Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Tips Sederhana Investasi Emas Bagi Pemula Yang Ingin Berinvestasi Jangka Panjang Dengan Resiko Yang Rendah

7 Tips Sederhana Investasi Emas Bagi Pemula Yang Ingin Berinvestasi Jangka Panjang Dengan Resiko Yang Rendah
7 Tips Sederhana Investasi Emas Bagi Pemula Yang Ingin Berinvestasi Jangka Panjang Dengan Resiko Yang Rendah

Jika kamu saat ini tertarik untuk belajar dan memulai investasi, mungkin investasi logam mulia seperti investasi emas bisa menjadi pilihan yang tepat buat kamu. Investasi emas bisa dibilang investasi yang aman dan menguntungkan untuk jangka menengah ataupun jangka panjang.

Harga emas yang cenderung stabil dan naik dari tahun ke tahun serta tidak terpengaruh oleh pergolakan ekonomi seperti inflasi, menjadikan investasi emas sebagai investasi dengan resiko yang rendah sehingga diminati banyak orang saat ini. Kamu dapat memulai investasi emas dengan modal yang terjangkau dan bahkan ada beberapa marketplace yang memungkinkan kita untuk mencicil emas yang mau kita beli.

Meskipun investasi emas bersiko rendah dan menawarkan banyak keuntungan, sebaiknya kamu membaca beberapa tips sederhana membeli emas untuk pemula yang bisa menjadi bahan referensi kamu jika memang tertarik untuk memulai investasi emas. Berikut tips-tips nya :


1.  Tetapkan Tujuan Kamu Memulai Investasi Emas

Menetapkan tujuan saat kamu memulai investasi akan membuat kamu lebih fokus. Jangan memulai investasi hanya sekedar ikut-ikutan karena sedang trend. Tetapkan tujuan saat kamu membeli emas untuk investasi dan berapa lama kamu akan menyimpannya dan jika dalam kondisi apa kamu akan menjualnya. Contoh nya kamu membeli emas batangan dengan tujuan investasi dimana emas itu akan kamu jual dalam 5 tahun mendatang dengan harapan harga emas itu naik dan mendapatkan margin keuntungan dari penjualan emas tersebut.


2. Rajin Memantau Harga Emas

Memantau harga emas secara berkala akan memberi kamu informasi dan referensi diharga berapa emas itu layak dibeli dan diharga berapa kamu bisa menjualnya. Kamu bisa memantau pergerakan harga emas melalui smarphone kamu, karena saat ini banyak toko atau lembaga yang menjual emas memberikan akses infomasi untuk memantau harga emas secara berkala.


3. Membuat Anggaran Untuk Tabungan Emas 

Tentukan jumlah uang yang kamu anggarkan untuk membeli emas sebagai investasi. Misalnya, kamu menyisihkan pendapatan bulanan kamu untuk membeli satu gram emas tiap bulannya. Pastikan kamu berkomitmen terhadap anggaran yang kamu buat jangan sampai investasi emas yang kamu mulai berjalan beberapa bulan saja, karena investasi jenis apapun ialah ibarat bibit tanaman yang tumbuh dari waktu ke waktu karena kita rajin merawatnya dengan memberi pupuk dan air.


4. Belilah Emas Di Harga Rendah

Pastikan kamu tidak asal langsung membeli emas, mungkin saja harga emas saat itu sedang naik-naik nya dan mungkin saja sewaktu-waktu bisa turun. Belilah emas saat harga nya sedang dibawah harga normal biasanya. Kamu bisa memantau pergerakan harga emas yang biasanya disediakan oleh para penjual emas. Semakin rendah harga yang kamu beli semakin maksimal keuntungan yang kamu dapatkan saat harga emas itu naik.


5. Pilihlah Jenis Emas Yang Sesuai

Emas sendiri memiliki beberapa jenis yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan investasi kamu. Adapun beberapa jenis emas yang bisa kamu pilih sebagai berikut ini :

  • Emas Perhiasan : Emas jenis ini sangat mudah kita temui sehari-hari dalam bentuk yang berbeda-beda, seperti gelang, kalung, cincin, anting dan sebagainya. Jadi kebanyakan orang membeli emas jenis ini bukan untuk investasi sebagai tujuan utamanya tetapi lebih ke arah fungsional sehar-hari dan tidak cocok jika anda gunakan sebagai investasi jangka pendek, karena biasanya emas ini sudah mempunyai bentuk tersendiri dan tentunya mempengaruhi harga emas itu sendiri.
  • Emas Batangan : Emas jenis ini ialah emas yang paling sering dibeli dengan tujuan investasi dikarenakan harganya yang cenderung stabil dikarenakan bentuk yang sudah menjadi standar dan kandungan emas murni mencapat 99,99% tanpa ada campuran dari logam lain. Emas jenis batangan hanya bisa kamu temukan di outlet atau toko yang dimiliki oleh perusahaan atau lembaga penambang emas ataupun bisa kamu temukan di pegadaian resmi. Emas batangan sangat cocok digunakan untuk investasi jangka pendek hingga jangka panjang.
  • Emas Koin : emas jenis ini biasanya dibeli untuk dijadikan mata tukar uang antar negara dengan tujuan menghindari inflasi mata uang. Biasanya emas koin dibeli oleh orang-orang yang ingin naik haji. Emas koin memiliki harga yang cenderung stabil karena dijadikan mata uang antar negara.
  • Emas Granule : emas jenis ini bentuknya seperti serbuk dengan tekstur yang halus dan biasanya dibeli pengrajin untuk olahan produk turunan ataupun belakangan ini banyak digunakan sebagai bahan tambahan untuk olahan makanan tertentu. Bedasarkan sifat, bentuk dan kegunaannya emas ini memang bukan emas yang mudah ditemui di toko-toko biasa dan tidak diperuntukkan untuk tujuan investasi
  • Emas Online atau Emas Sertifikat : emas jenis ini dapat kamu beli secara online tanpa mengunjungi dan membeli langsung ke toko. Kamu akan mendapatkan sertifikat kepemilikan emas saat membeli emas jenis ini dan emas yang kamu beli fisiknya akan disimpan oleh toko atau oulet tempat kamu membeli emas online, sehingga dari segi penyimpanan sangat aman. Emas online belakangan ini sangat diminati banyak orang karena kemudahan proses jual beli nya.

6. Siapkan Tempat Penyimpanan Emas

Pastikan kamu sudah memiliki tempat yang aman untuk menyimpan emas yang sudah kamu beli untuk investasi. Kamu bisa membeli brankas kecil dirumah untuk menyimpan emas ataupun dokumen sertifikan kepemilikan emas yang kamu miliki dan jika kamu merasa kurang aman untuk menyimpan dirumah, kamu bisa menggunakan beberapa alternatif berikut ini :

  • Safe Deposit Box Bank 
  • Aplikasi Emas Elekronik
  • Pegadaian
  • Antam

7. Fokus Dengan Tujuan Masa Depan

Dalam perjalanan investasi emas yang kamu lalukan mungkin tidak akan berjalan dengan mulus, ada saatnya kamu goyah karena belum mendapatkan hasil yang terlihat ataupun tergiur dengan investasi yang lebih cepat mendatangakan keuntungan. Pastikan lagi invenstasi emas yang kamu lakukan saat ini adalah investasi jangka panjangan dengan resiko yang minim dan kamu bisa mendapatkan hasil nya dalam jangka waktu 5-10 tahun kedepan.


Sekian 7 tips sederhana yang dapat Budak Duit berikan kali ini, semoga dapat membantu kamu yang baru memulai investasi emas dengan tujuan mencapai kebebasa finansial yang kamu idam-idamkan. Terima kasih



Posting Komentar untuk "7 Tips Sederhana Investasi Emas Bagi Pemula Yang Ingin Berinvestasi Jangka Panjang Dengan Resiko Yang Rendah"