Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Simple Menabung Untuk Fresh Graduate

Tips Simple Menabung Untuk Kamu Yang Baru Mendapatkan Pekerjaan Dengan Status Fresh Graduate
Tips Simple Menabung Untuk Kamu Yang Baru Mendapatkan Pekerjaan Dengan Status Fresh Graduate

Tentunya merupakan kesenangan sendiri bagi anda seorang lulusan baru atau bahasa kerennya fresh graduate mendapatkan pekerjaan baru diperusahaan yang anda inginkan apalagi sesuai dengan perkerjaan yang sesuai dengan passion anda. Sah-sah saja saat anda ingin mentraktir orang-orang terdekat seperti keluarga, teman-teman kamu semasa kuliah, teman dekat atau nongkrong dan bahkan teman-teman baru kamu diperusahaan saat ini untuk merayakan gaji pertama kamu. Tapi perlu kamu ingat dibulan-bulan berikutnya kamu harus bisa mengontrol pengeluaran kamu dan menyisikan sebagain untuk kamu tabung sebagai pegangan kamu untuk dimasa depan nanti. 

Pada masa-masa produktif inilah saat yang tepat untuk kamu menabung dan memulai belajar untuk berinvestasi agar nanti kamu dapat mencapai kebebasan finansial di usia yang relatif muda. Biasanya seorang fresh graduate belum miliki tanggungan karena kebanyakan dari kamu adalah lajang, jadi saat mungkin untuk menyisikan uang di untuk ditabung.

Budak duit sudah menyiapkan beberapa tips-tips simple yang bisa kamu aplikasikan sehari-hari untuk membantu kamu menyisihkan uang atau gaji bulanan kamu untuk ditabung. Berikut tips-tips nya :


Tips Simple Menabung Untuk Kamu Yang Baru Mendapatkan Pekerjaan Dengan Status Fresh Graduate


1. Tetapkan Tujuan

Hal paling dasar untuk menabung adalah mempunyai tujuan. Dengan adanya tujuan akan membuat kamu lebih terarah dan mempunyai motivasi untuk menabung, contohnya kamu sudah menetapkan tujuan jangka pendek, jangka menengah ataupun jangka panjang.

  • Tujuan Jangka Pendek ( 1-5 Tahun ) : Anda ingin mengumpulkan uang untuk melanjutkan kuliah ke jenjang yang lebih tinggi, ingin menabung untuk DP rumah nantinya dan sebagainya
  • Tujuan Jangka Menengah (5-10 Tahun ) : Anda menabung untuk memulai berinvestasi dan mendapatkan passive income dari hasil investasi anda
  • Tujuan Jangka Panjangan : Anda ingin mencapai kebebasan finansial, membuka usaha sendiri dan pensiun di usia muda
Tentunya setiap orang memilki tujuan yang berbeda-beda, tetapi pastikan tujuan mu menabung bukan untuk hal konsumtif seperti membeli gadget, baju dan sebagainya karena itu bukan inti dari menabung tapi lebih mengumpulkan uang untuk dihabiskan.


2. Catat Pengeluaran Bulanan Kamu

Mungkin kamu sudah menebak atau mengetahui berapa uang yang dapat kamu hasilkan perbulannya, tetapi belum tentu kamu dapat memprediksikan berapa pengeluaran kami tiap bulannya apalagi kamu yang baru mendapatkan perkerjaan. Yang perlu kamu lakukan ialah cukup simple dengan cara dibulan-bulan awal kamu hanya perlu catat seluruh pengeluaran kamu : seperti ongkos sehari-hati, biaya makan, entertain atau hiburan diakhir pekan, biaya servis motor dan lainnnya.


3. Tentukan Uang Yang Dapat Ditabung

Setelah kamu mengetahui pengeluaran bulanan, kamu hanya perlu memperhitungkan berapa uang yang dapat kamu sisihkan dari pendapatan kamu bulan dikurangi pengeluaran kamu selama satu bulan. Dari hasil tersebut kamu akan mendapatkan gambaran berapa uang yang dapat kamu sisihkan tiap bulannya untuk di alokasikan ke tabungan ataupun dana darurat maupun investasi.

4. Pastikan Keuangan Kamu Sehat

Pastikan keuangan kamu sehat tiap bulannya, dimana pendapatan kamu lebih besar daripada pengeluaran kamu tiap bulan. Kurangi menggunakan uang untuk hal-hal yang tidak penting ataupun konsumtif seperti membeli barang atau produk yang tidak kamu butuhkan.


5. Buat Rekening Khusus Untuk Tabungan

Yang terpenting dari menabung ialah cara kita menyisihkan uang bukan menyisakan uang. Kamu bisa membuat rekening baru khusus untuk uang yang kamu sisihkan atau bisa menggunakan fitur tabungan otomatis atau autodebet dimana setiap bulannya uang yang kamu dapatkan dari gaji akan langsung dipotong dan masuk ke rekening khusus tabungan. 


6. Kurangi Pengeluaran Bulanan

Jika pendapat dan pengeluaran kamu sudah stabil, kini saat nya kamu memulai untuk mensortir dan mengurangi biaya-biaya yang tidak perlu. beberapa biaya yang bisa kamu kurangi seperti :
  • Biaya Transportasi : coba lakukan riset mencoba beberapa transportasi menuju tempat kamu bekerja dan pilihlah transportasi yang paling murah 
  • Biaya Makan : Kurangi cemilan atau jajanan saat bekerja atau kamu bisa mencari makan siang murah dikantin ataupun warteg dan jika perlu membawa bekal
  • Biaya Hiburan : Tidak ada salahnya sekali-kali stay dirumah atau kost an saat akhir pekan atau weekend
Tidaka ada salahnya mengurangi pengeluaran atau hidup standard bahkan dibawah standard untuk membantu kamu menyisikan uang lebih banyak untuk ditabung nantinya.

7. Hilangkan Gengsi

Setiap orang dilahirkan dengan kondisi dan kemampuan yang berbeda-beda, jadi kamu tidak perlu minder jika ada teman atau rekan kerja kamu yang stylish dan serba wah karena memang kondisi ekonominya mendukung untuk hal tersebut. Jadilah diri sendiri dan fokus apa yang menjadi tujuanmu untuk menabung. Jika kamu perhatikan Mark Zuckerberg dari belum sukses dan terkenal sampai sekarang menjadi salah satu orang terkaya tetap konsisten dengan kaos polos nya.

8. Menabung Dengan Cara Unik

Menabung dengan cara unik akan membuat kamu tetap fun dan termotivasi jika kamu bosan menabung dengan cara yang biasa. Ada beberapa cara menabung unik yang dapat kamu aplikasikan, diantaranya sebagai berikut :
  • Menabung Di Celengan : Menabung cara ini cocok bagi kamu yang sering mendapatkan uang recehan dan terkadang tergeletak begitu saja dikantong ataupun meja kamu. Kamu cukup beli celengan seperti masa kecil dulu dengan berbagai macam pilihan atau bentuk yang menarik lalu mulai masukkan koin-koin recehan tersebut dan mulai nikmati beratnya celengan tersebut dari hari ke hari sampai kamu tidak sabar untuk membongkarnya.
  • Menabung Berdasarkan Tanggal : Menabung dengan cara ini cukup simple, yaitu hanya perlu menentukan uang yang kamu tabung tiap harinya mulai tanggal 1 sampai dengan akhir bulan, Contoh : Tanggal 1 kamu menabung 10 ribu rupiah, Tanggal 2 kamu menabung 20 ribu rupiah. Semakin mendekati tanggal tua maka semakin besar tantangannya.
  • Berlomba Menabung : Ajak kakak-adik atau sepupu dan saudara kamu untuk mulai berlomba menabung harian dan diakhir bulan kalian berkumpul dan mulai melaporkan hasil uang yang berhasil ditabung selama satu bulan. Kamu bisa memberikan tantangan lebih agar menjadi seru dan menyenangkan, misalnya orang yang memiliki tabungan paling sedikit harus mendapatkan challenge atau hukuman.
  • Menabung Sebagai Hukuman : menabung dengan cara ini bisa diaplikasikan ketika kamu melanggar peraturan yang kamu tetapkan tiap harinya, misalnya jika hari ini kamu berkata kasar atau kotor kamu mewajibkan diri kamu untuk menabung 5 ribu rupiah untuk setiap kata atau jika kamu tidak menjalankan ibadah kamu wajib menabung 50 ribu rupiah tiap hari jika kamu lalai.

9. Konsisten

Konsisten merupakan tips terakhir diartikel kali ini karena banyak tips diluar sana yang mungkin cocok dengan gaya hidup kamu sebagai seorang yang baru mendapatkan pekerjaan atau fresh graduate. Apapun tips yang kamu dapatkan untuk membuat kamu mulai menabung tanpa konsistensi adalah hal yang sia-sia, maka itu mulailah konsisten dengan apa yang kamu mulai. Terima kasih


Sekian dulu artikel kali ini tentang " Tips Simple Menabung Untuk Kamu Yang Baru Mendapatkan Pekerjaan Dengan Status Fresh Graduate " dan semoga bermanfaat bagi kalian semua dan nantikan artikel-artikel lainnya yang membahas tentang finansial di www.budakduit.id . Terima kasih




Posting Komentar untuk "Tips Simple Menabung Untuk Fresh Graduate"