Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Ide Bisnis Sederhana Yang Ada Disekitar Lingkungan Anda

10 Ide Bisnis Sederhana Yang Ada Disekitar Lingkungan Anda
10 Ide Bisnis Sederhana Yang Ada Disekitar Lingkungan Anda

Memiliki bisnis merintisnya dari awal merupakan impian kebanyakan orang. Banyak yang mendorong seseorang untuk memulai membuka suatu usaha atau bisnisnya sendiri, seperti :

  • Ingin menjadi bos untuk diri sendiri
  • Membuka lowongan pekerjaan untuk orang lain
  • Cita-cita dari kecil
  • Tidak suka menjadi pekerja atau karyawan
  • Ingin sukses dengan berbisnis
  • Modal sudah terkumpul
  • Kehilangan perkerjaan
  • Dan alasan-alasan lainnya
Kebanyakan orang yang siap secara mental dan finansial untuk membuka suatu bisnis tetapi belum memiliki Ide bisnis apa yang hendak dibuat atau dijalankan. Membuat suatu usaha atau bisnis tidak harus yang original atau berbeda dari bisnis-bisnis yang sudah ada dan kamu tidak perlu mengambil resiko untuk hal tersebut. 

Cara yang paling sederhana untuk mendapatan ide bisnis adalah dengan mengamati bisnis-bisnis yang ada disekitar lingkungan mu sendiri. Cari tahu kegiatan bisnis mereka mulai dari cara promosi, harga, pelayanan, potensinya  dan sebagainya lalu buatlah catatan hal-hal apa yang kurang dan hal apa saja yang  bisa kamu kembangkan nantinya jika kamu membuat jenis usaha yang sama. Gunakanlah prinsip ATM ( Amati, Tiru dan Modifikasi ).

Tidak perlu repot-repot langsung keluar rumah untuk melihat bisnis apa yang ada disekitarmu karena kali ini Budak Duit sudah merangkum untukmu. Adapun 10 ide bisnis sederhana yang ada disekitar lingkungan anda adalah sebagai berikut ini :


Ide Bisnis Pertama : Toko Sembako

Toko sembako atau toko yang menjual kebutuhan bahan pokok bisa jadi salah satu bisnis yang hampir tidak pernah goyah dan tidak ada matinya, apalagi dimasa pandemi seperti sekarang ini. Yang tadi nya hanya berjualan beberapa papan telur di pinggir jalan, beberapa kemudian sudah menyewa tempat untuk menyimpan telur-telur yang dibelinya dari supplier.

Membuka toko sembako bisa jadi ide bisnis sederhana yang dapat kamu coba, apalagi jika kamu memiliki tempat yang strategis di pemukiman. Kamu hanya perlu mencari supplier sembako yang menjual dengan harga grosir untuk mendapatkan harga yang lebih murah tentunya sehingga keuntungan yang kamu dapatkan bisa maksimal. Ide bisnis toko sembako bisa dibilang bisnis dengan resiko yang rendah, karena seperti yang kita tahu sembako ialah kebutuhan primer dari masyarakat untuk tetap bisa bertahan hidup.

Ide Binis Kedua : Usaha Makanan

Jika kamu memiliki keahlian dalam memasak tidak ada salahnya mencoba untuk membuka usaha dengan berjualan makanan. Tidak perlu muluk-muluk untuk membuka usaha makanan seperti rumah makan ataupun warteg jika modal kamu terbatas, cuma buka usaha makanan sederhana seperti usaha menyiapkan makanan pagi untuk orang yang pergi bekerja seperti nasi uduk, bubur, lontong sayur, nasi campur dan sebagainya.

Dengan bermodalkan uang untuk membeli bahan-bahan yangnantinya diolah menjadi makanan,  meja untuk menaruh makanan yang dijual dan tempat untuk berjualan seperti didepan rumah atau dipinggir jalan sepertinya sudah cukup untuk membuka usaha bisnis makanan ini. Pastikan kualitas kebersihan makanan, rasa yang enak dan original serta harga yang terjangkau agar bisnis makanan mu disukai banyak orang dan sukses tentunya.

Ide Bisnis Ketiga : Isi Ulang Air Mineral Atau Air Galon

Siapa yang sangka bisnis isi ulang air mineral atau air galon kini menjamur disetiap sudut tempat. Bisnis ini dulunya dipandang sebelah mata karena kebanyakan orang masih lebih memilih untuk memasak air agar lebih sehat ataupun membeli langsung air mineral langsung yang tersegel atau bukan isi ulang. Akan tetapi makin kesini bisnis isi ulang air mineral atau air galon makin terlihat menggiurkan karena orang sudah malas untuk memasak air, kondisi kualitas air tanah yang buruk terutama didaerah perkotaan saat ini ataupun air mineral segel yang semakin mahal.

Ide bisnis ini bisa kamu coba tiru apalagi jika di lingkungan mu termasuk padat penduduk dan masih sedikit orang yan membuka usaha seperti ini, tentunya ide bisnis ini akan menjadi keuntungan buat mu.


Ide Binis Keempat : Jasa Laundry

Hampir sama dengan bisnis isi ulang air minum, bisnis jasa laundy pun perlahan sudah bisa kita temui juga disetiap sudut wilayah, terutama wilayah yang berdekatan dengan sekolah, kampus ataupun perkantoran dikarena disana banyak sekali mahasiswa dan karyawan yang ngekost dan tidak mempunyai waktu atau bisa jadi malas untuk mencuci bajunya. Tentunya ini akan menjadi bisnis yang menjanjikan jika kamu memiliki atau mendapatkan tempat yang cukup strategis untuk membuka usaha jasa laundry.

Usaha jasa biasanya bisa maju karena pelayanan yang baik dan harga yang terjangkau. Kamu bisa tawarkan antar jemput cucian gratis, sistem loyalty ataupun diskon harga jika mencuci dalam jumlah banyak serta promosi-promosi lainnya yang menarik bagi customer mu nantinya.


Ide Bisnis Kelimat : Konter Pulsa

Meskipun saat ini banyak sekali aplikasi atau marketplace yang menawarkan kemudahan untuk membeli pulsa, kartu perdana , aksesoris handphone dan sebagainya, namun bisnis konter pulsa tetap bisa survive dan masih menjamur sampai saat ini. Bisnis konter pulsa tetap diminati dari waktu ke waktu biarpun saat ini sedang bersaing sengit dengan marketplace. 

Tidak ada salahnya untuk membuka bisnis konter pulsa. Kamu hanya perlu memastikan sudah menyiapkan ide-ide yang membuat konter pulsamu berbeda dengan konter pulsa lainnya maupun dengan marketplace itu sendiri, seperti menawarkan kartu perdana yang murah dengan paket data melimpah, tawarkan konsultasi gratis atau rekomendasi provider kartu apa yang cocok (dikarenakan setiap tempat berbeda sinyal untuk tiap provider), layanan service smartphone, harga yang menarik dan hal-hal lainnya yang menarik customer.

Ide Binis Keenam : Toko Buah

Bisnis toko buah merupakan bisnis yang bisa dibilang minim persaingan karena saat ini masih jarang dan tidak sebanya ide-ide bisnis yang sudah dibahas sebelumnya. Bisa dibilang bisnis toko buah termasuk bisnis kepercayaan karena banyak orang atau customer yang tidak paham untuk memilih buah. Biasanya mereka akan menanyakan langsung kematangan buah tersebut dan kualitasnya kepada sipenjual atau bahkan minta langsung dipilihkan buah yang bagus.

Jika kamu memilih untuk membuka bisnis toko buah, jualah buah-buah dengan kualitas baik dan bangunlah kepercayaan dengan customer yang berbelanja di toko buah yang kamu miliki nantinya karena dengan adanya rasa percaya dengan buah-buah yang kamu jual, tentunya customer tersebut akan senang hati datang kembali dan menjadi langganan di toko buah yang kamu miliki.


Ide Bisnis Ketujuh : Petshop atau Toko Hewan

Ide bisnis membuka petshop atau toko hewan bisa kamu pertimbangkan jika mempunyai modal usaha lebih. Bisnis petshop perlahan-lahan mulai menjadi salah satu bisnis yang potensial dikarenakan masyarakat indonesia sudah mulai tertarik untuk memiliki hewan perliharaan dirumah. Hal ini tentunya akan berpengaruh terhadap permintaan akan kebutuhan hewan peliharaan itu sendiri seperti makanan, aksesoris hewan, peralatan grooming, kandang, produk perawatan hewan dan jasa perwatan hewan itu sendiri.

Bisnis petshop lebih direkomendasikan jika kamu merupakan pecinta hewan atau hobi memelihara hewan dirumah, karena seperti kita tahu bisnis itu akan berjalan lancar jika ada kecintaan didalamnya. Jika kamu tertarik membuka bisnis petshop mulailah dari retail dan jasa terlebih dahulu seperti menjual pakan, peralatan aksesoris , shampoo dan jasa titip serta grooming. Jangan terburu-buru untuk membeli hewan untuk dijual di toko karena membutuhkan keahlian, makanan dan juga tempat yang cukup agar hewan tersebut tidak stress atau sakit nantinya. Carilah staff-stall handal dan mencintai hewan untuk membantu anda mengelola bisnis petshop anda nantinya.


Ide Bisnis Kedelapan : Bengkel

Jangan ditanya lagi untuk potensi untuk usaha yang satu ini dikarenakan data yang didapatkan dari BPS jumlah kendaraan di Indonesia di tahun 2018 lalu ada sebanyak 146.858.759 kendaraan bermotor dan jumlahnya akan terus bertambah sekitar 10-13% tiap tahunnya. Berdasarkan data tersebut dapat kita simpulkan bahwa bisnis bengkel merupakan salah satu bisnis yang potensial dengan target pasar yang banyak atau cenderung bertambah.

Jika kamu memang punya keahlian atau pengetahuan di bidang otomotif bisnis bengkel sangat cocok untuk mu. Carilah tempat strategis yang cukup ramai untuk dilalui orang dan juga rekrut staff bengkel yang benar-benar mahir dibidang otomotif untuk membantumu menjalankan bisnis bengkel nantinya. Utamakan kualitas pelayanan dan juga kejujuran untuk mendapatkan kepercayaan dari pelanggan.


Ide Bisnis Kesembilan : Biro Jasa

Ketidaktahuan dan proses yang rumit serta memakan cukup waktu dalam mengurus surat-surat kendaraan bermotor, seperti mengurus STNK, BPKB, ganti plat nomor, balik nama, perpanjang SIM dan sebagainya membuat orang lebih senang untuk menggunakan jasa dari biro jasa itu sendiri dibandingkan pergi ke SAMSAT terdekat untuk mengurusnya.

Hal ini tentu menjadi peluang usaha bagi anda yang ingin membuka bisnis biro jasa. Binis biro jasa termasuk bisnis yang tidak perlu membutuhkan modal banyak, anda hanya cukup memiliki tempat, seperti rumah atau toko kecil dikarenakan biasanya customer atau pengguna jasa sudah membayar terlebih dahulu untuk biaya pengurusan surat-suratnya nanti. Setelah dokumen dan biaya pengurusan diterima anda hanya perlu pergi ke SAMSAT untuk mengurusnya. Dengan berbekal pengalaman dan pengetahuan akan prosedur pengurusan surat-surat kendaran, kamu sudah bisa membuka bisnis biro jasa.


Ide Bisnis Kesepuluh : Jasa Cuci Motor dan Mobil

Ide bisnis yang terakhir adalah suatu bisnis yang paling sering dikunjungi saat weekend ataupun saat sedang musim hujan. Jasa cuci motor dan mobil memiliki potensi besar karena hampir setiap rumah pasti sudah memiliki kendaraan pribadi baik itu mobil ataupun motor. Carilah tempat yang pas seperti dipinggir jalan agar customer dapat mengakses tempat kamu dengan mudah dan mobil pun bisa masuk tentunya.

Jika membuka usaha dibidang jasa seperti jenis usaha ini, pastikan kualitas pelayanan dan kebersihan dari kendaraan itu sendiri sangat maksimal agar customer kamu puas dan akan kembali lagi nantinya. 


Sekian dulu pembahasan dari Budak Duit mengenai 10 ide bisnis sederhana yang anda disekitar anda, semoga dapat menambah pengetahuan anda dan menjadi referensi untuk bisnis anda nantinya. Terima kasih 


Posting Komentar untuk "10 Ide Bisnis Sederhana Yang Ada Disekitar Lingkungan Anda"