Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Apa Itu Kebebasan Finansial

 
Tahapan Dan Tips Mencapai Kebebasan Finansial
Tahapan Dan Tips Mencapai Kebebasan Finansial

Kebebasan finansial sendiri bisa diartikan dimana kondisi keuangan seseorang yang sudah cukup untuk membiayai kebutuhan utama dan gaya hidupnya tampa tergantung dengan penghasilan dari pekerjaan utamanya. 

Kebebasan finansial ini biasanya mempunyai usaha yang stabil , atau memiliki aset atau investasi dengan tujuan mendapatkan passive income yang jadi sumber penghasilan lainnya sehingga anda tidak perlu lagi terlalu bergantung pada pekerjaan utama. : 


Mengenal Apa Itu Kebebasan Finansial Dan Tahapan Mencapai Kebebasan Finansial

Tahap 0 - Dependen

Di tahap ini segala kebutuhanmu sehari-hari masih bergantung kepada orang lain atau keluarga, semua orang didunia bahkan orang terkaya didunia pun pernah berada di tahap ini. Orang-orang yang ada di tahap ini ialah orang yang baru lahir sampai dengan mahasiswa yang belum mempunyai kapasitas menghasilkan uang sendiri jadi 100% masih tergantung dengan orang lain. 

Tips :
Jika anda ada ditahap ini anda hanya fokus untuk menyelesaikan studi anda dan fokus menambah value anda dengan nyisihkan uang jajan untuk membeli buku atau meminta orang tua anda untuk mengikuti les ataupun jika anda sedang kuliah anda bisa mengikuti training-training di luar kegiatan formal kampus untuk menambah value anda saat mencari kerja nanti ataupun anda bisa mulai belajar cara membuka usaha dan mengikuti seminar-seminar kewirausahaan jika nantinya anda lebih tertarik untuk menjadi wirausahawan nantinya setelah lulus.

Tahap 1 - Mandiri

Ditahap ini biasanya orang-orang yang baru lulus atau fresh graduate yang baru mendapatkan pekerjaan. Penghasilan yang di dapatkan pun hampir sebanding dengan pengeluaran , ibarat kata hidup dari gaji ke gaji serta sulit sekali untuk menabung bahkan memiliki dana darurat dan kamu juga memiliki beberapa hutang tapi masih sanggup membayarnya. Tapi di tahap ini kamu sudah mandiri dan sudah bisa memenuhi kebutuhan mu sehari-hari.

Tips :
Jika kamu berada ditahap ini yang perlu anda lakukan untuk bisa maju ke tahap selanjutnya ialah sebisa mungkin kurangi pengeluaran konsumtif dan alokasikan untuk di tabung , nah hasil tabungan itu bisa kamu alokasikan untuk membeli buku ataupun mengikuti pelatihan dan seminar untuk menambah skill dan value kamu untuk mendapatkan posisi ataupun pekerjaan yang lebih oke nantinya.

Tahap 2 - Stabil

Ditahap stabil ini kamu sudah miliki posisi atau pekerjaan baru yang lebih baik dari pekerjaan pertama kamu dan tentunga memiliki penghasilan yang lebih oke sehingga kamu sudah bisa menabung dan mempunyai dana darurat. Pengeluaran konsumtif sudah berkurang serta memiliki sedikit hutang tapi itu tidak masalah karena secara finansial kamu masih sangat sanggup untuk membayarnya.

Tips :
Perbanyak relasi jika kamu berada ditahap ini dan mulai belajar untuk melakukan investasi dengan searching di google atau video di youtube ataupun kami bisa mengikuti seminar-seminar investasi dan bergabung komunitas yang ada sehingga kamu dapat belajar langsung dari orang yang sudah terjun duluan ke dunia investasi. 

Tahap 3 - Otonom

Pada tahap otonom secara pekerjaan ataupun secara finansial kamu sudah sangat nyaman sekali. Anda sudah bisa menabung secara rutin dan mempunyai beberapa instrumen investasi. Ditahap ini anda benar-benar sudah bebas dari hutang atau tidak mempunyai kewajiban apapun untuk di bayarkan karena gaji anda sudah sangat cukup untuk kebutuhan sehari-hari , menabung, investasi bahkan sudah bisa rutin untuk travelling keluar negri sekalipun setiap tahunnya.

Tips :
Ditahap ini kamu sudah setengah jalan untuk mencapai yang namanya kebebasan financial. Terus update tentang hal-hal mengenai investasi dan mulai fokus ke dunia investasi dibandingkan pekerjaan utamamu karena tujuan utama dari kebebasan finansial ialah membuat uang bekerja untuk kita. Mungkin anda bisa menyewa atau konsultasi dengan jasa perencana keuangan

Tahap 4 - Aman

Kebutuhan dasar sehari-hari sudah bisa di cover oleh investasi yang kamu miliki jika kamu sudah di tahap ini. Anda sudah merasa aman dan secure jika sudah saat anda di pecat ataupun resign dari pekerjaan karena sudah memiliki usaha sendiri atau inventasi yang sudah cukup menghasilkan

Tips :
Ditahap ini semua instrumen investasi sudah mulai berjalan dan anda hanya perlu memantau dan memaksimalkan kembali investasi yang sudah anda miliki.

Tahap 5 - Bebas Financial

Ditahap ini anda sudah benar-benar bebas secara financial, dikarenakan segala kebutuhan anda sudah bisa dicover oleh inventasi atau usaha yang anda miliki. Anda sudah tidak perlu bekerja lagi dan mungkin bisa pensiun dini untuk fokus berinvestasi atau memiliki usaha sendiri. Standard hidup mewah pun sudah bisa anda dapatkan.

Tips :
Segera resign dan menikmati hidup dengan traveling :)

Tahap 6 - Konglomerat

Ditahap ini hanya orang-orang tertentu saja yang bisa mencapainya. Biasanya dalam tahap ini diisi oleh pengusaha-pengusaha yang sudah masuk kedalam jajaran orang terkaya di indonesia bahkan didunia.

Tips :
Fokus beramal dan cara mendapatkan surga.

Kesimpulan

Kebebasan finansial sejatinya bisa dicapai oleh semua orang tidak terikat dari golongan mana ia berada. Cobalah untuk memaksimalkan seluruh aset yang anda miliki untuk menghasilkan aset lainnya. Perbanyak referensi anda dalam berinvestasi untuk menghasilkan passive income sedikiit dengan sedikit hingga akhirnya passive income tersebut bisa mengcover seluruh kebutuhan hidup sehari-hari anda. Kebebasan finansial sendiri merupakan seni untuk menghasilkan dari apa yang anda miliki saat ini. 


Sekian dulu artikel dari Budak Duit Indonesia tentang "Apa Itu Kebebasan Finansial Dan Tahapan Mencapai Kebebasan Finansial". Semoga artikel kali ini dapat membantu anda untuk mencapai kebebasan finansial yang anda impikan kelak. Anda bisa tinggalkan pesan dan komentar jika suka dan merasa terbantu dengan artikel kali ini. Terima kasih sudah membaca.


Posting Komentar untuk "Mengenal Apa Itu Kebebasan Finansial"