untuk menulis. 

Jika kamu sudah membuat suatu blog, kamu bisa mulai mengisinya dengan tulisan atau ide-ide kamu dalam bentuk postingan artikel. Lalukan itu dengan rutin dengan memposting 1-2 artikel per harinya. Jika dirasa blog kamu sudah mempunyai pengunjung atau pembaca rutin, kamu bisa mulai memonitize blog yang kamu miliki untuk menghasilkan uang. Sedangkan jika kamu lebih tertarik untuk membuat dan menulis buku kamu bisa memulai mencari tahu tahapan untuk mempublish sebuah buku hingga pihak penerbit buku.


2. Menjadi Influencer

Mungkin Youtube, Instagram, Tiktok dan media platform digital lainnya bukan hal yang asing lagi bagi kaum rebahan. Karena setiap harinya konten-konten dari platform tersebut yang selalu ditonton untuk mengisi atau menghabiskan waktu luang selama pandemi COVID-19. Nah orang yang biasanya membuat atau muncul di konten-konten tersebut bisa disebut seorang influencer. 

Seorang influencer yang mempunyai banyak pengikut ( Followers atau Subscriber) bisa memberikan pengaruh besar kepara pengikut atau penontonnya. Brand-brand besar ataupun brand yang sedang merintis, perusahaan-perusahaan, restoran makanan hingga partai politik sering menggukana jasa influencer untuk mempromosikan produk - produk ataupun janji-janji manis partai lewat konten-konten yang dibuat oleh influencer tersebut dengan timbal balik yang sudah disepakati. 

Daripada sering nontonin mereka sambil tiduran cobalah untuk memulai dan buat konten-konten sederhana ataupun tiru dan modifikasi konten-konten yang sudah ada dan viral lalu posting melalui platform-platform yang kamu sukai.


3. Berjualan Online

Seperti yang kita tahu dimasa pandemi seperti sekarang ini banyak toko-toko, store ataupun outlet offline yang tutup dikarena aturan PSBB dan protokol-protokol kesehatan yang diterapkan oleh pemerintah pusat maupun daerah. Hal tersebut mengakibatkan para pelaku usaha ataupun perusahaan mulai beralih ke penjualan secara online dengan media website ataupun marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, Blibli dan sebagainya agar bisa memaksimalkan penjualan mereka dan tetap survive sampai pandemi COVID-19 selesai. 

Hal ini tentunya bisa kamu manfaatkan untuk memulai berjualan online tanpa perlu mengeluarkan modal sama sekali dengan cara menjadi dropshiper atau resseler. Kamu hanya perlu mencari produk yang menarik atau paling laris dijual lalu posting dimedia sosial ataupun tawarkan ke orang-orang terdekat mu dan memperoleh untuk dari hasil penjualan tersebut.


4. Berinvestasi

Tidak ada salahnya jika kamu suka menonton youtube sekali-sekali menonton konten video dengan tema finansial atau investasi. Dengan berinvestasi kamu akan belajar mengelola keuanganmu untuk mendapatkan pendapatan tambahan berupa passive income. Banyak sekali investasi yang dapat kamu lakukan tanpa harus keluar rumah atau ke bank, hanya dengan perangkat smarphone atau pc/laptop dengan koneksi internet kamu sudah bisa melakukan investasi seperti : 

  • Saham
  • Reksa Dana
  • E-Emas
  • Dan instrument investasi digital laiinnya
Mulailah berinvestasi sejak dini atau sejak kamu sudah mempunyai penghasilan, agar kelak nantinya dimasa tua kamu akan menikmati hasilnya.

5. Belajar Hal Baru

Perkembangan zaman yang serba cepat dan digital menuntut kita para pekerjanya untuk terus update dengan hal-hal baru. Segala perkerjaan yang masih manual atau tradisional perlahan-lahan mulai menggunakan sistem. Contohnya seperti :

  • Dulu direstoran semua kegiatan mulai catat order pesanan sampai dengan pembayaran pesanan atau bill menggunakan kertas dan pulpen saja sebagai media informasi antar staff dan bagian. Akan tetapi hal itu sudah mulai berubah dimana sekarang hampir semua restoran ataupun outlet-outlet makanan sudah menggunakan sistem POS ( Point Of Sale ) ataupun berbasis aplikasi lainnya.
  • Perkerjaan seorang akuntan mulai dari pencatatan jurnal, membuat laporan keuangan, hingga menyajikannya dilakukan serba manual. Hal itu membuat penting adanya seorang akuntan dalam setiap perusahaan untuk memantau segala proses keuangan yang terjadi. Tetapi belangkangan ini sudah banyak software atau aplikasi akuntasi yang bisa hampir bisa dipelajari dan digunakan oleh semua orang.
Masih banyak kasus-kasus lainnya yang menuntut kita untuk terus belajar agar tetap bisa bersaing didunia kerja saat ini. Hal-hal baru yang kamu perlajari tentunya akan menjadi nilai tambah tersendiri diperusahaanmu ataupun perusahaan yang kamu lamar nantinya.

6. Mengikuti Webinar atau Seminar Online

Perkembangan zaman dan teknologi sudah banyak membantu dan mengatasi solusi yang terjadi terutama disaat pandemi COVID-19 seperti sekarang ini. Terutama dalam penyebaran informasi seperti untuk pembelajaran misalnya. Dimasa pandemi seperti sekarang ini banyak instansi-instansi pendidikan, perusahaan ataupun instansi dari pemerintah yang menyelengarakan webinar secara online dan gratis.

Banyak sekali keuntungan yang akan kamu dapatkan dari webinar apalagi jika kamu seorang yang sangat tertarik untuk belajar dan menggali informasi-informasi baru. Webinar itu sendiri terkadang membahas bermacam-macam topik, seperti topik kewirausahaan, strategi bisnis, marketing, tips and trick, programming, pengembangan diri dan masih banyak topik-topik lainnya yang bisa kamu pilih sesuai dengan minat yang kamu miliki tentunya. Daripada cuma streaming Youtube, IG, Tiktok ga ada salahnya untuk mengikuti webinar sesekali.


7. Membuat Kerajinan Handmade

Manfaatkan platform-platform berbagi video seperti Youtube untuk mencari hal-hal baru yang bisa membuat kamu produktif untuk menciptakan sesuatu karya seni. Seperti kamu bisa mencari video-video tentang membuat barang-barang kreatif buatan tangan sendiri atau handmade dan mencoba untuk membuatnya sendiri. Selain bisa dijadikan hobi untuk mengisi waktu luang selama pandemi, kamu juga bisa coba untuk menjual karya seni atau kerajinan tangan yang sudah kamu buat. Siapa yang tahu bukan mungkin saja kamu akan sukses beriwausaha dari hasil kerjinan buatan tangamu.


8. Berjualan Makanan Via Online

Banyak sekali jenis usaha makanan & FnB yang tutup atau berkurang jam operasinal atau pengurangan jumlah kunjungan diakibatkan aturan PSBB dan protokol kesehatan yang diterapkan pemerintah untuk mengurangi penyebaran virus COVID-19. Mau tidak mau banyak sekali orang yang harus memesan makanan secara online untuk mentaati peraturan tersebut

Hal ini bisa kamu manfaatkan tentunya dan bisa menjadi peluang usaha dimasa pandemi, apalagi untuk kamu yang mempunyai hobi dan skill untuk memasak atau membuat kue dan cemilan. Kamu bisa mulai memposting menu-menu yang bisa kamu buat ke aplikasi GoFood ataupun GrabFood. Hanya tinggal tunggu orderan dari aplikasi lalu mulai memasak dan tinggal kirim ke ojek online yang menjemput.


9. Beternak Lele Atau Berkebun

Dimasa pandemi seperti sekarang ini membuat kita menghabiskan banyak waktu rumah. Banyak aktivitas atau kegiatan produktif yang dapat kita lalukan untuk menghasilkan uang tentunya, seperti beternak lele dirumah ataupun berkebun.

Jika kamu ingin berternak lele kamu bisa mulai dengan membuat kolam portabel dengan alas terpal atau jika tempat kamu terbatas bisa mencoba beternak lele menggunakan drum air. Ikan lele sendiri tidak perlu membutuhkan perawatan khusus hanya perlu diberikan pakan setiap hari.

Dan jika kamu memilih berkebun, cobalah untuk membeli bibit atau tanaman yang mempunyai nilai jual seperti beberapa tanaman yang sedang viral dimedia online saat ini dengan harga yang cukup fantastis untuk sebuah tanaman tentunya.


10. Membaca Buku

Jika kamu benar-benar sedang malas bergerak atau mager, tidak ada salahnya untuk membaca buku. Membaca buku juga merupakan salah satu kegiatan produktif yang bisa kamu lakukan selama masa pandemi saat ini. Membaca buku akan membuka cakrawala pengetahuanmu dan mungkin saja bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari ataupun dunia kerja nantinya.



Posting Komentar untuk "10 Kegiatan Produktif Bikin Kamu Move On Dari Status "Kaum Rebahan" "