Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Budget Killers Yang Membuat Gaji Bulanan Kamu Cepat Menipis dan Tips Sederhana Menekan Budget Killer

10 Budget Killers Yang Membuat Gaji Bulanan Kamu Cepat Menipis dan Tips Sederhana Menekan Budget Killer
10 Budget Killers Yang Membuat Gaji Bulanan Kamu Cepat Menipis dan Tips Sederhana Menekan Budget Killer

Mungkin kamu saat ini sering merasakan kesal dan frustasi saat gaji bulanan yang kamu terima cepat sekali habis atau menipis di tanggal muda. Keadaan dimana kamu tidak memiliki uang sama sekali menjelang akhir bulan sering kali memaksa kamu untuk meminjam uang kepada orang tua  keluarga, teman ataupun melalui aplikasi pinjama online sering kali kamu lakukan.

Banyak orang yang tidak sadar bahwa mereka menghabiskan pendapatannya untuk hal-hal yang sama sekali tidak penting dan bersifat konsumtif. Jika keadaan seperti ini terus berulang maka akan berakibat kepada kondisi keuangan mu yang makin memburuk bahkan bisa menimbulkan hutang yang terakumulasi dari waktu ke waktu.

Pada artikel kali ini Budak Duit akan membahas apa saja yang menjadi Budget Killers atau pemborosan yang biasa dilakukan dan tips untuk menanggulanginya. 


1. Online Shop

Dimasa pandemi saat ini hampir semua orang yang dulunya berbelanja di pasar, store, mall atau pusat perbelanjaan lainnya dan beralih ke online store karena aturan PSBB ataupun protokol kesehatan lainnya. 

Bak bersambut gayung para marketplace dan online store saling berlomba untun memberikan diskon dan promotion yang menarik untuk memaksimalkan penjualan mereka dimasa pandemi saat ini. Anda yang semula hanya ingin membeli beberapa kebutuhan pokok atau keperluan sehari-hari, malah jadi tergiur dengan promotion atau diskon yang ditawarkan sehingga membeli produk-produk yang memang untuk saat ini tidak diperlukan dan berimbas tentunya kepada keadaan finansial kamu.

Tips: Buatlah daftar belanja bulanan dan prioritas kan dahulu barang-barang yang kamu butuhkan selama satu bulain ini, seperti: makanan, obat-obatan, peralatan mandi dan sebagainya yang kamu anggap perlu.

 

2. Online Subscriptions

Beberapa situs penyedia layanan streaming seperti Viu, Netflix, Spotify, Joox Dan layanan online streaming lainnya, biasanya menawarkan biaya langganan bulanan tau online subscription untuk bisa mengakses dan menikmati secara full untuk semua fitur atau layanan yang ditawarkan. 

Saat pertama kali mendaftara memang tidak dikenakan biaya atau mendapatkan trial dahulu selama beberapa hari atau beberapa bulan untuk menikmati fitur atau layanan secara lengkap.

Tapi saat trial atau masa percobaan itu habis dan kamu sudah menikmati akan timbul 'rasa butuh' saat beberapa fitur atau layanan yang ditawarkan tidak bisa diakses secara full. Hal ini tentu membuatmu mau tidak mau mengeluarkan uang untuk membayar biaya subscriptions.

Tips: Sebenarnya sah-sah saja jika kamu menginginkan hiburan tanpa perlu keluar rumah dimasa pandemi seperti sekarang ini. Maksimalkan dengan baik biaya yang kamu keluarkan, jangan sampai kamu membayar biasa langganan sebulan tapi langsung bosan atau terlalu sibuk dan hanya menggunakannya beberapa hari saja atau terjadi pemborosan


3.  Paket Data & Pulsa

Kebutuhkan akan akses internet sudah hampir menjadi kebutuhan pokok bagi semua kalangan dari pelarjar sd,smp,sma,mahasiswa/mahasiswi hingga para karyawan pun membutuhkannya. 

Dimasa pandemi seperti sekarang ini semua kegiatan hampir semuanya daring atau online mulai dari kegiatan belajar-mengajar hingga kerjaan kantoran yang beberapa perusahaannya mengaharuskan karyawannya WFH dan tentunya membutuhkan paket data yang tidak sedikit tentunya. Hal tersebut tentunya akan membuat tagihan kamu membengkak dan berakibat pada keadaan finansialmu.

Tips: Carilah provider seluler atau internet yang menawarkan paket data unlimited dengan biaya langganan bulanan yang terjangkau atau menawarkan data gratis untuk kebutuhan streaming online meeting atau belajar online.


4. Kebutuhan Bulanan

Kebutuhkan bulanan juga bisa menjadi salah satu penyebab membengkaknya anggara pengeluaran. Kebutuhan rumah tangga seperti makanan, peralatan mandi dan sebagainya menjadi salah satu pengeluaran terbesar jika tidak di kontrol dengan baik.

Tips :

  • Buatlah anggaran belanja mingguan ataupun bulanan
  • Bawalah uang sesuai dengan anggaran yang sudah dibuat
  • Tidak membeli barang yang diluar ainggaran minggua ataupun bulanan
  • Bandingkan produk yang sama dan pilihlah produk yang menawarkan harga terendah
  • Berbenjalah ditempat yang menawarkan harga terendah atau saat ada promo diskon

 

5. Makan Siang Dan Jajan

Makanan atau jajan bisa dibilang tidak terlepas dari gaya hidup seseorang. Banyak orang rela mengeluarkan uang yang cukup banyak hanya untuk membeli makan siang ataupun jajanan seperti kopi, boba, cemilan dan sebagainya. Jenis budget killer ini mungkin jadi pengeluaran terbesar sehari-hari dan tentunya akan sulit dirubah karena berkaitan dengan gaya hidup ataupun gengsi.

Tips: Jika kamu memang ingin berhemat atau ingin mengurangi pengeluaran untuk biaya makan siang dan jajan, kamu bisa mengakalinya dengan membawa bekal dari rumah. Kamu bisa menyiapkan bekal sendiri ataupun membeli lauk dari warung makan, hal ini tentu bisa menekan pengeluaran kamu, Dan jika kamu seorang penikmat kopi, kamu bisa membawa kopi sachetan yang kamu sukai dari rumah dan menyeduhnya ditempat kerja.


6. Biaya Servis Kendaraan

Terkadang kita mengeluarkan biaya yang cukup banyak dalam hal servis kendaraan. Pergantian spare part, oli mesin dan sebagainya tentu akan menambah pengeluaran bulanan kamu. Banyak dari kita yang kurang tau kapan kendaraan kita harus diservis apakah berdasarkan waktu tertentu ataupun berdasarkan jarak tempuh kendaraan kita.

Tips: Berkonstasilah dengan pihak bengkel atau orang-orang yang mengerti otomotif tentang cara dan waktu yang tepat untuk membawa kendaraan kita ke bengkel untuk di servis. Pilihlah satu bengkel yang bisa kamu percaya untuk menghindari ditipu oleh montir atau pihak bengkel. Jika kamu tidak mengeluarkan uang lebih atau sekedar ganti oli, kamu bisa melakukannnya sendiri dirumah untuk hal tersebut.


7. Gym Memberships

Banyak orang yang tertarik untuk memiliki kartu anggota atau membership gym dengan tujuan dan alasan yang berbeda-beda, seperti diajak teman, untuk menjaga kebugaram, ingin mengolah tubuh agar tampil menarik ataupun mengisi waktu luang saja atau mencari kesibukan. Biasanya suatu gym memberikan paket-paket dengan harga yang bervariasi sesuai dengan kebutuhkan dari anggotanya dan brand dari gym itu sendiri.

Sebenarnya sah-sah saja untuk menjadi member dari suatu gym. Yang menjadi masalah ialah banyak orang memaksakan finansil untuk menjadi membership gym yang terkenal ataupun membeli membership tahunan tapi cuma dipakai sebulan sekali. Tentunya hal-hal tersebut sama saja dengan pemborosan.

Tips: Jika tujuan kamu adalah kebugaran dan mejaga kesehatan dan ingin tetap menjaga kesehatan finansial juga, kamu bisa mencoba alternatif lainnya diluar gym, seperti bersepeda, jogging, working out dirumah dan hal-hal lainnya yang bisa membuat kamu tetap bugar dan sehat tanpa harus mengeluarkan biaya lebih.


8. Biaya Kesehatan

Dimasa pandemi seperti saat ini mau tidak mau kita harus mengeluarkan uang lebih untuk menjaga kesehatan kita agar tidak terpapar virus covid-19, seperti membeli masker, vitamin, test kesehatan dan sebagainya. Menjaga kesehatan memang menjadi prioritas utama kita saat ini dikarenakan jika kamu sakit tentunya akan berakibat sangat buruk kepada keadaan finansial kamu.

Tips: Untuk mengurangi biaya membeli masker, kamu bisa mencoba untuk membeli masker yang bisa digunakan berkali-kali dengan catatan harus rajin bebersihkannya jika sudah dipakai. Pilih lah produk-produk kesehatan dengan harga yang terjangkau dengan kualitas yang baik untuk menghemat uang kamu.


9. TV Berlangganan atau TV Kabel

Hampir semua orang di Indonesia saat ini perlahan-lahan meninggalkan saluran tv konvensional dan beralih ke layanan tv berlangganan atau tv kabel. Tv kabel sendiri menawarkan banyak pilihan channel yang bisa ditonton baik itu dari dalam negeri ataupun dari luar negeri. Disatu sisi tv kabel membebankan biaya bulanan ataupun tahunan kepada pelanggannya dan harganya pun bervariasi sesuai dengan paket yang diambil.

Tips: Pastikan paket yang kamu ambil menawarkan layanan lebih seperti layanan internet unlimited ataupun full channel tanpa biaya tambahan atau kamu bisa memulai mencari promo-promo untuk menekan budget yang kamu keluarkan. Maksimalkan uang yang kamu keluarkan untuk berlangganan TV kabel dan jangan sampai kamu berlangganan tv kabel tapi hampir tidak pernah menontonnya karena kamu sibuk menonton di layanan streaming online.


10. Bayar Kos

Memiliki kos atau tempat tinggal sementara adalah kebutuhan utama seorang perantauan jika ia memiliki berkerja di luar kota asal nya atau jauh dari orang tua ataupun keluarga. Harga kos itu sendiri bervariasi sesuai dengan fasilitas yang ditawarkan atau lokasinya yang dekat pusat kota ataupun lokasi perkantoran. Tentunya membayar kos akan menjadi kewajiban kamu setiap bulannya dan mungkin menjadi biaya yang pertama kali kamu keluarkan setelah baru mendapatkan gaji bulanan.

Tips: Pilihlah kos dengan harga terjangkau dengan fasilitas yang sederhana dan tidak berlebihan. Untuk mengurangi biaya transportasi harian kamu bisa memilih lokasi kost yang dekat dengan tempat kerja kamu.


Sekian dulu pembahasan mengenaik budget killers pada artikel kali ini, semoga tips-tips diatas dapat membantu kamu untuk mengelola dan mengurangi pengeluaran kamu sehingga keadaan financial kamu menjadi lebih baik dari waktu ke waktu. Salam Budak Duit Indonesia

Posting Komentar untuk "10 Budget Killers Yang Membuat Gaji Bulanan Kamu Cepat Menipis dan Tips Sederhana Menekan Budget Killer"